Tanpa ke Gym, Ini 7 Cara Mengecilkan Pinggang dengan Gerakan Mudah di Rumah

8 June 2022
Tanpa ke Gym, Ini 7 Cara Mengecilkan Pinggang dengan Gerakan Mudah di Rumah
BY Awal Mula

Timbunan lemak di pinggang tidak hanya mengganggu penampilan dan rasa percaya diri, tapi bisa menyebabkan masalah kesehatan. Dengan mengurangi lemak pinggang, hal ini juga dapat membantu seseorang lebih berenergi dan mengurangi risiko penyakit diabetes dan jantung. Untuk mengatasi itu, yuk simak pembahasan mengenai cara mengecilkan pinggang di artikel ini!

Idealnya ukuran lingkar pinggang ideal adalah 101 maksimal untuk pria ukuran lingkar pinggang yang sedangkan untuk perempuan, idealnya 89 (maksimal). Jika lingkar pinggang kamu lebih besar dari itu, kamu kamu memiliki lingkar pinggang yang besar. 

Cara Mengecilkan Pinggang Mudah di Rumah

Berikut ini gerakan mengecilkan pinggang tanpa perlu pergi ke gym:

1. Yoga

Seperti dikutip dari Healthline, berdasarkan penelitian yang dilakukan pada wanita yang memiliki obesitas perut di mana mereka melakukan yoga selama 12 minggu secara intensif. Lalu hasilnya menunjukkan lingkar pinggang mereka mengecil. 

Selain bisa membantu mengecilkan lingkar pinggang, yoga juga dapat membantu seseorang mengelola stres. Jika Kawan Mula ingin mencobanya, kamu bisa melakukan yoga di rumah lewat kelas online atau ikut kelas yoga yang dipandu instrukturnya di tempat kebugaran atau gym.

2. Planks

Gerakan ini dapat melatih otot perut dan otot-otot yang mengelilingi inti tubuh kamu, serta membantu membentuk postur tubuh yang sehat. Untuk melakukan planks, kamu bisa membaca tips cara plank yang benar.

3. Waist crunch

Gerakan ini dapat melatih otot perut dan otot samping. Untuk melakukan gerakan ini, pertama-tama kamu perlu berbaring di lantai seolah sedang siap untuk sit-up biasa. Posisi tangan berada di belakang kepala dan lutut ditekuk. Setelah itu, tekuk pinggang dan pastikan posisi bahu tetap rata di lantai. 

Lalu biarkan kaki jatuh ke satu sisi dengan satu kaki bertumpu di tanah dan kaki yang lainnya di atas. Untuk melatih otot-otot, jaga agar posisi tubuh bagian atas tetap lurus dan melakukan sit-up. Setelah melakukan gerakan ini selama 20-30 kali, kamu dapat menggerakan kaki kembali ke tengah, kemudian ke sisi lain tubuh kamu.

4. Legs lift

Ketika mulai gerakan legs lift, posisi kamu harus dalam keadaan menungging, yang bertumpu pada bagian tangan dan kaki. Pada bagian tangan kiri memegang berat sebanyak 1 kg, kemudian angkat kaki kanan seperti gerakan akan menendang keluar.

Baca Juga: 6 Cara Mengecilkan Lengan yang Mudah Tanpa ke Gym

Lalu angan tangan kiri kamu ke arah luar bagian badan seiring dengan mengangkat kaki. Lalu tahan untuk beberapa menit. Lakukan gerakan tersebut sekitar 20 kali. Lalu tukar beban dan gerakan kamu agar dapat dilakukan oleh bagian tangan dan kaki yang satu lagi.

5. Squat

Lakukan gerakan squat dimulai dengan posisi tubuh berdiri. Lalu lebarkan sedikit kaki menjadi selebar pinggul. Setelah itu angkat beban kira-kira 1 kg. Lalu bagi beban tersebut agar dapat diangkat oleh kedua sisi lengan. Kemudian tekuk lutut dan rendahkan pinggul seakan kamu akan duduk di kursi walau kursi hanyalah bayangan. Kemudian pandangan dan kedua lengan yang membawa beban harus lurus ke depan. Setelah itu, tahan posisi squat selama beberapa detik dan ulangi gerakan tersebut sampai 20 kali gerakan.

6. Bicycle crunches

Gerakan ini merupakan kombinasi antara gerakan seolah mengayuh sepeda dan sit-up. Untuk melakukan gerakan ini, kamu perlu berbaring di lantai atau matras. Kemudian posisi tangan berada di belakang kepala. Lalu tekuk lutut sambil gerakan kaki seolah sedang mengayuh sepeda. Lakukan gerakan bicycle crunches selama sekitar 20 sampai 30 kali gerakan.

7. Lunges

Untuk memulai gerakan lunges, pertama-tama kamu berdiri atas kaki yang dilebarkan sedikit. Lalu letakkan kaki kiri kamu di depan kaki kanan. Setelah itu, angkat beban sekitar 1 kg di masing-masing tangan. Setelah itu, tekuk salah satu kaki ke arah belakang dengan melebihi pergelangan kaki kamu. 

Kemudian, angkat kedua lengan yang mengangkat beban secara bersamaan ke depan dada yang membentuk siku 90 derajat. Setelah itu, tahan selama beberapa saat, lalu kembali ke posisi awal lagi. Lakukan lunges sekitar 20 kali dengan melakukan gerakan ini secara bergantian.

Nah itulah gerakan mengecilkan pinggang atau olahraga untuk mengecilkan pinggang yang bisa Kawan Mula lakukan sendiri di rumah. Selain melakukan olahraga atau gerakan untuk mengecilkan pinggang, kamu juga perlu memperhatikan asupan makanan yang masuk.