Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung Dengan Mudah

6 September 2022
Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung Dengan Mudah
BY Awal Mula

Jerawat menjadi salah satu permasalahan di kulit yang bisa muncul dimana saja termasuk bagian punggung. Jerawat di punggung menjadi salah satu permasalahan yang terkadang sulit diatasi karena sulit dihilangkan. Nah, beberapa cara berikut ini ampuh untuk menghilangkan jerawat di punggung yang harus Kamu cobain!

Penyebab Jerawat Punggung

Tubuh menghasilkan minyak yang disebut dengan sebum yang dibuat di kelenjar yang terhubung dengan folikel rambut. Sebum menggerakkan folikel rambut untuk menambah kelembaban pada kulit dan rambut Kamu.

Jerawat akan terbentuk ketika sebum ekstra dan sel-sel kulit mati menumpuk. Penumpukan ini memblokir pori-pori kulit dan bakteri. Ketika dinding folikel rambut membengkak, hal ini memicu pembentukan jerawat whitehead. Ketika pori-pori tersumbat karena udara, terbentuklah jerawat komedo.

Baca Juga: Perbedaan Purging dan Breakout

Beberapa penyebab umum jerawat punggung adalah genetika yang biasa diturunkan oleh keluarga dengan riwayat penyakit yang sama. Obat-obatan juga memicu jerawat punggung.

Keringat yang terperangkap di bawah pakaian ketat juga dapat memicu pertumbuhan jerawat punggung. Makanan yang dikosumsi juga seringkali dikaitkan dengan munculnya jerawat punggung.

Baca Juga: Ciri-ciri Wajah Breakout, Kamu Wajib Tahu!

Menurut American Academy of Dermatology, ada beberapa bukti bahwa karbohidrat tertentu seperti roti putih dan keripik kentang dapat meningkatkan kadar gula darah serta menyebabkan jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

Dalam kebanyakan kasus, Kamu dapat menghilangkan jerawat punggung dengan mengubah beberapa gaya hidup dan pengobatan rumah. Berikut beberapa cara menghilangkan jerawat punggung yang bisa Kamu coba!

1. Mandi setelah berolahraga

Jangan biarkan keringat dan kotoran menempel di kulit Kamu dengan rutin mandi setelah melakukan aktivitas olahraga rutin. Membiarkan keringat dan kotoran menempel di kulit setelah olahraga menjadi penyumbang terbesar munculnya jerawat punggung.

Baca Juga: Kandungan Skincare Untuk Kulit Wajah Kusam

Mandilah sesegera mungkin setelah berolahraga dan cucilah pakaian olahraga yang bekeringat untuk menghilangkan kuman yang menempel.

2. Eksfoliasi

Gunakan scrub pengelupasan yang lembut dengan bahan-bahan seperti asam salisilat untuk menghilangkan kotoran dan minyak ekstra dari kulit Kamu. Hal ini membantu dalam mengurangi jumlah sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori.

Baca Juga: Cara Memilih Sunscreen Berdasarkan Jenis Kulit

3. Gunakan Pakaian yang Longgar

Kebiasaan berolahraga dengan pakaian ketat dapat mengiritasi jerawat punggung. Pakaian ketat dapat menjebak kotoran dan keringat serta menggosoknya ke dalam pori-pori kulit. Namun jangan berolahraga dengan baju yang terlalu terbuka karena lantai gym yang kotor juga bisa menimbulkan permasalahan yang baru.

Gunakanlah pakaian yang longgar untuk membuat kulit bernapas dan membantu dalam menghilangkan jerawat. Gunakanlah kain yang bernapas dan menghilangkan kelembaban kulit tubuh untuk menghilangkan jerawat punggung.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Pola makan yang tidak sehat dapat mempengaruhi tubuh kita dalam berbagai cara. Jika Kamu rentan terhadap pertumbuhan jerawat, maka makanan tertentu bisa menjadi penyebab utamanya.

Baca Juga: Kriteria Makanan Sehat Yang Baik Untuk Tubuhmu

Penelitian menunjukkan bahwa makanan tinggi indeks glikemik dapat menyebabkan gula darah naik dengan cepat serta memperburuk jerawat. Beberapa makanan yang harus dihindari adalah roti putih, pasta, dan nasi putih.

Makan makanan bergizi dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan yang berdampak untuk kesehatan kulit. Selain meningkatkan kesehatan, makanan tertentu yang mengandung probiotik membantu dalam menjaga kesehatan kulit dengan mendorong pergantian sel lebih cepat dan meningkatkan respons kekebalan.

Makanan kaya nutrisi lainnya seperti protein tanpa lemak, sayuran, dan biji-bijian akan membantu menjaga kesehatan dan fungsi tubuh secara keseluruhan. Makan makanan yang tidak sehat dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang akhirnya menyebabkan peradangan, produksi minyak, dan faktor lain yang berkonstribusi menyebabkan jerawat.

4. Aplikasikan tea tree oil

minyak pohon teh dibut dari pohon di Australia yang sudah banyak digunakan oleh orang Australlia selama bertahun-tahun untuk mengobati berbagai permasalahan di kulit. Saat ini, Kamu dapat menemukan banyak lotion, pembersih, dan krim yang menggunakan bahan tea tree oil sebagai kandungan utamanya.

beberapa studi ilmiah menemukan bahwa bahan ini membantu dalam mengurangi jerawat punggung dengan membunuh bakteri ekstra.

6. Pilih Sunscreen dengan Hati-hati  

Lindungi kulit dari sinar matahari yang dapat merusak kulit jika Kamu mengenakan pakaian terbuka yang menampilkan punggung Kamu. Sunscreen yang berminyak juga berkontribusi dalam menyumbat pori-pori. Pastikan untuk tidak memilih produk yang bebas minyak dan ringan di kulit tubuh.

7. Jauhkan Rambut dari Punggung

Rambut panjang dapat menambahkan minyak dan kotoran ke kulit punggung sehingga menyebabkan munculnya jerawat punggung. Cucilah rambut Kamu secara teratur dan ikat sanggul atau kuncir rambut selama tubuh berkeringat.

Jangan biarkan kondisioner atau sampo mengalir di bagian punggung Kamu. Bahan-bahan dalam produk ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat.

Tetap hidrasi kulit tubuh dengan minum air putih yang cukup untuk membuat kulit lebih mudah terhidrasi dan dapat mengeluarkan racun dari tubuh sehingga menjadikan tubuh lebih sehat.