Penangkal Radikal Bebas! Berikut 15 Buah yang Mengandung Antioksidan

29 September 2022
Penangkal Radikal Bebas! Berikut 15 Buah yang Mengandung Antioksidan
BY Awal Mula

Antioksidan merupakan istilah yang sangat populer dan seringkali dimanfaatkan untuk kecantikan kulit secara alami. Antioksidan hadir dalam beragam jenis makanan yang bisa dikonsumsi termasuk buah-buahan yang mengandung antioksidan yang tinggi seperti berikut ini!

1. Blueberry

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa blueberry mengandung sejumlah antioksidan tertinggi diantara semua buah dan sayuran yang biasa dikonsumsi. Kamu bisa mengkombinasikannya dengan salad atau rebus menjadi oatmeal.

2. Cranberry

Antioksidan juga bermanfaat untuk menangkal penyakit dan cranberry menggungguli hampir semua buah dan sayuran termasuk bayam, brokoli, dan strawberry. Satu cangkir cranberry ini mengandung 8.983 kapasitas antioksidan total.

Baca Juga: Manfaat Buah Kering Untuk Kesehatan

3. Raspberry

Semakin dalam warnanya, semakin banyak antioksidannya yang terkandung dalam buah berry. Seiring dengan antioksidan lainnya, raspberry juga mengandung vitamin C yang sangat penting untuk produksi kolagen dan menjadi protein yang membentuk 75% dari kulit Kamu. Tambahkan raspberry ke dalam mangkuk yoghurt dan rasakan nutrisi baiknya!

Baca: 7 Fakta Tentang Buah Raspberry Yang Perlu Kamu Ketahui

4. Strawberry

Strawberry merupakan buah yang dikemas dengan vitamin, serat, dan polifenol tingkat tinggi. Strawberry termasuk di antara 20 buah teratas dengan kandungan antioksidan yang tiinggi.

Strawberry juga merupakan sumber mangan dan potasium yang baik. Cobalah konsumsi strawberry beku kering dalam gigitan atau masukkan strawberry segar ke dalam salad yang ringan namun hangat.

5. Goji Berry

Goji berry merupakan salah satu buah yang kaya akan antioksidan dan memiliki potensi untuk mengurangi stress oksidatif dan mencegah radikal bebas dari kerusakan DNA. Goji Berry dapat diolah menjadi tambahan salad asam manis dengan rasa yang lezat di atas mangkuk.

Baca Juga: Makanan Olahan Daun Kelor Sehat dan Cara Membuatnya

6. Anggur merah

Anggur meraah mengandung jumlah antioksidan yang lebih tinggi karena anthocyanin yang memberikan warna. Anggur juga mengandung vitamin C, beta karoten, quercetin, lutein, lycopene, dan asam ellagic. Semua ini termasuk kedalam jenis antioksidan yang kuat.

Selanjutnya, polifenol anggur merah dapat membantu dalam melindungi lapisan pembuluh darah di jantung. Polifenol disebut resveratrol sebagai salah satu zat dalam anggur merah yang mendapat perhatian karena manfaat kesehatannya untuk tubuh.

7. Buah Ara

Buah Ara merupakan buah yang kaya akan antioksidan dan serat dengan kandungan sejumlah kecil kalsium, zat besi, kalium, tembaga, dan vitamin B tertentu. Buah ara padat akan antioksidan fenol.

Baca Juga: Hati-hari Keseringan Minum Teh Jati Cina, Ini Efek Sampingnya!

Cara terbaik untuk menikmati buah ara mentah dengan kulit dan biji utuh. Jika Kamu suka, masaklah buah ara dengan memanggangnya.

8. Ceri

Ceri merupakan buah yang kaya akan antioksidan dengan bahan kimia alami yang dapat membantu tubuh mengatasi kerusakan sel sehari-hari. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ceri manis dan asam membantu dalam mengurangi kerusakan. Kamu bisa mengolahnya jadi smoothie hijau favorit Kamu!

9. Aprikot

Aprikot merupakan sumber antioksidan yang hebat karena mengandung beta karoten dan vitamin A, C, dan E. Terlebih lagi, buah ini kaya akan flavonoid yang telah terbukti ampuh melindungi dari berbagai penyakit.

Seperti diabetes dan penyakit jantung yang biasa diolah menjadi makanan bersama dengan nasi dan aprikot kering.

10. Jeruk

Jeruk merupakan sumber senyawa fenolik yang sangat baik terutama flavonoid. Jeruk sebagai buah tambahan yang bagus untuk hidangan gurih, salad, dan bumbu.

11. Jambu biji

Jambu biji merupakan buah yang kaya akan vitamin C, vitamin A, dan antioksidan seperti likopen dan karoten. Hal ini bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerutan dan garis-garis halus. Kamu juga bisa memanfaatkan selai jambu dalam smoothie tropis.

12. Tomat

Tomat merupakan sumber makanan utama antioksidan likopen yang berperan banyak untuk memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh termasuk mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker.

Tomat juga merupakan sumber vitamin C, potasium, folat, dan vitamin K yang sangat baik diolah dengan cara dipanggang atau direbus menjadi saus pasta dan tomat.

13. Kurma Medjool

Campurkan buah kering ini dengan beberapa almond atau kenari sebagai camilan sore yang kaya akan protein, lemak sehat, dan serat. Meskipun termasuk dalam cemilan kecil dan licin, kurma ini menawarkan kandungan gizi rata-rata 1,6 gram serat penambah energi dan sedikit potasium, vitamin B6, dan magnesium juga.

14. Apel

Apel merah merupakan salah satu buah paling sehat yang ada di dunia ini mengalahkan Mutsu. Apel merah mengandung sekitar 80% antioksidan yang menurut sebuah penelitian di Kanada, Apel ini mengandung banyak serat tersembunyi di dalamnya.

Selain itu, apel merah juga terbukti ampuh dalam membersihkan dinding arteri dan menurunkan kadar kolestrol.

15. Buah Delima

Biji delima dikenal sebagai aril yang mengandung tiga jenis polifenol antioksidan termasuk tannin, antosianin, dan asam ellagic yang semuanya membantu dalam melawan dan mencegah kerusakan pada tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas.

Buah delima ini juga menyediakan sekitar 30 mg vitamin C yang sangat penting untuk kesehatan kulit dan kekebalan tubuh.