Apakah Puasa Bisa Menurunkan Berat Badan atau Tidak?

21 March 2022
Apakah Puasa Bisa Menurunkan Berat Badan atau Tidak?
BY Awal Mula

Saat Ramadan tiba, umat Islam di seluruh dunia akan menjalani puasa. Ibadah puasa selain mendatang pahala, juga dianggap memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat puasa adalah menurunkan berat badan. Namun, apakah puasa bisa menurunkan berat badan seseorang atau justru sebaliknya? Yuk, simak pembahasan lengkap mengenai puasa terhadap penurunan berat badan di artikel ini!

Inilah Mengapa Puasa Bisa Menurunkan Berat Badan

Berikut ini beberapa alasan mengapa puasa bisa menurunkan berat badan seseorang yang perlu diketahui:

1. Tubuh Beralih Ke Mode Pembakar Lemak

Ketika seseorang menjalani puasa, maka hal yang terjadi adalah tubuh akan lebih sering membakar simpanan lemak sebagai bahan bakar. Menurut The Nutrition Twins, “Ketika kamu berpuasa, maka kadar insulin dan penyimpanan energi otot (glikogen) akan turun karena tidak makan. Akibatnya, tubuh beralih dari pembakar karbohidrat untuk bahan bakar menjadi pembakar lemak untuk bahan bakar.”

2. Membantu Mengatur Nafsu Makan Lebih Baik

Alasan lain mengapa puasa bisa menurunkan berat badan adalah karena dengan berpuasa maka nafsu makan dapat terkendali secara lebih baik. The Nutrition Twins juga mengungkapkan bahwa salah satu manfaat dari puasa terhadap penurunan berat badan adalah efek terhadap nafsu makan. Puasa dapat membantu mengurangi hormon rasa lapar, kemudian hal itu bisa membantu menurunkan berat badan.”

3. Memaksimalkan Sekresi Hormon Pencernaan

Saat berpuasa, kamu bisa menyelaraskan jadwal makan dengan ritme sirkadian tubuh (proses internal alami yang mengatur siklus tidur-bangun). Dengan cara ini, kamu dapat mengoptimalkan metabolisme tubuh dan membantunya berjalan lebih efisien. Selain membantu menurunkan berat badan, puasa juga bisa membantu seseorang dalam mengurangi risiko terkena penyakit diabetes. 

Hal tersebut terjadi karena sensitivitas insulin menurun. Insulin sendiri merupakan hormon yang bertugas untuk menarik glukosa keluar dari aliran darah dan masuk ke dalam sel tubuh. Dengan menjalani puasa, kamu dapat menghindari masalah ini.

4. Mencegah Makan yang Tidak Sehat

Salah satu hal terbaik dari menjalani puasa adalah menghilangkan keinginan untuk ngemil larut malam, yang berkaitan dengan menambah berat badan. Ketika seseorang menjalani puasa, hal tersebut bisa berkurang kemudian berpengaruh terhadap penurunan berat badan.

Tips agar Berat Badan Tidak Bertambah saat Puasa

Setelah mengetahui alasan mengapa puasa bisa menurunkan berat badan, berikut ini beberapa cara supaya berat badan tidak bertambah selama puasa:

1. Tetap Olahraga

Menjalani puasa bukanlah alasan untuk kamu tidak olahraga. Justru saat puasa, kamu tetap perlu berolahraga agar berat badan tidak bertambah. Selain itu, olahraga juga dapat membantu menurunkan berat badan secara efektif. Namun, perlu diingat bahwa ketika puasa Kawan Mula perlu mengurangi intensitasnya atau melakukan olahraga yang ringan seperti yoga.

2. Makanan Bergizi Seimbang

Mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang dapat membantu menurunkan berat badan. Ketika berpuasa seseorang hanya punya dua kesempatan untuk makan, yaitu saat sahur dan setelah berbuka.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 5 Kriteria Makanan Sehat

Oleh karena itu, pada waktu tersebut usahakan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Apabila Kawan Mula makan sembarangan dan tidak memerhatikan gizinya, tentu hal tersebut akan berpengaruh terhadap pertambahan berat badan. 

3. Batasi Konsumsi Gorengan

Saat buka puasa menyantap gorengan mungkin terlihat sangat menggoda dan nikmat, apalagi setelah seharian berpuasa. Namun, Kawan Mula perlu berhati-hati karena makanan yang digoreng mengandung lemak jenuh yang bisa menambah berat badan. 

Baca Juga: 8 Tips Membuat Gorengan Sehat untuk Buka Puasa

Untuk menghindari hal itu, Kawan Mula perlu membatasi asupan makanan yang digoreng atau membuat gorengan sehat sendiri di rumah. Selain itu, kamu bisa beralih ke makanan-makanan yang mengandung lemak baik seperti kacang-kacangan, ikan, dan alpukat. Dengan cara tersebut, berat badan pun akan tetap terkendali.

4. Kurangi Makanan yang Mengandung Gula Tambahan

Berbuka dengan yang manis memang dianjurkan untuk mengembalikan energi yang hilang setelah berpuasa. Namun, Kawan Mula perlu ingat bahwa mengonsumsi makanan manis secara berlebihan juga bisa menambah berat badan.

Baca Juga: Ide Takjil, Coba Minuman Rendah Gula Ini Dijamin Enak

Hal tersebut terjadi karena makanan dan minuman manis akan disimpan tubuh menjadi lemak. Kemudian berat badan bukannya menurun selama puasa, melainkan malah bertambah. Untuk itu, kamu perlu membatasi diri untuk mengonsumsi makanan yang mengandung gula tambahan atau makanan manis secara berlebihan.

5. Menjaga porsi makan

Walau tidak minum, makan, atau ngemil selama puasa bukan berarti Kawan Mula makan secara berlebihan ketika buka puasa atau sahur. Kamu tetap perlu menjaga porsi makan yang cukup. Apabila kamu makan berlebihan hal ini akan meningkatkan kadar gula darah. Untuk menjaga porsi makan tidak berlebihan, kamu bisa menggunakan piring yang memiliki ukuran lebih kecil. Tidak hanya itu, kamu juga perlu menghiraukan keinginan untuk makan lagi, ketika sudah selesai makan atau kenyang.

Itulah lima cara yang bisa Kawan Mula lakukan untuk menjaga berat badan tetap ideal atau menurunkan berat badan. Puasa memang bisa menurunkan berat badan, namun jika Kawan Mula tidak memerhatikan beberapa hal di atas tentu berat badan akan bertambah selama puasa. Jadi, apakah puasa bisa menurunkan berat badan? Tentu saja bisa asalkan Kawan Mula menjalani tips di atas!