Apa Itu Plant-Based Diet? Simak Penjelasan + Tips Diet Pemula untuk Plant-Based Diet!

7 February 2022
Apa Itu Plant-Based Diet? Simak Penjelasan + Tips Diet Pemula untuk Plant-Based Diet!
BY Awal Mula

Plant – based diet adalah pola makan yang mencakup lebih banyak makanan nabati atau dari tumbuh – tumbuhan dalam bentuk utuh atau tidak diproses, seperti sayur – sayuran, buah – buahan, kacang – kacangan, biji – bijian, serta sedikit lemak sehat. Plant – based diet berusaha untuk mengurangi makanan yang berasal dari produk hewani, seperti daging, unggas, ikan, susu, dan telur. Begitu pula dengan makanan olahan dan permen. Pola makan ini memberikan banyak manfaat kesehatan seperti diantaranya adalah:

  • Menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan gula darah
  • Pembalikan atau pencegahan penyakit jantung
  • Hidup lebih lama
  • Berat badan lebih sehat
  • Menurunkan risiko kanker dan diabetes
  • Dapat memperlambat perkembangan jenis kanker tertentu
  • Perbaikan gejala rheumatoid arthritis
  • Biaya makanan lebih rendah
  • Ramah untuk lingkungan

Bagi Kawan Mula yang ingin sekali memulai plant – based diet ini jangan khawatir. Disini Awal Mula akan menemani perjalanan plant – based diet kalian, dimulai dari tips diet pemula untuk plant – based diet di bawah ini yah!

  • Pikirkan tentang makanan tanpa daging (meatless) yang sudah Kawan Mula masak di rumah. Ini mungkin termasuk pasta gandum utuh dengan saus marinara, nasi dan kacang hitam atau sup dan salad
  • Ubah resep favorit Kawan Mula menjadi resep yang mengandung bahan plant – based. Kawan Mula bisa membuat taco dengan isian kacang, nasi, dan sayuran tanpa daging dan keju
  • Siapkan cabai dengan kacang dan tanpa daging. Ganti burger dengan burger vegetarian
  • Buat kebab dengan sayuran seperti bawang, paprika, labu, dan jamu
  • Buat sup lentil atau kacang polong tanpa menambahkan daging atau menggunakan kaldu ayam atau sapi
  • Cobalah beberapa resep baru yang bisa Kawan Mula browsing di internet terutama di awalmula.co.id yah!
  • Buah dan sayuran beku adalah cara yang mudah dan murah
  • Pastikan untuk minum banyak air. Yang terbaik adalah menghindari jus dengan campuran gula, soda, dan minuman manis lainnya
  • Pilih makanan organik bila memungkinkan, terutama jagung, sayuran, buah-buahan, dan produk kedelai
  • Jika keluarga tidak mengikuti plant – based diet, maka masak daging secara terpisah 

 

Meal Ideas!

SarapanMakan oatmeal, quinoa, atau barley dengan kacang, buah, dan almond tanpa pemanis, nasi, rami, atau susu kedelai. Satu atau dua ons kacang dan sepotong buah adalah pilihan cepat dan mudah lainnya. Kawan Mula juga bisa membuat smoothie dengan satu sendok makan mentega almond, pisang, susu almond tanpa pemanis, dan bahkan segenggam kangkung atau sayuran berdaun hijau lainnya.Selai dengan kismis, kayu manis, kacang kenari, dan susu almond + teh atau kopi panas.
Makan siang dan/atau makan malamNikmati salad dengan porsi besar atau porsi besar sayuran non-tepung yang dimasak dengan kacang dan kentang atau gandum utuh.Makan siang:
Gandum utuh dengan tomat, bawang merah, dan mentimun. Sayur kale yang ditumis dengan kaldu sayuran. Salad dengan sayuran dan pisang + teh tanpa pemanis.

Makan malam:
Burger jamur panggang dengan bawang, quinoa dan salad kacang. Salad brokoli dan kale +Stroberi. Dinikmati bersama teh tanpa pemanis.