Apa Itu Plant-Based Diet? Apa Itu Vegan Diet? Inilah Perbedaannya!

7 February 2022
Apa Itu Plant-Based Diet? Apa Itu Vegan Diet? Inilah Perbedaannya!
BY Awal Mula

Kawan Mula pasti bertanya – tanya, apa itu plant based diet? Apa itu vegan diet? Apakah keduanya sama? Kedua jenis diet ini telah menjadi headline bagi tipe diet yang memberikan manfaat Kesehatan dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun terlihat sama, namun ada beberapa perbedaan utama loh Kawan Mula dari kedua diet ini. Vegan diet menghilangkan semua produk hewani, mau itu utama ataupun turunan yah Kawan Mula. Sedangkan, plant – based diet tidak selalu menghilangkan produk hewani, tetapi fokus dan mendahulukan pada bahan makanan yang sebagian besar tumbuhan, seperti buah – buahan, sayuran, kacang – kacangan, serta biji – bijian. 

 

Plant – based diet masih memperbolehkan Kawan Mula untuk mengonsumsi produk hewani. Ini menjadi pilihan Kawan Mula dimana fokusnya adalah makan Sebagian besar makanan yang berasal dari sumber nabati atau tumbuhan. Plant – based diet juga menekankan makan makanan yang utuh, yang berarti makanan tersebut telah mengalami sedikit – jika ada – pemrosesan dan sedekat mungkin dengan keadaan alaminya. 

 

Plant-based foods meliputi:

  • Sayuran
  • Buah-buahan
  • Biji-bijian utuh (quinoa, farro, barley, oatmeal)
  • Minyak nabati (alpukat, zaitun, kanola)
  • Kacang-kacangan 

 

Apa itu vegan? “Dengan vegan diet, Kawan Mula akan menghilangkan semua produk hewani, termasuk susu, daging, unggas, ikan, telur, dan madu,” kata Christine Kirlew, M.D., seorang dokter penyakit dalam di Piedmont. Beberapa orang memilih untuk mengikuti vegan diet karena alasan etika, lingkungan, atau kesehatan. Meskipun menjadi vegan dapat memiliki manfaat kesehatan, ada beberapa jebakan yang harus dihindari. “Hanya karena sesuatu itu vegan tidak berarti itu sehat,” katanya. Jika Kawan Mula seorang vegan, secara teknis Kawan Mula masih bisa makan kue vegan, keripik kentang, dan makanan cepat saji vegan lainnya, yang bisa tinggi kalori dan rendah nutrisi. Maka sebaiknya direkomendasikan untuk tetap berpegang pada makanan utuh sebanyak mungkin. ”

 

Plant-based diet atau vegan diet? “Terlepas dari diet apa yang Kawan Mula pilih, setiap orang idealnya terdiri dari 50 persen sayuran,” kata Dr. Kirlew. “Buah juga sehat, tetapi saya suka fokus pada sayuran karena mengandung lebih sedikit gula.” Aturannya yang ideal adalah: 

  • 50 persen sayuran
  • 25 persen biji-bijian utuh
  • 25 persen protein tanpa lemak

 

Jika Kawan Mula tidak makan daging atau protein hewani lainnya seperti telur, cobalah kacang atau quinoa untuk protein nabati. Dan jika Kawan Mula ingin makan daging sesekali, pilihlah daging tanpa lemak, ikan, atau unggas. Menambahkan lemak sehat, seperti minyak alpukat saat memanggang sayuran, taburan irisan almond pada oatmeal atau irisan alpukat pada salad Kawan Mula dapat membantu merasa kenyang lebih lama. 

 

Plant-based diet tidak hanya bermanfaat bagi Kesehatan, tetapi juga dapat membantu melindungi lingkungan. Orang yang mengikuti plant – based diet cenderung memiliki jejak lingkungan yang lebih kecil. Mengadopsi kebiasaan makan yang berkelanjutan dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca, konsumsi air dan lahan yang digunakan untuk pertanian pabrik, yang semuanya merupakan faktor dalam pemanasan global dan degradasi lingkungan. Sebuah tinjauan terhadap 63 penelitian menunjukkan bahwa manfaat lingkungan terbesar terlihat dari pola makan yang mengandung paling sedikit makanan hewani seperti pola makan vegan, vegetarian, dan pescatarian.

 

Studi tersebut melaporkan bahwa 70% pengurangan emisi gas rumah kaca dan penggunaan lahan dan 50% lebih sedikit penggunaan air dapat dicapai dengan mengubah pola makan Western ke plant – based diet yang lebih berkelanjutan atau sustainable. Terlebih lagi, mengurangi jumlah produk hewani dalam makanan Kawan Mula dan membeli produk lokal yang berkelanjutan membantu mendorong ekonomi lokal dan mengurangi ketergantungan pada peternakan, metode produksi makanan yang tidak berkelanjutan. 

 

Plant-based diet yang menekankan bahan-bahan lokal lebih ramah lingkungan daripada pola makan yang sangat bergantung pada produk dan produk hewani yang diproduksi secara massal. Nah itulah pembahasan mengenai plant-based diet dan vegan diet ya Kawan Mula. Sekarang sudah tahu kan yah apa perbedaannya? Kalau sudah tau, jangan lupa menyesuaikan jenis diet yang cocok untuk Kawan Mula jalani yah tentunya bersama awalmula.co.id sebagai platform yang turut menyokong pola hidup terutama plant-based diet!