Mengenal Bioplastik, Plastik yang Ramah Lingkungan

17 February 2022
Mengenal Bioplastik, Plastik yang Ramah Lingkungan
BY Awal Mula

Kawan Mula sudah kenal dengan bioplastik? Bioplastik atau yang sering disebut plastik biodegradable, merupakan salah satu jenis plastik yang hampir keseluruhannya terbuat dari bahan yang dapat diperbarui, seperti pati, minyak nabati, dan mikrobiota.

Material biodegradable sifatnya yang ramah lingkungan, mudah terdegradasi, ketersediaan yang besar, dan terjangkau. Sifat bioplastik yang biodegradable dapat mengalami dekomposisi 10 hingga 20 kali lebih cepat. Selain itu, hasil degradasi bioplastik dapat digunakan sebagai pakan ternak ataupun pupuk kompos.

Bioplastik memiliki keunggulan utama yaitu dapat mengurangi produksi karbon dioksida dan biodegradable serta dapat mengurangi jumlah limbah yang dikirim ke tempat pembuangan sampah (Barnett, 2011). Bioplastik juga dapat dibuat dari biomassa, yaitu sumber daya yang sepenuhnya terbarukan.

Manfaat Bioplastik untuk Lingkungan

1. Mengurangi jejak karbon

Jejak karbon adalah jumlah gas rumah kaca yang dilepaskan ke lingkungan sebagai akibat dari aktivitas manusia. Bioplastik melepaskan lebih sedikit emisi karbon selama produksi dan diproduksi menggunakan bahan yang sangat dapat didaur ulang.

2. Mudah terurai

Bioplastik dapat terurai secara hayati dan terbuat dari bahan yang dapat didaur ulang, sehingga meminimalkan dampak negatifnya terhadap lingkungan. 

3. Bioplastik Bebas dari Racun dan Allergen

Kemasan tradisional diproduksi dari bahan sintetik dan sarat kimia sehingga berbahaya bagi konsumen dan produsen. Sebagian besar kemasan bio-degradable tidak beracun dan terbuat dari bahan bebas alergi.

4. Mengurangi Penggunaan Bahan Plastik

Sebagian besar kemasan tradisional yang digunakan adalah bahan plastik sekali pakai. Dengan menggunakan bioplastik, maka Kawan Mula bisa berperan dalam mengurangi penggunaan bahan plastik tradisional yang membahayakan lingkungan.

5. Serbaguna

Bioplastik sifatnya cukup serbaguna dan dapat digunakan kembali di semua industri besar dimana kemasan standar digunakan. Ini berarti Kawan Mula dapat menggunakan bahan-bahan ini dalam berbagai variasi yang sekaligus mengembangkan kreativitas Kawan Mula!

Plastik yang ramah lingkungan telah menjadi langkah awal yang inovatif untuk mengurangi pencemaran lingkungan global akibat plastik sekali pakai. Semoga bioplastik dapat benar - benar berkembang dan menjadi solusi plastik yang ramah bagi keseluruhan alam dan lingkungan di bumi kita ya Kawan Mula!