Cara Menghilangkan Bau Mulut. Dijamin Ampuh!

12 September 2022
Cara Menghilangkan Bau Mulut. Dijamin Ampuh!
BY Awal Mula

Terkadang orang lain memiliki kondisi bau mulut namun tidak menyadarinya karena sulit mencium bau napas Kamu sendiri bukan? jika Anda memiliki masalah pada bau napas, ketahuilah penyebab dan cara mengatasi bau mulut berikut ini.

Penyebab Bau Mulut

Bakteri adalah penyebab bau mulut yang utama. Saat Kamu makan, terkadang sedikit makanan tersangkut di gigi yang menyebabkan bakteri tumbuh pada potongan makanan ini dan melepaskan senyawa beleran yang berbau busuk.

Selanjutnya, penyebab paling umum bau mulut adalah kebersihan gigi yang buruk dan kurang dijaga. Jika Kamu tidak sering menyikat gigi dan menggunakan benang gigi, bakteri di mulut akan terus tumbuh dan lapisan tipis bakteri yang dikenal sebagai plak akan menumpuk di gigi Kamu.

Baca Juga: Cara Menggunakan Minyak Kemiri Untuk Rambut

Ketika plak tidak dibersihkan setidaknya dua kali sehari, seringkali menghasilkan bau busuk dan menyebabkan hal buruk lainnya seperti kerusakan gigi. Semua makanan yang tersangkut di gigi terutama bawang merah dan bawang putih menjadi makanan yang menyebabkan bau mulut.

Pencernaan makanan ini melepaskan senyawa belerang ke dalam aliran darah dan ketika darah mencapai paru-paru, hal ini akan mempengaruhi pernapasan Kamu. Meskipun lebih dari 90% bau mulut berasal dari mulut, bisa saja terkadang berasal dari hal lainnya di bagian tubuh.

Baca Juga: Cara Memakai Masker Rambut

Misalnya disebabkan oleh refluks asam yang menyebabkan regurgitasi parsial dari cairan yang berasa busuk. Kemungkinan penyebab lainnya termasuk infeksi, komplikasi diabetes, dan gagal ginjal. Program diet tertentu seperti diet keto juga dapat menyebabkan bau napas tertentu.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Beberapa hal ini dapat menghilangkan bau mulut secara alami yang harus dilakukan secara rutin:

1. Rutin menyikat gigi setelah makan

Menyikat gigi setelah makan menjadi hal yang sangat penting untuk menghilangkan bau mulut. Dengan rutin menggosok gigi setelah makan, Kamu menjaga kebersihan gigi dan mulut serta menghilangkan seluruh makanan yang mungkin saja tersangkut di gigi dan menjadi penyebab berkembangnya kuman penyebab bau mulut.

Baca Juga: Perbedaan Hair Tonic dan Hair Serum

2. Menyikat lidah

Lidah menjadi tempat bersarang kuman, untuk itu ketika Kamu menggosok gigi jangan lupa untuk menggosok lidah untuk menghilangkan banyak kuman yang berkumpul. Kegiatan tertentu dapat menyebabkan bakteri semakin berkembang di lidah seperti merokok dan mulut kering sehingga perlu menyikat lidah untuk menghilangkan bakteri penyebab bau mulut.

3. Bersihkan perawatan gigi dan mulut

Untuk Kamu yag suka menggunakan kawat gigi atau bridge, jangan lupa untuk membersihkan keseluruhan bagian gigi untuk menghilangkan bau mulut. Jika Kamu melepaskan alat yang dilepas pasang, bersihkan setiap kali sebelum memasukkannya  ke mulut untuk memastikannya bebas dari bakteri.

4. Ganti sikat gigi secara rutin

Mengganti sikat gigi yang sudah Anda gunakan setidaknya 6 bulan sekali merupakan salah satu cara menghilangkan bau mulut. Sikat gigi yang digunakan terlalu lama dan dalam kondisi kusut, dapat menyebabkan banyak bakteri penyebab bau mulut berkembang.

5. Ubah pola makan

Tahukah Anda bahwa beberapa makanan dapat menyebabkan bau mulut? Untuk itu, ubahlah pola makan Anda untuk mengurangi bau mulut.

Hindari konsumsi bawang putih dan bawang merah karena dapat menyebabkan bau mulut bila tidak dibersihkan dengan baik. Makanan tinggi gula juga sering menyebabkan bau mulut sehingga konsumsi makanan manis perlu dibatasi.

Bahan Alami Penghilang Bau Mulut

1. Peterseli

Peterseli menjadi obat tradisional yang populer untuk mengatasi bau mulut karena memiliki aroma yang segar dan kandungan klorofil yang tinggi sehingga menunjukkan bahwa ia dapat memiliki efek penghilang bau mulut. Studi juga membuktikan bahwa peterseli dapat memerangi senyawa belerang busuk penyebab bau mulut.

2. Jus nanas

Banyak orang pecaya bahwa jus nanas merupakan pengobatan tercepat dan paling efektif untuk mengatasi bau mulut. Minum segelas jus nanas organik setelah makan atau kunyah irisan nanas selama satu hingga dua menit dapat mengurangi bau mulut. Jangan lupa untuk membilas mulut dari gula jus nanas sesudahnya.

3. Air

Kekeringan mulut seringkali  menyebabkan bau mulut sehingga air liur memainkan peranan penting dalam menjaga kebersihan mulut. Tanpa hal ini, bakteri akan berkembang biak di mulut dan menyebabkan bau mulut.

Mulut secara alami akan mengering saat tidur yang menyebabkan bau napas ketika Anda bangun tidur. Cegah mulut kering dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. minum air sepanjang hari akan membantu dalam mendorong produksi air liur.

4. Yoghurt

Yoghurt mengandung bakteri sehat yang disebut dengan lactobacillus yang membantu dalam memerangi bakteri jahat di bagian tubuh seperti usus. Penelitian juga menunjukkan bahwa yoghurt dapat membantu dalam mengurangi bau mulut.

Sebuah penelitian menemukan bahwa setelah enam minggu mengonsumsi yoghurt, 80% partisipan mengalami pengurangan bau mulut. Probiotik dalam yoghurt efektif dalam mengurangi keparahan bau mulut.

Untuk menggunakan yoghurt dalam melawan bakteri penyebab bau mulut, makanlah setidaknya satu porsi tawar yoghurt tawar tanpa lemak per harinya.

5. Susu

Susu menjadi obat yang terkenal untuk mengatasi bau mulut dan sudah dibuktikan berdasarkan penelitian, minum susu setelah makan bawang putih dapat mengurangi bau mulut yang timbul. Minumlah segelas susu rendah atau penuh lemak selama atau setelah makan yang mengandung bau tajam seperti bawang putih dan bawang merah.