Apakah Diperbolehkan untuk Melakukan Diet saat Pandemi COVID-19? Ini Penjelasannya!

3 February 2022
Apakah Diperbolehkan untuk Melakukan Diet saat Pandemi COVID-19? Ini Penjelasannya!
BY Awal Mula

Di tengah pandemi COVID-19 yang masih melanda, menjaga Kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang harus selalu diperhatikan. Setiap individu disarankan untuk selalu menjaga sistem imun dan kekebalan tubuh agar selalu sehat dan terhindar dari datangnya virus yang menyerang. Banyak pertanyaan yang muncul mengenai masalah diet, di antaranya adalah

Sejumlah orang pun bertanya-tanya dan tetap berusaha untuk menurunkan berat badan dengan melakukan diet ketat di tengah pandemi COVID-19 yang belum kunjung mereda. Padahal, diet dengan cara yang salah dapat berdampak buruk dan mengakibatkan penurunan sistem kekebalan tubuh manusia, loh. Nah, berikut ini adalah ulasan mengenai aturan dan tips diet saat masa pandemi COVID-19. Simak ulasannya!

Apakah Boleh Melakukan Diet saat Pandemi COVID-19?

Banyak yang masih bertanya-tanya apakah program diet tetap boleh atau tidak untuk dilakukan saat pandemi COVID-19, terlebih pelaksanaan program diet ketat. Terdapat penjelasan dari Spesialis Gizi dari Klinik MRCCC Siloam Hospital, Dokter Inge Permadhi, SpGK mengenai penurunan berat badan. Beliau menyatakan bahwa khususnya di masa pandemi COVID-19 ini, program diet tidak boleh dilakukan dengan sembarangan.

Seseorang yang ingin melakukan program diet, harus melakukannya dengan cara pola diet yang sehat agar tidak membahayakan tubuh. Orang yang bersangkutan juga harus memenuhi syarat untuk pelaksanaan penurunan berat badan terlebih dahulu dan harus dianjurkan oleh dokter atau ahli gizi. Maka dari itu, program diet tidak boleh dilakukan dengan sembarangan karena dapat mengakibatkan melemahnya imunitas tubuh seseorang.

Anjuran dari Para Ahli atau Dokter

Menurut Dokter Inge, metode penurunan berat badan rendah karbohirat terbagi menjadi tiga bagian, di antaranya adalah:

Moderate-carbs Diet

Moderate-carbs diet, adalah program diet dengan asupan karbohidrat 26 - 45 persen dari asupan per hari.

Low-carbs Diet

Low-carbs diet, merupakan program diet yang hanya makan kurang dari 2000 kalori baik laki-laki maupun perempuan.

Very Low-Carbs Diet

Sementara, very low-carbs diet dapat mengurangi 800 kalori atau lebih di bawahnya. Dokter Inge menyarankan, very low-carbs diet dapat dilakukan dan tetap harus disambi dengan asupan makanan 4 sehat 5 sempurna yang memenuhi kebutuhan tubuh. Harus ada kandungan karbohirat, protein, dan lemak karena kandungan tersebut adalah kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh manusia. Selain itu, program diet very low-carbs diet harus diimbangi dengan asupan vitamin dan mineral yang maksimal.

Nah, itu dia tips untuk kamu yang ingin melakukan diet pada selama masa pandemi COVID-19. Stay safe and healthy! Kamu bisa mendapatkan beragam produk sehat di awalmula.co.id!

diet saat pandemi