7 Tips Jalani Diet saat Puasa agar Berat Badan Tidak Bertambah

1 March 2022
7 Tips Jalani Diet saat Puasa agar Berat Badan Tidak Bertambah
BY Awal Mula

Menjalani diet saat puasa dapat dianggap menjadi waktu yang tepat untuk menurunkan berat badan bagi sebagian orang. Namun kenyataan, ada beberapa orang yang justru mengalami bertambah berat badan saat menjalaninya. Untuk menghindari hal tersebut, di artikel ini Awal Mula membagikan beberapa tips diet selama puasa agar berat badan tidak bertambah. Yuk, simak pembahasan lengkapnya di artikel ini!

Makan Secara Perlahan

Ketika berbuka puasa, keinginan untuk makan banyak akan meningkat. Padahal makan banyak dan terlalu cepat dalam waktu singkat bisa mengganggu sistem pencernaan dan meningkatkan berat badan. Oleh karena itu, ketika waktu berbuka sebaiknya makanlah secara perlahan dan bertahap. 

Kawan Mula bisa mulai dengan minum air putih dan tiga buah kurma. Setelah itu, 15 sampai 20 menit baru konsumsi makanan yang lebih berat. Cara ini bisa membantu agar kadar gula darah tetap normal.

Makan Bergizi Seimbang

Memenuhi asupan nutrisi dengan tepat merupakan tips diet yang penting dilakukan saat puasa. Pilihlah makanan sehat yang bernutrisi lengkap dan seimbang, serta tidak sekedar kenyang saja. Bagaimana caranya? Coba konsumsi karbohidrat yang berasal dari sorgum, gandum, nasi merah, hingga oatmeal.

Lalu, tambahkan makanan yang tinggi protein seperti tahu, tempe, telur, ayam, dan lainnya. Makanan yang tinggi protein bisa membantu menekan nafsu makan sehingga kamu tidak makan berlebihan saat berbuka puasa. Setelah itu, perbanyak konsumsi serat yang berasal dari sayuran dan buah-buahan. 

Makanan berserat tinggi akan dicerna dan diserap tubuh untuk waktu yang lama. Dengan begitu, kamu tidak mudah kelaparan saat berpuasa.

Hindari Makanan Berminyak

Goreng-gorengan atau makanan tinggi minyak lainnya mungkin terlihat menggoda saat berbuka puasa atau sahur. Selain itu, makanan berminyak juga sering jadikan hidangan buka puasa atau sahur. Meski begitu, Kawan Mula sebaiknya hindari konsumsi makanan berminyak terlalu banyak ketika jalani diet saat puasa. 

Hal tersebut dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah kegemukan. Perlu diingat juga, makanan berminyak biasanya mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol jahat. Kolesterol sendiri bisa memicu risiko seseorang terserang penyakit diabetes hingga jantung.

Berolahraga

Menjalani diet saat puasa bukan berarti kamu melewatkan olahraga. Justru dengan olahraga, tubuh kamu akan tetap sehat dan membantu turunkan berat badan. Namun, ketika puasa kamu perlu memperhatikan waktu olahraga supaya tidak mengganggu puasa. 

Lalu, kapankah waktu yang tepat untuk olahraga ketika puasa? Kamu bisa berolahraga setelah selesai ibadah tarawih di malam hari atau 30 - 60 menit sebelum waktu buka puasa. Selain itu, lakukan olahraga secara rutin, minimal 30 menit setiap hari. Apabila kamu belum sanggup, lakukan olahraga secara bergantian atau selang-seling. 

Minum Air Putih yang Cukup

Ketika diet di bulan puasa, pastikan tubuh tetap mendapatkan asupan air putih yang cukup. Setidaknya delapan gelas per hari. Untuk memastikan mendapat asupan air putih yang cukup, kamu bisa menggunakan rumus 2-4-2, yaitu 2 gelas ketika sahur, 4 gelas saat buka puasa, dan 2 gelas sebelum tidur malam. 

Berdasarkan studi dari Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism mengatakan bahwa minum air putih dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh sampai 30 persen. Apabila metabolisme tubuh bekerja dengan cepat, maka akan semakin banyak kalori dan lemak yang terbakar.

Hindari Minuman dan Makanan Manis

Mengonsumsi makanan atau minuman yang manis dapat mengisi energi tubuh yang hilang selama berpuasa. Namun, terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman manis berisiko mengganggu diet yang dijalani saat puasa. 

Hal ini dikarenakan makanan atau minuman manis tidak mengurangi rasa lapar, malah membuat orang makan berlebihan. Kemudian hal itu berakibat pada kenaikan berat badan. Tidak hanya itu, ketika seseorang berpuasa produksi insulin pada tubuh akan menurun. 

Padahal insulin sendiri berguna untuk mengubah gula menjadi sumber energi. Jika gula tidak diubah, hal itu akan mengakibatkan tubuh menimbun dalam bentuk lemak yang menyebabkan orang kegemukan. Untuk mengatasi hal itu, sebaiknya ketika berbuka puasa Kawan Mula tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang manis secara berlebihan.  

Tidur Cukup

Memiliki waktu tidur yang cukup dapat menjadi hal penting yang dibutuhkan ketika menjalani diet selama puasa. Apabila tubuh kurang tidur, hal ini dapat menyebabkan kadar hormon ghrelin pada tubuh meningkat, kemudian menyebabkan nafsu makan berlebih. Apabila hal itu terjadi, tentu akan membuat Kawan Mula makan terlalu banyak dan kalap ketika buka puasa.

Nah, itulah tujuh tips diet saat puasa yang bisa Kawan Mula lakukan agar berat badan tidak bertambah dan diet berhasil.