Bagaimana Cara Memilih Sunscreen wajah Berdasarkan Jenis Kulit?

14 June 2022
Bagaimana Cara Memilih Sunscreen wajah Berdasarkan Jenis Kulit?
BY Awal Mula

Memakai sunscreen wajah atau tabir surya bisa membantu melindungi kulit wajah dari kekeringan dan gosong akibat sinar matahari. Penggunaan sunscreen wajah akan sangat penting digunakan pada musim kemarau atau panas seperti sekarang.

Memilih tabir surya sendiri tidak bisa sembarangan. Kawan Mula harus memilihnya berdasarkan jenis kulit yang dimiliki Kawan Mula. Lalu, bagaimana cara memilih tabir surya berdasarkan jenis kulit?

Cara Memilih Sunscreen Wajah Berdasarkan Jenis Kulit

Secara umum, ada enam jenis kulit wajah pada manusia. Keenamnya adalah Kulit Kering, Kulit Sensitif, Kulit Bermasalah, Kulit Normal, Kulit Berminyak, dan Kulit Gelap. Tiap jenis kulit itu harus dipakaikan tabir surya yang tepat, supaya tidak menimbulkan masalah baru di kulit wajah Adapun cara memilih sunscreen berdasarkan jenis-jenis kulit wajah itu adalah:

1. Kulit Kering

Ini adalah jenis kulit dengan ciri kadar minyak yang sedikit pada kulit, serta tekstur kulit yang tampak garing. Pemilik jenis kulit ini akan merasakan sensasi ‘kesat’ setelah ia cuci muka atau mandi.

Baca Juga: Awas Salah!, Ini Perbedaan Toner dan Micellar Water

Pemilik jenis kulit ini sangat cocok memakai sunscreen yang mengandung silikon dan minyak lanolin. Kawan Mula juga bisa memakai tabir surya yang memiliki konsistensi pekat agar tekstur kulit tidak rusak.

2. Kulit Sensitif

Pemilik jenis kulit ini harus cukup selektif dalam memilih tabir surya atau produk perawatan wajah apa pun. Sebab, hal tersebut bisa membuat jenis kulit ini mengalami kondisi breakout atau iritasi wajah lainnya. Kalaupun mau memakai tabir surya, disarankan untuk memakai tabir surya berbahan zinc oxide murni.

Baca Juga: Tips Memilih Toner Wajah Pria

3. Kulit Bermasalah

Kalau yang satu ini biasanya dimiliki oleh penderita gangguan kulit seperti rosacea atau lupus. Untuk pemilik kulit ini, pilihlah tabir surya dengan bahan alami seperti titanium dioxide atau zinc oxide. Pastikan tabir suryanya bertipe ringan agar tidak merusak kulit. Hindari penggunaan tabir surya berbahan kimia atau alkohol.

Tidak semua pemilik wajah bermasalah mengalami gangguan kulit. Ada juga pemilik kulit bermasalah yang murni disebabkan jerawat. Untuk yang satu ini, Kawan Mula bisa pilih tabir surya berbentuk gel, serta menghindari tabir surya yang bisa mengakibatkan kulit berminyak.

4. Kulit Normal

Kebalikan dari jenis kulit sebelumnya, jenis kulit ini tergolong sehat dan bebas dari gangguan kulit apa pun. Sebetulnya, jenis kulit ini bisa dipakaikan tipe tabir surya apa pun. Namun, alangkah lebih baik jika Kawan Mula pilih tabir surya SPF 15 berbentuk lotion. Tabir surya semacam ini bisa membuat kelembaban wajah terjaga, serta terhindar dari wajah kering atau berminyak.

5. Kulit Berminyak

Sesuai namanya, ini adalah jenis kulit yang memiliki minyak, terutama bagian hidung, pipi, dan dahi. Jenis kulit ini akan membuat permukaan wajah terlihat basah, mengkilap, dan berpori-pori besar. Tabir surya berbahan air sangat cocok untuk jenis kulit ini. Sebab, tabir surya tersebut bisa membantu mengeringkan minyak di wajah, serta menenangkan kulit wajah.

6. Kulit Gelap

Banyak yang menganggap kalau jenis kulit ini tidak perlu memakai tabir surya. Sebab, kulit gelap punya banyak pigmen yang membuatnya tidak mudah terbakar matahari, serta menjaga kulit wajah dari kanker kulit.

Nyatanya, kulit gelap rentan mengalami kerusakan DNA, terutama jika terkena sinar UV matahari. Untuk itulah, kulit gelap juga harus memakai tabir surya untuk melindungi kulitnya. Adapun sunscreen yang cocok untuk jenis kulit ini harus memiliki bahan titanium yang membuat kulit gelap terlindungi dan tampak cerah.

Aturan Dasar dalam Memilih Sunscreen Wajah

Selain memilih sunscreen wajah berdasarkan jenis kulit, ada beberapa aturan dasar lainnya dalam memilih sunscreen. Kawan Mula harus mengetahuinya supaya makin mudah memilih sunscreen yang tepat. Beberapa aturan dasar itu adalah:

1 Pilih Sunscreen Wajah yang Bahannya Bisa Memblokir Semua Jenis Sinar UV Berbahaya

Sebelum memilih sunscreen, pastikan Kawan Mula perhatikan dulu bahannya. Sebagai saran, pilih yang bahannya dianggap mampu memblokir semua jenis sinar UV berbahaya. Adapun salah satu contohnya adalah micro zinc oxide. Selain mampu mengatasi semua jenis sinar UV berbahaya, bahan tersebut juga bisa aman karena tidak akan meresap ke dalam kulit.

2. Pastikan Sunscreen yang Dibeli Masih Baru

Jangan asal ambil sunscreen saat Kawan Mula membelinya di toko. Pastikan sunscreen yang dibeli betul-betul baru. “Baru” yang dimaksud bukan hanya sekadar belum pernah dipakai atau masih disegel, tetapi juga masih baru ada di dalam toko tersebut.

Untuk tahu baru tidaknya sunscreen itu, Kawan Mula bisa mengecek tanggal pembuatannya, apakah tanggalnya masih baru-baru ini atau bahkan sudah setahun lalu. Tabir surya yang betul-betul baru teksturnya masih bagus dan belum rusak, sehingga fungsinya masih tetap terjaga.

Kurang lebih seperti itulah cara memilih sunscreen wajah berdasarkan jenis kulit. Mudah-mudahan bisa jadi referensi bagi Kawan Mula yang belum tahu apa sunscreen yang cocok untuk kulit Kawan Mula. Sampai ketemu di artikel kami berikutnya!