Buah Bit untuk Apa saja? Yuk, Simak 8 Manfaatnya

15 March 2022
Buah Bit untuk Apa saja? Yuk, Simak 8 Manfaatnya
BY Awal Mula

Buah bit sering digunakan sebagai pewarna makanan alami atau pemanis pada makanan atau minuman. Selain itu, buah merah yang berasal dari keluarga Amaranthaceae Chenopodiaceae ini juga kaya akan manfaat untuk kesehatan. Selain itu, manfaat buah bit untuk apa saja? Yuk, simak pembahasannya di artikel ini!

Manfaat Buah Bit untuk Apa Saja?

Berikut ini beberapa manfaat buah bit atau beetroots yang bisa Kawan Mula dapatkan:

Menjaga Kesehatan Mata

Buah bit mengandung zeaxanthin atau lutein yang baik untuk menjaga kesehatan retina dan makula pada mata. Tidak hanya itu, buah bit juga memiliki kandungan vitamin C yang dapat mencerahkan penglihatan dan menjaga tingkat kelembapan.

Bagi orang yang memiliki risiko katarak, buah bit baik untuk dikonsumsi karena mengandung beta karoten yang merupakan bentuk dari vitamin A. Perlu diketahui, vitamin A sendiri merupakan sumber antioksidan yang penting dan dibutuhkan untuk berbagai fungsi tubuh, salah satunya mata.

Memelihara Fungsi Otak

Seiring bertambah usia seseorang, fungsi kognitif dan mentalnya dapat menurun. Kondisi tersebut bisa menyebabkan beberapa orang mengalami demensia. Selain itu, menurunnya suplai oksigen dan aliran darah ke otak juga bisa mengakibatkan penurunan fungsi kognitif. 

Untuk mencegah hal itu, Kawan Mula bisa mencoba konsumsi buah bit. Hal ini disebabkan karena buah but mengandung nitrat yang bisa meningkatkan fungsi kognitif dan mental dengan cara meningkatkan pelebaran pembuluh darah. Dengan begitu, aliran darah ke otak dapat meningkat. Tidak hanya itu, buah bir juga telah terbukti dapat meningkatkan aliran darah menuju lobus frontal otak. Bagian tersebut berkaitan dengan proses berpikir, misalnya mengambil keputusan.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah bit mengandung serat yang berguna untuk melancarkan sistem pencernaan. Tidak hanya itu, penelitian telah mengungkapkan bahwa kandungan serat juga berguna untuk mencegah terjadinya kerusakan dinding saluran pencernaan akibat kanker usus besar hingga peradangan.

Baca Juga: Manfaat Buah Kering Untuk Kesehatan

Kemudian senyawa betaine yang terdapat pada buah bit juga berguna untuk mengurangi rasa kembung, mengontrol pertumbuhan bakteri baik, hingga meningkatkan penyerapan nutrisi. Selain bagus dalam meningkatkan kesehatan pencernaan, konsumsi buah bit juga dapat membantu mencegah kondisi pencernaan seperti radang usus dan sembelit.

Mencegah Kanker

Pertumbuhan sel yang tidak terkendali dapat mengakibatkan penyakit kanker. Seperti dikutip dari Journal of Medicinal Food, ekstrak buah bit telah terbukti dapat mengurangi pertumbuhan dan pembelahan sel tumor pada hewan. Tidak hanya itu, studi lain juga mengungkapkan bahwa ekstrak dari akar bit dapat mengurangi pertumbuhan kanker payudara dan sel prostat. 

Baca Juga: 10 Manfaat Jahe Merah, Bisa Untuk Kanker!

Mengontrol Kadar Gula Darah

Bagi penderita diabetes, buah bit baik untuk dikonsumsi karena mengandung senyawa kimia yang bisa mengontrol insulin dan kadar glukosa dalam tubuh. Tidak hanya itu, berkat kandungan antioksidan asam alpha-lipoic, buah bit dapat membantu memperbaiki saraf yang rusak dan mencegah kerusakan sel pada penderita penyakit diabetes.

Meningkatkan Stamina dan Ketahanan Fisik

Berdasarkan hasil penelitian telah mengungkapkan bahwa konsumsi nitrat dapat membantu meningkatkan kinerja tubuh. Oleh sebab itu, para atlet biasa mengonsumsi buah bit untuk meningkatkan performa fisik mereka. Seperti dilansir dari Cell Metabolism Journal, kandungan nitrat dapat memengaruhi kinerja tubuh dengan cara meningkatkan efisiensi mitokondria yang bertugas untuk menghasilkan energi pada sel tubuh. 

Pada penelitian tahun 2011 yang dilakukan pada sembilan atlet sepeda telah menunjukkan bahwa mengonsumsi jus dari buah bit sebelum berolahraga bisa membantu meningkatkan performa para atlet hingg 2,8 persen. Namun perlu diketahui, untuk merasakan manfaatnya, kamu perlu mengonsumsi buah bit dua hingga tiga jam sebelum berlatih.

Mengatasi Peradangan

Inflamasi atau peradangan kronis berkaitan dengan beberapa penyakit seperti jantung, kanker, dan penyakit hati. Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa mengonsumsi buah yang kaya anti-inflamasi seperti buah bit. Buah bit mengandung betalain yang merupakan pigmen dengan sifat anti-inflamasi dan berguna untuk mengatasi peradangan. 

Pada penelitian tahun 2014 mengungkapkan bahwa ekstrak buah bit dapat membantu mengurangi peradangan ginjal. Selain itu, studi lain juga telah mengungkapkan bahwa kapsul betalain yang terbuat dari ekstrak bit dapat mengurangi rasa sakit pada penyakit osteoartritis.

Mengontrol Tekanan Darah

Serangan jantung atau stroke merupakan salah satu penyebab utam kematian di dunia. Faktor risiko meningkatnya penyakit tersebut adalah tekanan darah tinggi. Untuk itu, Kawan Mula perlu menjaga tekanan darah agar stabil untuk menghindari serangan jantung hingga penyakit stroke. 

Berdasarkan hasil penelitian, telah membuktikan bahwa buah bit dapat membantu menurunkan tekanan darah hingga angka 4-10 mmHg dalam waktu beberapa jam setelah mengkonsumsi buah bit.  Manfaat tersebut bisa didapat berkat kandungan nitrat pada buah bit. Kandungan tersebut dalam tubuh akan diubah menjadi oksida nitrat yang bisa membantu melebarkan pembuluh darah supaya tekanan darah menurun.

Nah, itulah delapan manfaat buah bit untuk kesehatan yang bisa kamu rasakan. Kawan Mula, apakah tertarik untuk mencobanya?