10 Manfaat Oatmeal untuk Dikonsumsi Setiap Hari

7 February 2022
10 Manfaat Oatmeal untuk Dikonsumsi Setiap Hari
BY Awal Mula

Tahu gak, Kawan Mula, oatmeal atau Avena sativa adalah salah satu serealia tersehat di muka bumi lho? Meskipun oatmeal adalah jenis karbohidrat, tapi oatmeal merupakan karbohidrat kompleks yang tidak mudah dicerna oleh tubuh. Pssst! Tidak mudah dicerna oleh tubuh bukan berarti buruk lho, justru memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Ini dia sepuluh manfaat konsumsi oatmeal setiap hari yang wajib kamu tahu! 

Oatmeal Kaya Gizi 

Jika dibandingkan dengan beras, oatmeal sendiri sulit dicerna tubuh karena kaya akan serat termasuk serat tidak larut yaitu beta-glucan. Selain itu oatmeal juga mengandung lebih banyak protein dan lemak jika dibandingkan dengan biji-bijian lainnya. Kandungan vitamin, mineral, dan antioksidannya juga banyak lho! Mulai dari mangan, fosfor, magnesium, tembaga, zat besi, seng, folat, Vitamin B1, B5, B6, dan B3. Itu artinya, oatmeal lebih kaya gizi jika dibandingkan beras dan pastinya bikin kenyang lebih lama karena sifatnya yang susah dicerna tadi. Hmmm… Pantas dong oatmeal menjadi salah satu alternatif karbohidrat untuk yang sedang berdiet? 

Oatmeal Utuh Kaya Antioksidan

Kecil-kecil cabe rawit! Oatmeal mengandung polyphenols, ferulic acid, dan avenanthramides yang membantu meningkatkan produksi nitrogen monoksida yang akan memperbesar pembuluh darah, memperlancar aliran darah, dan sehingga tekanan darah akan menurun. Oatmeal juga memiliki sifat antiinflamasi dan anti gatal. Pantas kan sering menemukan skin care dan body care dengan kandungan oat atau colloidal oat

manfaat dari oatmeal
source foto: freepik

Kaya akan Serat untuk Tubuh 

Kawan Mula tahu kan kalau oatmeal termasuk sulit dicerna karena mengandung serat! Baik serat larut maupun serat tidak larut. Serat larut berupa beta-glucan sendiri mampu mengurangi kadar kolesterol dalam pembuluh darah dan serat tidak larut akan berjalan ke saluran pencernaan untuk membantu memberikan tekstur yang seimbang pada feses. Jika rutin mengonsumsi oatmeal maka akan membantu mengurangi kadar kolesterol total dan LDL, mengurangi gula darah, respon insulin, membuat kenyang lebih lama, dan menyeimbangkan microflora di saluran pencernaan. Pas banget buat kamu yang mau jaga kadar kolesterol dan permasalahan pencernaan seperti konstipasi! 

Konsumsi Oatmeal Rutin Baik untuk Jantung dan Kolon

Seperti yang Kawan Mula baca di atas, konsumsi oatmeal secara rutin mampu melindungi Kawan Mula dari penyakit seperti jantung coroner dan kanker kolon lho! Salah satu manfaat oatmeal adalah menjaga kolesterol tubuh tetap seimbang dan pastinya menjaga berat badan seimbang akan membantu mencegah munculnya penyakit jantung. Sedangkan microflora yang seimbang pada saluran cerna akan membantu proses defekasi lebih lancar dan terhindar dari penyakit kanker kolon. Buat kamu yang suka makan daging dan kurang makan serat, yuk, tambahkan oatmeal di makanan sehari-harimu!

Alternatif Karbohidrat yang Gluten-Free

Mungkin banyak orang tidak tahu, tapi oatmeal itu gluten-free lho! Namun pastikan oatmeal yang kamu beli tidak menggunakan alat yang sama dengan gandum, rye, atau barley ya. Mengonsumsi oatmeal sendiri sangat baik karena mampu mengurangi inflamasi di dalam tubuh, meskipun Kawan Mula tidak alergi terhadap gluten atau menderita celiac disease

manfaat makan oatmeal
source foto: freepik

Membantu Mengontrol Berat Badan Seimbang

Seperti yang sudah tertera di atas, manfaat oatmeal juga dapat menjadi alternatif karbohidrat yang lebih baik. Selain sulit dicerna tubuh, kandungan serat yang tinggi dan rendah gula ini memiliki efek kenyang yang lebih lama jika dibandingkan dengan nasi. Beta glucan juga mampu meningkatkan produksi hormon antilapar, kolestistokinin yang kemudian akan mengurangi napsu makan. 

Oatmeal Membantu Stabilkan Gula Darah 

Pernah gak Kawan Mula merasa ngantuk atau lemas setelah sarapan? Jika iya, mungkin Kawan Muda mengonsumsi terlalu banyak gula! Dengan konsumsi gula yang tinggi, tubuh akan menyeimbangkan dengan produksi insulin di pankreas agar tidak terjadi sugar crash. Hasilnya? Kawan Muda akan merasa ngantuk atau lemas, dan produksi insulin berlebih bisa menjadi penumpukan lemak lho! Selain itu juga tubuh lama-lama menjadi resisten terhadap insulin dan meningkatkan penyakit metabolik seperti diabetes melitus dan jantung koroner. Konsumsi oatmeal sebagai pengganti nasi putih pastinya akan membantu mencegah hal ini! 

Meningkatkan Performa Atletik

Kawan Mula rutin berolah raga? Yuk rutin konsumsi oatmeal! Konsumsi oatmeal sebelum berolahraga mampu memberikan energi ekstra karena kandungan karboidrat dan proteinnya. Yuk, coba konsumsi oatmeal sebelum atau sesudah berolah raga!

Oatmeal juga Bisa Meningkatkan Sistem Imun 

Ternyata, kandungan beta glucan di dalam oatmeal juga mampu bekerja sebagai immunomodulatory untuk meningkatkan sistem imun lho! Terlebih dengan seimbangnya microflora di tubuh akan membantu mengeliminasi bakteri yang masuk bersamaan dengan makanan. Siapa sih yang gak kepingin sehat terus, dan bisa makan enak? 

Oatmeal Membantu Membuatmu Terlelap

Banyak yang bilang untuk menghindari karbohidrat di malam hari, tapi sebenarnya, tidak ada masalah kok dengan konsumsi karbohidrat di malam hari. Kawan Mula dapat mengonsumsi oatmeal sebagai pengganti nasi untuk membantumu lebih lelap di malam hari.

Jadi gimana, banyak ya manfaat oatmeal? Mau beralih dari nasi ke oatmeal mulai dari sekarang, Kawan Mula? Kamu bisa dapatkan produk oatmeal di awalmula.co.id juga loh.