Ini Bahaya Sayur Kale Jika Dikonsumsi Secara Berlebihan

26 July 2022
Ini Bahaya Sayur Kale Jika Dikonsumsi Secara Berlebihan
BY Awal Mula

Di balik manfaatnya yang baik buat tubuh, ternyata bahaya mengonsumsi sayur kale berlebihan bisa menyebabkan efek samping, seperti menyebabkan perut kembung, gangguan ginjal, penyakit gondok, hingga pembekuan darah. Simak ulasannya berikut ini.

Bahaya Sayur Kale bagi Kesehatan

Melihat beragam nutrisi di dalamnya memang sangat menggiurkan untuk mencoba sayur kale. Namun sebaiknya kenali pula risiko bahaya yang menyertai sayuran ini. Berikut beberapa bahaya kale yang penting untuk diketahui:

1. Perut kembung

Efek samping kale jika dikonsumsi terlalu banyak justru dapat menimbulkan masalah pencernaan. Jika serat tersangkut pada usus justru dapat menyebabkan kembung serta terlalu sering buang angin.

Baca Juga: Makanan Olahan Sorgum Yang Enak dan Sehat

Selain serat, kandungan senyawa gula bernama Raffinose juga membuat perut kembung. Raffinose dalam usus besar akan dicerna bakteri, dalam proses pencernaan tersebut menghasilkan gas metana dan karbondioksida yang membuat perut kembung dan dorongan buang angin.

2. Meningkatkan risiko penyakit gondok

Kale mengandung goitrogen tinggi yang dapat mengganggu fungsi tiroid. Selain itu kale menurunkan penyerapan yodium yang penting dalam produksi hormon tiroid.

Baca Juga: Menu Diet DEBM Seminggu

Kedua hal tersebut yang dapat memicu risiko gondok, sebab kekurangan yodium menyebabkan hipotiroidisme yakni kelenjar tiroid gagal memproduksi hormon tiroid. Namun selama dikonsumsi dalam jumlah normal tidak akan memicu risiko penyakit gondok.

3. Gangguan ginjal

Kandungan potasium dalam kale baik untuk menurunkan tekanan darah, namun mengonsumsinya terlalu banyak juga dapat berbahaya. Bahaya kale bagi orang dengan risiko penurunan fungsi ginjal, konsumsi potasium berlebih dapat semakin merusak ginjal. Maka mengonsumsi kale dapat membuat ginjal tidak dapat membuang kelebihan kalium dalam darah, sedang konsumsi kalium ini dapat berakibat fatal bagi tubuh.

Baca Juga: Manfaat Kismis Untuk Diet

4. Risiko pembekuan darah

Bagi penderita penggumpalan darah yang harus mengonsumsi obat pengencer darah (antikogulan) atau Warfarin, konsumsi vitamin K akan sangat mengganggu. Sebab vitamin K seperti yang terdapat pada kale bekerja dalam pembekuan darah, maka keduanya sanga bertolak belakang.

Baca Juga: Manfaat Kimchi Untuk Kesehatan

Cara Tepat Mengonsumsi Sayur Kale

Bahaya sayur kale tersebut dapat dihindari dengan mengonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebihan, juga dengan cara memasak yang benar. Berikut rekomendasi olahan kale untuk mengurangi bahayanya:

Kale Mentah

Cara mengonsumsi kale mentah lebih baik dengan menumbuknya sebentar agar lebih mudah dicerna. Selanjutnya bisa dijadikan salad, bungkus, sandwich dan sebagainya.

Sebagai lauk 

Sebagai olahan, bisa menumisnya dengan bawang putih dan bawang bombai dan menggunakan minyak zaitun. Tumis hingga daun kale lembut dan mudah dicerna.

Sayur kale pada dasarnya adalah sayuran sehat yang mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Karenanya sayur ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun demikian bahaya dapat muncul karena konsumsi berlebih serta dalam kondisi kesehatan tertentu. Untuk itu penting mengetahui kondisi kesehatan Kamu agar tahu nutrisi apa yang tidak bolehkan dikonsumsi secara berlebihan