8 Cara Memakai Masker Rambut yang Mudah dan Efektif di Rumah

25 May 2022
8 Cara Memakai Masker Rambut yang Mudah dan Efektif di Rumah
BY Awal Mula

Rambut kamu rusak, kering, dan bercabang? Mencuci rambut dengan shampoo dan conditioner tidaklah cukup! Untuk itu, kamu bisa mencoba melakukan perawatan rambut dengan memakai masker rambut tanpa perlu pergi ke salon. Di artikel ini Awal Mula akan membagikan cara menggunakan masker rambut di rumah. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu Masker Rambut?

Masker rambut (hair mask) adalah produk perawatan rambut yang dirancang untuk menutrisi rambut dan memperbaiki rambut rusak, mulai dari akar rambut sampai ke ujung rambut. Selain itu, masker rambut juga berguna untuk memperkuat rambut secara lebih mendalam.

Melihat manfaat masker rambut, maka perawatan menggunakan masker rambut dapat disebut sebagai perawatan deep conditioning (kondisioner rambut intensif). Meski begitu, masker rambut dan kondisioner bukan produk yang sama.

Baca Juga: Manfaat Serum Rambut & Cara Pakainya Yang Benar

Perbedaan antara masker rambut dengan kondisioner adalah bahan-bahan yang terdapat pada hair mask lebih terkonsentrasi. Selain itu, penggunaan masker rambut jauh lebih lama dibiarkan di rambut, mulai dari 20 menit sampai beberapa jam. 

Cara Memakai Masker Rambut yang Tepat 

Berikut ini beberapa langkah dalam menggunakan hair mask dengan mudah yang bisa kamu lakukan di rumah:

1. Mencuci Rambut

Langkah pertama sebelum mulai menggunakan hair mask adalah memastikan rambut dalam keadaan bersih dan siap untuk menyerap bahan-bahan utama masker kamu. Untuk itu, kamu perlu mencuci rambut dengan shampoo kemudian bilas dengan air dingin.

Baca Juga: Waktu Yang Tepat Memakai Vitamin Rambut

Apabila rambut dalam kondisi buruk atau terasa kering, kamu bisa menggunakan kondisioner sebelum memakai masker rambut. Setelah selesai, bilas dengan air dan keringkan rambut yang basah.

2. Keringkan Rambut Basah dengan Handuk Microfiber

Untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakan masker pada rambut yang basah, bukan rambut yang sangat basah atau kering. Untuk itu, hindari penggunaan hair dryer agar rambut dalam kondisi lembab dan basah. 

Baca Juga: Ini Bedanya Hair Tonic Dengan Hair Serum

Agar menghasilkan rambut yang basah dan lembab, cukup gunakan handuk microfiber untuk menarik air dari rambut tanpa merusak rambut. Jika kamu tidak memiliki handuk microfiber, kamu bisa menggantinya dengan kaos katun yang ada di rumah.

3. Bagi Rambut Menjadi 3-4 lapis

Jika kamu punya klip di rumah, kamu bisa membagi rambut menjadi 3-4 lapisan. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan semua rambut mendapatkan manfaat dari masker rambut. 

4. Gunakan Hair Mask Sesuai Kondisi Rambut

Sebelum menggunakan hair mask, pastikan kamu sudah memiliki produk masker rambut sesuai dengan kondisi rambutmu. Hal tersebut bertujuan supaya produk yang digunakan bekerja secara maksimal. 

Ketika mencari masker rambut, usahakan untuk mencari tahu informasi soal produk rambut yang akan digunakan. Apakah produk yang akan dipakai sesuai atau tidak dengan kondisi rambutmu saat itu. Dengan memperoleh produk rambut yang tepat, maka kamu juga bisa menghasilkan rambut yang sehat dan sesuai keinginanmu. 

Setelah itu, pastikan juga kandungan di dalamnya, apakah bisa memicu alergi pada kulit kepala atau tidak. Sebab beberapa orang memiliki kulit kepala yang sensitif terhadap kandungan tertentu pada masker rambut.

5. Aplikasikan Masker

Jika kamu sudah mendapatkan masker sesuai kondisi rambut, ini saatnya kamu mulai menggunakan masker rambut! Ketika menggunakan hair mask, fokuslah pada bagian tengah dan ujung rambutmu. 

Kemudian pijat produk secara lembut pada rambut kamu dengan gerakan ke bawah selama sekitar 30 detik. Cara tersebut dapat membantu masker rambut menembus dan menutup kutikula, sehingga rambut terasa lebih halus dan berkilau.

Gunakan masker rambut secukupnya karena dengan sedikit produk pun sudah bisa membantu masalah rambut kamu.

6. Bungkus Rambut Dengan Handuk Panas 

Cara satu ini bukanlah langkah yang “wajib dilakukan”, namun beberapa orang menemukan bahwa membungkus rambut dengan handuk panas bisa meningkatkan hasilnya. Kamu cukup mengompres rambut yang tertutup masker dengan handuk panas. Dengan cara tersebut, kandungan pada masker rambut akan menembus lebih dalam ke rambut kamu.

7. Biarkan Masker Meresap 

Setelah selesai mengoleskan masker rambut secara merata, langkah selanjutnya adalah diamkan masker selama 8-10 menit. Namun, tidak ada salahnya jika kamu membiarkan masker lebih lama dari instruksi.

Hal ini penting dilakukan karena jika kamu membilas masker tanpa menunggu masker rambut meresap dengan baik, maka itu hanya akan jadi sia-sia. Manfaat dari masker rambut tidak bisa kamu rasakan secara optimal.

8. Bilas Sampai Bersih

Jika kamu sudah membiarkan masker selama 8-10 menit atau lebih, segera bilas rambut dengan air. Masker rambut mengandung bahan bernutrisi kuat. Untuk itu, bilas rambut secara hati-hati agar rambut kamu tidak lebih cepat berminyak.

Manfaat Masker Rambut

Masker rambut memiliki manfaat untuk menutrisi rambut. Bagi yang mengalami rambut rusak, menggunakan masker rambut dapat mengurangi kerusakan rambut secara konsisten. Untuk mendapatkan manfaat dari masker rambut secara maksimal, kamu perlu melakukan perawatan secara rutin.

Salah satu manfaat masker rambut yang paling dicari yakni melembabkan rambut. Masker rambut juga berfungsi untuk memperbaiki kerusakan rambut, seperti rambut rontok atau rambut bercabang. Hasilknya rambut jadi lebih lembut dan lembab.

Masker rambut sebaiknya digunakan seminggu sekali paling banyak apabila rambut kamu rusak parah. Namun jika kerusakan rambut tidak parah, cukup satu bulan 2 kali. Terlalu sering memakai masker rambut akan mengakibatkan kulit kepala kering.

Nah, itulah delapan cara memakai masker rambut yang tepat. Bagaimana, mudah bukan? Kamu bisa mencoba melakukannya sendiri di rumah tanpa harus pergi ke salon. Namun, demi menjaga rambut tetap sehat, lembut, dan berkilau, sebaiknya lakukan perawatan dengan masker rambut secara rutin, ya!