Yuk, Kenali 8 Bahaya Gluten Jika Dikonsumsi Berlebihan

16 March 2022
Yuk, Kenali 8 Bahaya Gluten Jika Dikonsumsi Berlebihan
BY Awal Mula

Roti, kue, hingga pasta umumnya mengandung sumber gluten. Makanan yang mengandung gluten tidak berbahaya, selama tidak mengonsumsi secara berlebihan dan tetap memenuhi asupan gizi yang seimbang, tentu hal ini tidak akan berbahaya bagi kesehatan. Namun, apabila Kawan Mula mengkonsumsi secara berlebihan hal ini bisa membahayakan kesehatan. Untuk mengetahui bahaya gluten bagi kesehatan, yuk simak pembahasan di artikel ini!

Apa Itu Gluten?

Gluten merupakan protein yang terdapat dalam beberapa jenis gandum. Kandungan gluten dapat membantu makanan dalam mempertahankan bentuknya atau bertindak sebagai lem yang menyatukan makanan. Gluten sendiri dapat ditemukan dalam berbagai jenis makanan. Contoh makanan yang mengandung gluten diantaranya, yaitu saus salad, sereal, sup, roti, dan lainnya.

Efek Samping Konsumsi Gluten Berlebihan

Berikut ini beberapa bahaya atau efek samping yang terjadi apabila mengkonsumsi makanan mengandung gluten secara berlebihan:

Memiliki Masalah Kulit

Konsumsi makanan yang mengandung gluten secara berlebihan dapat mempengaruhi kesehatan kulit, terutama pada orang dengan kondisi kulit yang sensitif terhadap gluten. Efek samping gluten terhadap kulit yang bisa dirasakan, yaitu gatal-gatal menyerupai eksim dan dermatitis herpetiformis atau psoriasis.

Mengganggu Kesehatan Lambung

Kesehatan lambung dapat terganggu apabila seseorang mengonsumsi gluten secara berlebihan. Hal ini bisa memicu rasa sakit pada perut. Selain itu, makanan yang mengandung sumber gluten juga bisa mengakibatkan iritasi atau radang pada lambung. Apabila lambung bermasalah, tentu hal ini dapat mengganggu pencernaan seseorang.

Baca Juga: Daftar Makanan Bebas Gluten

Sesak Napas

Selain mengganggu sistem pencernaan, konsumsi gluten secara berlebihan juga bisa mengganggu sistem pernapasan seseorang. Salah satu gangguan pada sistem pernapasan, yaitu sesak napas. Bagi orang yang memiliki riwayat penyakit sesak napas atau asma, sebaiknya kurangi atau hindari konsumsi makanan yang mengandung gluten.

Iritasi Tenggorokan

Bagian tubuh lainnya yang dapat terganggu apabila mengonsumsi makanan gluten secara berlebihan adalah bagian tenggorokan. Makanan berbahan gluten dapat menimbulkan iritasi atau infeksi pada tenggorokan. Jika hal tersebut terjadi, tentu hal ini dapat menyulitkan atau menimbulkan rasa tidak nyaman ketika mengonsumsi makanan.

Baca Juga: Manfaat Minyak Bawang Merah Untuk Kesehatan

Menyebabkan Alergi pada Sebagian Orang

Pada beberapa orang, mengonsumsi makanan gluten dapat menimbulkan alergi. Kondisi tersebut dinamakan dengan intoleransi gluten. Orang yang alergi gluten dapat menimbulkan beberapa gejala, diantaranya adalah sakit kepala, nyeri, gangguan pencernaan, dan lemas. Untuk mencegah timbulnya alergi, orang dengan intoleransi gluten perlu memilih dan menghindari makanan yang mengandung gluten. 

Menimbulkan Penyakit Celiac

Konsumsi gluten dapat memicu seseorang mengalami penyakit celiac. Penyakit ini dapat menyebabkan peradangan, mengganggu penyerapan zat gizi, dan merusak permukaan usus halus. Seseorang yang menderita penyakit celiac ketika mengonsumsi makanan yang mengandung gluten dapat mengalami kondisi tertentu. Diantaranya adalah perut kembung, diare, dan konstipasi. 

Tidak hanya mengalami gangguan saluran pencernaan, penderita celiac juga bisa mengalami beberapa kondisi seperti penyakit jantung, saraf, kulit, anemia, hingga osteoporosis. Oleh karena itu, penderita penyakit ini perlu waspada dan menghindari segala jenis makanan yang mengandung gluten di dalamnya.

Menderita Gizi Buruk

Seseorang yang mengonsumsi makanan yang mengandung gluten secara berlebihan dapat mengalami masalah gizi buruk. Hal ini karena tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang cukup untuk memenuhi asupan nutrisi dan vitamin pada tubuh. Dengan begitu, hal ini dapat memicu seseorang mengalami kekurangan gizi.

Lebih parahnya lagi, kamu juga bisa mengalami gizi buruk. Apabila hal tersebut terjadi, tentu dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh dan beberapa bagian tubuh tidak berfungsi dengan baik. Untuk menghindari hal itu, sebaiknya kamu batasi atau kurang konsumsi makanan tinggi gluten.

Penyakit Autoimun

Berdasarkan beberapa penelitian, orang dengan penyakit autoimun tertentu seperti penyakit Grave, rheumatoid arthritis, dan penyakit Hashimoto dapat memiliki risiko menderita penyakit celiac. Oleh karena itu, apabila Kawan Mula memiliki penyakit autoimun sebaiknya hindari konsumsi makanan gluten atau jalani diet bebas gluten.

Nah, itulah beberapa bahaya yang mungkin terjadi apabila mengonsumsi makanan yang mengandung gluten secara berlebihan. Untuk mencegahnya, Kawan mula dapat beralih ke makanan-makanan bebas gluten atau menjalani diet gluten. 

Gaya hidup diet bebas gluten (gluten-free) merupakan pola makan yang tidak mengonsumsi makanan yang mengandung protein gluten. Dengan menjalani diet gluten-free hal ini dapat membantu menghindari berbagai jenis penyakit, terutama bagi orang dengan penyakit celiac dan orang dengan sensitivitas gluten non-celiac

Apabila Kawan Mula tertarik menjalani diet bebas gluten atau mencari alternatif makanan bebas gluten, kamu bisa mendapatkannya di awalmula.co.id. Beberapa jenis makanan bebas gluten yang bisa Kawan Mula temukan di Awal Mula, yaitu Gluten Free Cheese Cracker, Gluten Free Chocolate Eclair, gula dari sorgum, beras sorgum, dan makanan lainnya. Yuk, temukan dan dapatkan makanan bebas gluten lainnya di Awal Mula sekarang juga!