Cara Menggunakan Minyak Kemiri untuk Rambut Basah dan Kering

8 July 2022
Cara Menggunakan Minyak Kemiri untuk Rambut Basah dan Kering
BY Awal Mula

Manfaat minyak kemiri untuk rambut dapat diperoleh dengan pemakaian teratur. Minyak kemiri dapat menjaga kesehatan kulit kepala dan menutrisi rambut. Berikut cara menggunakan minyak kemiri untuk rambut yang juga aman untuk kulit kepala sensitif.

Tips Memanfaatkan Minyak Kemiri agar Dapat Manfaatnya untuk Rambut

Cara Menggunakan Minyak Kemiri

Minyak kemiri memiliki banyak manfaat untuk rambut, mulai dari mempercepat pertumbuhan rambut, mencegah rambut kering, hingga membuat rambut tampak lebih berkilau. Namun ketahui dulu cara menggunakan minyak kemiri yang benar agar memperoleh manfaat yang maksimal. Berikut cara menggunakan minyak kemiri pada rambut kering maupun basah.

Baca Juga: 17 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut

  • Siapkan minyak kemiri dan mangkuk kecil.
  • Tuang minyak kemiri secukupnya ke mangkuk.
  • Oleskan minyak kemiri dengan tangan dan pastikan sudah mencuci tangan terlebih dahulu.
  • Oles minyak kemiri ke seluruh kulit kepala dan helaian rambut.
  • Gunakan sisir untuk meratakan minyak kemiri hingga ke ujung rambut.
  • Gulung rambut dan ikat dengan cara dikuncir atau menggunakan ikat rambut.
  • Bungkus rambut menggunakan plastik penutup kepala.
  • Diamkan rambut sekitar 1 jam atau sampai 1 malam.
  • Bilas rambut dengan air hangat dan sampo hingga benar-benar bersih.

Dengan cara menggunakan minyak kemiri untuk rambut yang benar seperti ini, khasiatnya pun bisa didapatkan secara optimal. Namun bagi yang memiliki alergi terhadap kemiri sebaiknya berhati-hati saat menggunakannya. Anda bisa mengoleskan sedikit minyak kemiri ke kulit tangan dan lihat ada reaksi alergi atau tidak.

Baca Juga: Kenali Perbedaan Hair Tonic dan Hair Serum

Apabila tidak yakin, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum menggunakan minyak kemiri. Secara umum, minyak kemiri ini cukup aman dan bahkan bisa digunakan untuk kulit kepala yang sensitif.

Cara Menggunakan Minyak Kemiri Untuk Perawatan Rambut

Penggunaan minyak kemiri untuk rambut memiliki beragam khasiat. Bagi Anda yang ingin memiliki rambut sehat dan cantik, gunakan minyak kemiri sebagai salah satu perawatan rambut. Berikut beberapa cara memakai minyak kemiri untuk rambut.

  • Sebagai masker rambut

Cara menggunakan minyak kemiri untuk rambut berikutnya adalah sebagai masker rambut. Khasiat minyak kemiri untuk menutrisi rambut kering, mempercepat pertumbuhan rambut, dan menguatkan rambut dapat diperoleh dengan menggunakan masker rambut dari minyak kemiri.

Anda bisa menggunakannya pada kondisi rambut yang kering. Cukup oleskan minyak kemiri pada seluruh helai rambut dari kulit kepala hingga ujung rambut. Diamkan selama beberapa jam seperti menggunakan masker rambut pada umumnya.

Bisa juga didiamkan selama semalaman untuk hasil yang lebih optimal. Namun jangan lupa gunakan penutup rambut agar tidak mengganggu saat Anda tidur dan tidak mengotori bantal dengan minyak kemiri.

Setelah didiamkan, Anda bisa keramas seperti biasa menggunakan air dan sampo. Bilas hingga bersih dan keringkan menggunakan handuk bersih. Cara pakai minyak kemiri ini bisa menjadi perawatan rambut di rumah yang mudah dan murah.

  • Perawatan sebelum keramas

Jika Anda tidak ingin ribet atau berlama-lama menggunakan minyak kemiri, Anda bisa mencobanya setiap kali sebelum keramas. Minyak kemiri ini dapat digunakan untuk rambut kering sebelum Anda keramas.

Gunakan minyak kemiri dengan cara mengoleskannya pada kulit kepala secara menyeluruh. Oles setiap helai rambut dari akar hingga ujung rambut. Biarkan selama beberapa menit dan kemudian bilas dengan air dan sampo.

  • Perawatan alami pengganti conditioner

Selain sebagai perawatan sebelum keramas, Anda juga bisa menggunakan minyak kemiri sebagai conditioner alami. Gunakan setelah mencuci rambut atau keramas untuk melindungi kelembapan rambut.

Setelah keramas, oleskan minyak kemiri pada rambut yang masih basah dari bagian tengah hingga ujung helai rambut. Sisir rambut untuk meratakan dan merapikan rambut setelah diolesi minyak kemiri.

  • Cara memperoleh manfaat minyak kemiri untuk rambut

Kemiri tidak bisa langsung dikonsumsi mentah karena bisa menjadi racun. Kemiri harus diolah terlebih dahulu untuk bisa memperoleh manfaatnya. Salah satunya adalah mengolah kemiri menjadi minyak kemiri yang bagus untuk kesehatan rambut.

Dimulai dari buah kemiri yang harus dilepaskan dulu dari kulit atau cangkangnya. Setelah biji kemiri bersih, maka bisa diproses untuk mendapatkan minyaknya.

  • Dihaluskan

Biji kemiri diblender atau diparut dan kemudian dimasak hingga minyaknya terpisah. Minyak kemiri dapat disimpan di botol rapat untuk digunakan secara berkala.

  • Dibakar

Biji kemiri dibakar hingga kehitaman dan kemudian dihaluskan. Pisahkan minyak kemiri dari ampasnya dengan saringan dan simpan di wadah yang tertutup.

  • Dipanggang

Bisa juga biji kemiri dipanggang dengan oven sekitar 15 menit. Setelah itu, tumbuh biji kemiri dan masukan ke botol atau toples kaca. Jemur langsung di bawah sinar matahari hingga minyak kemiri keluar dan pisahkan untuk disimpan di kulkas.

Itulah beberapa cara menggunakan minyak kemiri untuk rambut supaya dapat khasiatnya. Jika membutuhkan minyak kemiri, Anda bisa membeli Minyak Kemiri 100ml untuk mendapatkan minyak kemiri dengan kualitas yang bagus.