Apakah Boleh Minum Kolagen Setiap Hari? Cari Tahu Jawabannya Disini!

6 October 2022
Apakah Boleh Minum Kolagen Setiap Hari? Cari Tahu Jawabannya Disini!
BY Awal Mula

Tahukah Kamu bahwa kolagen menjadi protein yang sangat penting untuk tubuh termasuk kulit wajah. Kolagen memang diproduksi sendiri oleh tubuh namun akan berkurang seiring dengan perkembangan usia. Untuk itu, banyak orang mendapatkan manfaat kolagen dengan meminum suplemen kolagen. Seberapa penting minum kologan? Kapan waktu terbaik minum kolagen? Cari tahu jawabannya pada pembahasan berikut ini!

Kenapa Kolagen Penting untuk Tubuh?

Kolagen merupakan protein berserat yang sangat penting dan biasa ditemukan dalam jaringan ikat dalam tulang dan persendian kita. Kolagen merupakan protein paling melimpah di tubuh manusia yang membentuk sekitar 30% dari semua protein tubuh.

Baca Juga: Manfaat Collagen untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kata kolagen ini berasal dari kata Yunani kuno yang diterjemahkan menjadi lem yang berfungsi untuk menyatukan tubuh seperti lem dan memberikan kekencangan dan kekuatan. Kolagen ini merupakan protein yang sangat kuat bahkan fibril kolagen tipe 1 gram per gram lebih kuat dibandingkan baja lho.

Dalam tubuh, protein kolagen membentuk fibril yang terdapat dalam tubuh namun seiring dengan perkembangan usia, produksi kolagen dalam tubuh akan menurun sehingga koneksi menjadi lemah. Inilah yang menyebabkan kulit kita menjadi keriput, persendian menjadi kurang stabil dan tendon serta ligament menjadi rentan terhadap cedera.

Baca Juga: Perbedaan Kolagen Sapi dan Kolagen Ikan. Mana Lebih Bagus?

Penuaan pada kulit yang terlihat dalam bentuk garis, kerutan, dan perubahan pigmen ini terjadi karena rusaknya kolagen. Hadirnya kolagen membantu persendian kita kuat dan mencegah kerutan.

Seberapa Penting Konsumsi Suplemen Kolagen?

Seperti yang dijelaskan pada pembahasan sebelumnya, bahwa kolagen dalam tubuh akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Namun, Kamu masih bisa mendapatkan manfaat dari kolagen dengan mengkonsumsi suplemen kolagen.

Suplemen kolagen ini memberikan banyak manfaat untuk tubuh seperti:

Baca Juga: Manfaat Minum Collagen Tiap Hari Untuk Kesehatan

  • Mengurangi kerutan dan tanda-tanda penuaan dini yang muncul di kulit
  • Meringankan nyeri rematik
  • Menjaga kekenyalan kulit serta menggantikan sel-sel kulit mati
  • Meningkatkan sirkulasi darah
  • Mempercepat proses penyembuhan luka atau cedera
  • Mencegah pengeroposan tulang
  • Menjaga kekuatan tulang dan sendi
  • Menyehatkan rambut
  • Mengurangi stretch marks

Ada beberapa merek suplemen kolagen yang bisa Kamu minum seperti Natures’s Health Collagen Complex, Nature’s Way Beauty Collagen, Nourish Skin Ultimate, Nutrimax Viena, Realfood Flawless Jelly, Swisse Beauty Collagen Glow with Collagen Peptides, Vitabiotics Jointace Collagen.

Apakah Boleh Konsumsi Kolagen Setiap Hari?

Kolagen memang menjadi protein yang sangat penting untuk tubuh karena memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, ada dosis yang dianjurkan per harinya terkait konsumsi kolagen.

Baca Juga: Kriteria Makanan Sehat Terbaik Untuk Tubuhmu

Hal ini terkait dengan kebutuhan tubuh Kamu dan ada baiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk minum pil kolagen setiap hari. Ada beberapa hal yang mungkin terjadi bila Kamu mengkonsumsi kolagen setiap hari seperti:

1. Meningkatkan massa otot

Jika Kamu rutin berlatih dan mengkonsumsi kolagen, Kamu mungkin akan melihat hasil yang lebih baik dibandingkan berlatih tanpa mengkonsumsi kolagen sama sekali. Dalam sebuah penelitian, pria yang berpartisipasi dalam latihan ketahanan yang dikombinasikan dengan konsumsi peptide kolagen menghasilkan peningkatan massa bebas lemak, massa tubuh, dan kekuatan otot yang lebih nyata dibandingkan dengan latihan ketahanan saja.

2. Memperbaki kulit wajah

Para wanita seringkali menganggap kolagen sebagai sumber awet muda sehingga banyak yang mengkonsumsinya setiap hari. Kolagen memang bermanfaat dalam peningkatan hidrasi, elastisitas, kekasaran, dan kepadatan kulit.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi kolagen dapat mendukung kesehatan jantung. Dalam satu penelitian kecil yang mengamati perkembangan penyakit arteri, subjek yang mengkonsumsi 16 gram kolagen setiap hari selama 6 bulan mengalami penurunan yang signifikan dalam ukuran kekakuan arteri dan peningkatan kolestrol.

Kapan Waktu Terbaik Minum Kolagen?

Nah, setelah memahami bahwa kolagen sangat penting untuk kesehatan tubuh, ada baiknya Kamu memperhatikan kapan waktu terbaik minum kolagen yang paling disarankan. Waktu terbaik minum kolagen bisa disesuaikan dengan jenis suplemen kolagen yang Kamu pilih.

Bila Kamu memilih jenis kolagen dengan peptide kolagen yang dihidrolisis, Kamu dapat menambahkannya ke semua jenis minuman seperti air dan kopi karena larut dalam cairan dingin dan panas serta makanan.

Sebenarnya tidak ada waktu khusus yang direkomendasikan untuk mengkonsumsi kolagen karena dapat dikonsumsi kapan saja sepanjang hari. Selama Kamu mendapatkan dosis harian peptide kolagen, tidak menjadi masalah kapan saja Kamu meminumnya.

Jenis-jenis Suplemen Kolagen

Kolagen merupakan protein utama dalam tubuh Kamu yang terdiri dari asam amino dan menjadi bagian penting dari komponen structural dan jaringan ikat seperti kulit, tendon, otot, ligament, dan pembuluh darah serta bagian mata dan gigi.

Ada beberapa jenis suplemen kolagen yang biasa dikonsumsi seperti:

  • Kolagen terhidrolis yang berasal dari sapi, laut (makanan laut), ungags (seringkali ayam atau telur), dan sumber hewani lainnya yang dipecah menjadi partikel peptide yang lebih kecil dan lebih mudah diserap.
  • Kolagen yang tidak terdenaturasi yakni kolagen mentah yang berasal dari tulang rawan ayam.
  • Gelatin merupakan kolagen yang dimasak dan biasanya berasal dari sumber hewani.

Perlu Kamu ketahui bahwa suplemen yang dipilih dapat mempengaruhi bentuk suplemen dan instruksi dosis yang digunakan. Suplemen bebas dari susu, gluten, dan gula namun kolagen hanya tersedia dari sumber hewani.