Inilah Cara Menggunakan Retinol Untuk Pemula

28 October 2022
Inilah Cara Menggunakan Retinol Untuk Pemula
BY Awal Mula

Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan Retinol sebagai produk kecantikan tengah populer. Banyak orang yang sudah membuktikan bahwa khasiat Retinol ini dapat melawan penuaan. Karena hal tersebut, zat Retinol ini dianggap sebagai elemen kunci dan pegangan hidup dalam kosmetik wajah.

Untuk kamu yang masih pemula perhatikan cara penggunaan hingga berbagai tipsnya di bawah ini.

Pengertian Retinol

Sebelum masuk dalam tahapan, kita harus mengetahui dulu apa itu Retinol. Pada dasarnya, Retinol sendiri adalah turunan Vitamin A yang merupakan salah satu nutrisi utama tubuh. Fungsinya adalah untuk meningkatkan pergantian sel di wajah.

Pada dasarnya, Retinol diproduksi secara alami oleh tubuh kita dan dapat membantu dalam meningkatkan pergantian sel, memulai produksi kolagen, sehingga mengurangi garis halus maupun kerutan. Akan tetapi, Retinol juga menjadi dasar atau bahan aktif berbagai produk skincare yang dijual di pasaran.

Selain terkandung di dalam produk skincare, ada juga Retinol yang menjadi serum atau krim kulit khusus. Nantinya, produk tersebut akan dioleskan ke wajah agar dapat manfaatnya.

Cara Menggunakan Retinol

Untuk mengetahui cara menggunakannya, maka kita langsung ke prakteknya dalam menggunakan Retinol. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Pakailah Retinol untuk perawatan kulit hanya pada malam hari sebelum tidur. Hal ini disebabkan manfaat retinol akan lebih terasa jika dibiarkan pada wajah untuk waktu yang lama.
  • Cuci muka dan keringkan dengan handuk bersih, lalu tunggu sekitar 20 menit hingga mengering. Bagian ini merupakan langkah krusial karena jika wajah dibiarkan basah atau lembab saat mengoleskan Retinol, maka bisa terjadi iritasi. Akibatnya kulit akan memerah dan juga mengelupas.
  • Kamu bisa oleskan terlebih dulu krim mata. Tujuannya adalah untuk melindungi kulit halus di sekitar mata. Meskipun begitu, poin satu ini sifatnya hanya opsi saja.
  • Saat kulit wajah sudah kering, maka teteskan krim Retinol ke jarimu seukuran kacang polong. Ukuran tersebut sudah cukup untuk menutupi seluruh wajah. Perlu diperhatikan agar tidak berlebihan dalam menggunakan Retinol. Sebab, bisa memberikan efek kulit kering dan iritasi.
  • Ratakan krim Retinol pada kulit wajah dengan gerakan memutar. Mulai dari dahi , pipi, dagu, dan juga sekitar mata.

Setelah itu, tunggulah hingga 20 menit dan lanjutkan dengan pemakaian produk pelembab.

Jangan lupa juga untuk oleskan sunscreen pada pagi hari setelah pemakaian retinol. Hal itu membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Berbagai Tips Saat Menggunakan Retinol

Walaupun memiliki khasiat, penggunaan Retinol tidak boleh dilakukan sembarangan. Ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan sebagai berikut.

1. Pilih Retinol yang tepat

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pilihlah Retinol yang tepat. Bagian paling utama adalah pilih Retinol yang sesuai dengan jenis kulit. Kamu bisa pilih produk yang mengandung retinyl palmitate jika mempunyai kulit sensitif. Apalagi senyawa ini merupakan kombinasi retinol dengan asam palmitate.

Untuk pemilik kulit berminyak dan berjerawat, sangat disarankan untuk menggunakan adapalene. Sementara itu produk yang menggunakan komponen retinol murni hanya disarankan untuk kamu yang memiliki kulit normal.

2. Jangan Gunakan Retinol Bersamaan dengan Serum Lain

Bagian selanjutnya yang harus diperhatikan adalah jangan gunakan Retinol dengan serum lainnya. Perlu diketahui bahwa Retinol adalah bahan aktif yang cukup keras. Hal tersebut membuat kulit akan terbakar atau bahkah iritasi jika bersamaan dengan produk kecantikan lainnya.

3. Pakai Retinol Secukupnya

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa penggunaan Retinol ini hanya bisa digunakan secukupnya saja. jika menggunakan Retinol secara berlebihan maka bisa memberikan iritasi pada kulit.

Cukup oleskan Retinol pada kulit wajah sebesar ukuran kacang polong. Selain itu, pakailah retinol sekali dalam sehari sesuai dengan petunjuk penggunaan.

4. Tidak menggunakan Retinol Setiap hari

Poin sebelumnya sudah diberikan peringatan bahwa tidak boleh gunakan Retinol terlalu banyak atau digunakan setiap hari. Pada dasarnya, ini adalah aturan untuk pengguna yang masih pemula dan sebaiknya tunggu sekitar 3 hingga 4 hari. Setelah 4 hari, barulah kamu oleskan kembali Retinol seperti biasanya.

Tujuan bagian ini tentu saja mencegah kulit tidak cepat kering dan juga mengelupas. Apalagi untuk pemula perlu adaptasi dengan krim yang satu ini. Setelah kulit wajah terasa sudah biasa, maka tingkatkan penggunaan Retinol secara bertahap. Contohnya dua kali sepekan selama dua minggu.

Setelah itu, tingkatkan lagi menjadi tiga kali dalam tiga minggu. Sampai akhirnya, kamu bisa gunakan Retinol setiap hari. Tentunya ini harus diperhatikan jika ada efek sampingnya.

5. Gunakan Produk Sunscreen

Tips berikutnya yang perlu diperhatikan adalah  jangan lupa menggunakan produk sunscreen atau tabir surya pada pagi hari. Hal itu dilakukan karena Retinol akan membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Maka dari itu, kamu perlu menggunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 setiap pagi.

Demikian cara menggunakan retinol untuk pemula. Semoga Informasi ini bisa memberikan manfaat.

Baca Juga: