Yuk, Cobain 6 Jamu Diet yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

12 July 2022
Yuk, Cobain 6 Jamu Diet yang Ampuh Menurunkan Berat Badan
BY Awal Mula

Jamu merupakan salah satu minuman tradisional khas Indonesia yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu penggunaan minuman tradisional ini adalah sebagai jamu diet yang ternyata sudah diteliti oleh para ahli.

Jamu telah menjadi warisan budaya Indonesia secara turun temurun. Hal ini didukung dari kondisi negara yang kaya akan beraneka ragam tumbuhan.

Menurut Riset Tumbuhan Obat dan Jamu pada tahun 2017, Indonesia sendiri memiliki sumber alam hayati yang mencapai 2.848 spesies dari tumbuhan obat dengan 32.014 ramuan obat yang bisa dibuat.

Manfaat jamu untuk diet dan menurunkan berat badan ternyata telah diteliti di Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT), Tawangmangu, Jawa Tengah, yang dimiliki oleh Kementerian Kesehatan Indonesia.

Ramuan jamu yang terdiri dari simplisia daun jati belanda, daun kemuning, akar kelembak, dan daun tempuyung adalah yang diteliti untuk jamu diet ini. Anda mencari jamu diet yang ampuh menurunkan berat badan tanpa olahraga? Ada baiknya mengonsumsi ramuan tradisional yang dibarengi dengan makanan bergizi dan olahraga secara rutin.

Baca Juga: 6 Manfaat Rebusan Kulit Nanas Bagi Tubuh Kamu

Manfaat Jamu Diet

  1. Antiobesitas

Para peneliti di alai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan meracik jamu yang terbuat dari daun jati belanda, daun kemuning, akar kelembak, dan daun tempuyung. Hasil dari penelitian ini menjelaskan kalau keempat bahan tersebut dipilih karena memiliki khasiat dalam mengatasi obesitas. Hasil penelitian mendapatkan temuan kalau jamu tersebut mampu mengurangi berat badan seseorang.

  1. Menurunkan nafsu makan

Minuman herbal atau jamu dengan bahan dasar jahe menurut penelitian yang dilakukan memiliki manfaat untuk diet. Menurut Muhammad S. Mansour dkk dari Institute of Human Nutrition, Columbia University, New York, Amerika Serikat, kandungan dalam jahe bisa meningkatkan thermogenesis dan membuat tubuh mengurangi rasa lapar.

Studi ini disusun dalam artikel yang menunjukkan kalau jahe sebenarnya memiliki potensi dan memiliki banyak manfaat sebagai jamu diet. Namun jenis tumbuhan lainnya diperlukan penelitian lebih dalam.

Baca Juga: Manfaat Air Rebusan Ketumbar, Bisa Turunkan Berat Badan

Daftar Jamu Diet Yang Aman Dikonsumsi

  1. Kunyit Asam

Jamu kunyit asam bukan hal yang asing bagi para wanita. Fungsinya memang untuk menjaga kecantikan dari dalam dan luar tubuh wanita. Begitu juga untuk menurunkan berat badan. Kunyit yang telah dihaluskan kemudian diambil sarinya dan dicampurkan dengan asam jawa akan menghasilkan berbagai manfaat untuk menurunkan berat badan. Walau berat badan berkurang, namun Anda pasti akan tetap merasakan efek tubuh yang bugar setelah mengonsumsinya.

Baca Juga: Daftar Menu Diet Debm Seminggu Untuk Turun Berat Badan!

Selain itu kunyit asam juga mampu mengendalikan nafsu makan, mengeluarkan racun dari dalam tubuh, serta melancarkan metabolisme. Anda bisa mengonsumsi kunyit asam sekali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  1. Daun Sirih dan Temu Kunci

Sama dengan kunyit asam, daun sirih memiliki manfaat dalam menurunkan berat badan. Selain itu, daun sirih memiliki fungsi lain seperti mengatasi bau badan, gatal-gatal, dan detoksifikasi. Sementara temu kunci juga memiliki manfaat dalam menurunkan berat badan dengan cepat. Temu kunci juga biasa dijadikan obat diare, obat keputhan, dan pelangsing tubuh.

Cara membuat jamu ini cukup mudah, Anda hanya perlu menumbuk daun sirih dan rimpang temu kunci. Peras kedua bahan yang telah ditumbuk lalu Anda sudah bisa menikmati minuman ini. Jika dirasa kurang enak, Anda bisa menambahkan madu atau gula jawa. Minumlah jamu diet ini setengah gelas sebanyak dua kali dalam sehari, maka berat badanmu akan turun.

  1. Jamu Galian Singset

Ramuan dari daun jati belanda, manggis, dan kemuning adalah bahan utama dari pembuatan jamu galian singet. Jamu yang satu ini memang dipercayai sejak lama bahwa mampu menurunkan berat badan secara alami.

Bahan yang terkandung di dalamnya berkhasiat untuk menguragi lemak yang ada di sekitar perut dan pinggang. Tak cuma itu, jamu ini juga baik dikonsumsi untuk wanita setelah melahirkan dan ingin memiliki bentuk tubuh seperti sebelumnya. Selain membantu menurunkan berat badan jamu galian singset mampu mengencangkan kulit setelah melahirkan. Sebaiknya konsumsi jamu galian singset sebanyak 2 kali dalam sehari yaitu saat pagi dan akan tidur untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

  1. Jamu Perasan Lemon

Lemon terkenal dengan rasa yang asam dan menyegarkan ini ternyata memiliki manfaat dalam menurunkan berat badan. Apalagi bagi ibu yang sedang menyusui dan pasca melahirkan. Cara membuatnya juga cukup mudah, Anda bisa membuat infused water lemon dan konsumsi di pagi hari.

Lemon sendiri memiliki manfaat untuk mengeluarkan racun dalam tubuh dan mampu meluruhkan lemak tubuh serta melancarkan sistem pencernaan tubuh. Ini karena lemon mengandung vitamin C yang kaya. Untuk menikmati jamu perasan lemon, Anda bisa menikmatinya dengan makanan utama yang tentunya juga sehat dan bergizi.

  1. Jamu Dari Air Jahe dan Madu

Ramuan yang satu ini sangat mudah dibuat sendiri. Walau terbilang sederhana tapi ramuan ini ternyata ampuh dalam menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak dalam tubuh. Air jahe dan madu juga mampu meningkatkan kualitas kesehatan tubuh. Untuk membuatnya Anda cukup menggunakan dua buah jahe yang telah dipotong dengan berat 10 gram kemudian siapkan 200 mg air hangat. Campurkan jahe, air hangat, madu, kemudian aduh hingga rata. Minumlah secara rutin sebanyak tiga kali dalam sehari.

  1. Jamu Jati Cina

Daun jati cina atau jati tiongkok dipercaya mampu menjadi obat herbal dalam menurunkan berat badan. Jamu jati cina ini diyakini sejak lama mampu melangsingkan tubuh karena kaya akan serat dan mampu menghambat penyerapan lemak serta kolesterol.

Namun sebenarnya keefektifan daun jati cina dalam menurunkan berat badan baru terbukti dari yang pernah mengonsumsinya. Secara medis, belum ada penelitian dan uji klinis yang dapat membuktikan keefektifan dan khasiat yang sebenarnya. Terlebih jika Anda mengharapkan jamu diet yang ampuh menurunkan berat badan tanpa olahraga.

Nah, itu dia 6 jamu diet yang bisa Anda coba masukkan dalam program menurunkan berat badan yang sedang Anda jalani. Ingat ya, mengonsumsi jamu ini jika tidak dibarengi dengan makan-makanan yang bergizi maka khasiatnya tidak akan terasa. Anda juga harus konsisten dan rutin dalam mengonsumsi jamu diet supaya dapat hasil yang diinginkan. Selamat mencoba!