Penyebab Pori-pori Wajah Besar dan Cara Mengecilkannya Agar Terlihat Mulus              

1 August 2022
Penyebab Pori-pori Wajah Besar dan Cara Mengecilkannya Agar Terlihat Mulus              
BY Awal Mula

Berbagai masalah wajah kerap mengganggu dan mengurangi rasa percaya diri, salah satunya ketika memiliki pori-pori wajah besar. Berbagai cara mengecilkan pori-pori wajah dilakukan untuk mengatasinya. Namun apa sebenarnya penyebab serta cara tepat mengatasi pori-pori wajah besar ini?

Pori-Pori Besar

Pori-pori merupakan lubang folikel rambut yang terdapat pada permukaan kulit. Pada dasarnya ukuran pori-pori merupakan kondisi genetik yang tidak dapat berubah dengan mudah. Ukuran pori-pori bervariasi setiap etnis, misalkan orang Asia khususnya Asia Timur memiliki lupang pori-pori lebih kecil dibandingkan etnis Negro dan lainnya.

Namun pori-pori wajah ini bisa tampak membesar disebabkan produksi minyak atau sebum berlebih pada wajah. Terutama pada pria yang dapat memproduksi hormon testosterom pemicu sebum lebih banyak dibanding wanita. Faktor lain adalah pertambahan usia yang membuat tampak membesar. Kondisi ini bukanlah hal berbahaya, namun sering kali membuat kurang percaya diri dan mengganggu penampilan.

Baca Juga: Kandungan Skincare Untuk Kulit Kusam

Masalah pori-pori membesar sering terjadi pada area T yakni dahi, hidung dan dagu. Pori-pori besar berisiko memproduksi minyak berlebih, menurunkan elastisitas kulit dan penuaan kulit. Maka perlu dilakukan penanganan yang tepat sesuai dengan penyebabnya.

Penyebab Pori-pori Besar

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan pori-pori membesar. Selain faktor genetik, faktor lainnya harusnya bisa dihindari. Berikut tiga faktor penyebab membesarnya pori-pori wajah:

  • Produksi minyak berlebihan.
  • Penurunan elastisitas kulit seperti penuaan kulit.
  • Penambahan volume folikel rambut atau akar rambut.
  • Penggunaan produk perawatan yang memicu pertumbuhan komedo

Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Agar Terlihat Mulus

Jika Kamu memiliki masalah pori-pori wajah besar, tidak perlu terlalu khawatir sebab ada cara mengecilkan pori-pori wajah yang bisa dilakukan. Namun untuk mendapatkan cara yang tepat, Kamu harus mengetahui penyebabnya. Beberapa cara berikut bisa Kamu coba untuk mengecilkan pori-pori secara alami:

1. Membersihkan wajah secara rutin

Pori-pori dapat terlihat lebih besar disebabkan penyumbatan pori-pori serta kulit berminyak. Maka untuk mengatasinya bisa dengan membersihkan wajah minimal 2 kali sehari. Membersihkan wajah untuk mengatasi pori-pori yang tersumbat serta mengurangi minyak pada wajah. Dengan demikian akan mudah kembali mengecilkan pori-pori secara alami.

Beberapa hal yang dapat dipertimbangkan untuk memaksimalkan hasil mengecilkan pori-pori dengan mencuci wajah. Seperti menggunakan air hangat untuk mencuci wajah, menggunakan handuk atau kain lembut dan gunakan secara perlahan untuk menghindari iritas. Terakhir, pastikan menggunakan sabun wajah atau face wash yang bersifat noncomedogenic dan lembut.

2. Memilih skincare berbahan dasar air

Khususnya bagi yang memiliki masalah kulit berminyak, menggunakan produk perawatan berbahan dasar air sangat disarankan. Hal ini untuk menyeimbangkan kandungan minyak. Skincare yang dapat dipilih yang mengandung humektan seperti madu dan urea tinggi daripada minyak. Sebaliknya hindari produk dengan kandungan petrolatum yang berbasis minyak.

Produk skincare dengan kandungan minyak memang dapat melembapkan kulit. Namun bagi pemilik masalah kulit berminyak, kandungan ini semakin meningkatkan produksi minyak dan dapat menimbulkan pori-pori besar.

3. Lakukan eksfoliasi secara berkala

Kulit mati yang menumpuk dapat menyumbat pori-pori wajah, karenanya penting untuk melakukan eksfoliasi atau melakukan pengelupasan kulit mati. Membuang sel kulit mati dapat membuat permukaan wajah menjadi lebih halus dan pori-pori terlihat lebih kecil.

Membersihkan kulit mati ini bisa dilakukan sendiri, dengan mengusap wajah perlahan. Namun untuk hasil maksimal, Kamu dapat melakukan peeling yang dilakukan oleh dokter atau profesional. Peeling kulit tidak bisa dilakukan terlalu sering, biasanya hanya 3 bulan sekali dalam kondisi kulit normal.

4. Menjaga kelembaban kulit

Menjaga kelembaban kulit wajah dapat menjadi cara mengecilkan pori-pori wajah. Caranya bisa dengan menggunakan pelembab secara rutin. Termasuk jika Kamu memiliki masalah kulit berminyak, menggunakan pelembab dengan kandungan bebas minyak dianjurkan untuk menjaga kulit wajah tetap lembab.

Baca Juga: Perbedaan Toner dan Micellar Water

Selai menggunakan pelembab kulit, mengonsumsi air putih yang cukup juga dapat menjaga kelembapan kulit. Air dapat melembapkan kulit dari dalam, mengeluarkan racun dari pori-pori juga menjaga kesehatan kulit. Menambahkan air lemon dan mentimun dapat membantu kecukupan air.

5. Menggunakan retinol

Retinol biasanya terdapat pada beberapa produk perawatan kulit. Bahan tersebut sangat berguna untuk mengatasi beragam masalah kulit wajah, seperti kulit berminyak, berjerawat dan tidak kendur. Masalah kulit tersebut juga yang kemudian meningkatkan risiko pori-pori wajah menjadi lebih besar.

Menggunakan produk skincare yang mengandung retinol sebelum tidur dapat membantu perbaikan masalah kulit. Kandungan retinol juga efektif melawan tanda-tanda penuaan kulit. Namun perlu perhatian lebih bagi Kamu yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya menggunakan produk dengan retinol untuk pemula.

6. Menggunakan sunscreen

Percuma menggunakan beragam produk perawatan kulit jika tidak menggunakan sunscreen di pagi hari. Sebab sengatan sinar matahari dapat merusak kulit yang menyebabkan kurang kencang atau kendur, maka hasilnya akan membuat pori-pori terlihat besar.

Baca Juga: Memilih Sunscreen Berdasarkan Jenis Kulit

Karena itu, gunakan sunscreen yang melindungi kulit dari UVA dan UVB, serta SPF minimal 30 atau lebih tinggi. Maka tidak masalah Kamu beraktivitas di bawah sinar matahari tanpa khawatir kerusakan kulit.

Itulah penyebab pori-pori membesar dan cara mengecilkan pori-pori wajah agar tetap mulus. Menjaga kesehatan wajah merupakan cara untuk tetap terlihat cantik dan percaya diri.