Daftar Keripik Sayuran Sehat yang Bisa Kamu Konsumsi

24 June 2022
Daftar Keripik Sayuran Sehat yang Bisa Kamu Konsumsi
BY Awal Mula

Kamu yang ingin ngemil tapi tetap ingin sehat bisa coba konsumsi keripik sayuran sehat. Selain sehat, camilan ini juga enak, sehingga dijamin membuatmu ingin terus mengkonsumsinya.

Keripik sayuran sehat sendiri kini sudah tersedia dalam berbagai jenis. Adapun beberapa diantaranya adalah:

1. Keripik Kentang

Jenis keripik sayuran ini pasti sudah kamu kenal. Keripik ini banyak digemari karena rasanya yang gurih. Saat ini, sudah ada beberapa produsen kentang goreng dengan proses pembuatan tanpa minyak, sehingga membuat keripik kentangnya jadi lebih sehat. Jenis keripik ini punya kandungan polifenol asam klorogenik yang membantu melawan radikal bebas, menurunkan kolesterol, serta mencegah kanker.

Baca Juga: Kenali Kriteria Makanan Sehat Untuk Tubuhmu

2. Keripik Bayam

Selain keripik kentang, keripik satu ini juga tak kalah populer. Kamu yang kurang suka bayam dalam bentuk olahan sayur bisa mencoba keripik satu ini. Bayam sendiri dikenal dengan kandungan gizinya yang kaya.

Baca Juga: Manfaat Rebusan Kulit Nanas

Adapun salah satunya adalah vitamin A. Kandungan gizi ini bisa membantu menjaga kesehatan matamu. Selain membelinya di toko atau supermarket, kamu juga bisa membuat keripik ini di rumah.

Untuk membuatnya, kamu bisa potong terlebih dulu daun bayam menjadi agak kecil. Habis itu, lumuri dengan adonan tepung terigu encer dan kemudian digoreng. Jika kamu tidak ingin menggorengnya dengan minyak, kamu bisa gunakan vacum frying.

3. Keripik Terong

Siapa sangka kalau terong yang biasa diolah balado rupanya juga bisa dijadikan keripik. Kandungan gizi pada terong juga banyak seperti bayam, sehingga kamu bisa menjadikan keripik terong sebagai camilan.

Kamu pun juga bisa membuatnya sendiri jika malas membelinya dari luar. Cara membuatnya cukup mudah. Kamu potong dulu terongnya hingga membentuk lembaran tipis. Habis itu panggang ke dalam oven dan tunggu sampai matang.

3. Keripik Kale

Bayam bukan satu-satunya sayuran hijau yang bisa dijadikan keripik sayur. Kale juga menjadi sayuran hijau lainnya yang bisa dijadikan keripik. Keripik kale sendiri bisa menjadi alternatif untukmu yang mau mendapatkan manfaat kale tapi malas mengolahnya menjadi olahan sayur.

4. Keripik Brokoli

Kamu pasti tidak menyangka kalau brokoli rupanya bisa dijadikan keripik. Brokoli sendiri dikenal sebagai sayuran yang punya beragam manfaat, salah satunya adalah menjaga kesehatan jantung.

Seperti beberapa jenis keripik lainnya, keripik brokoli juga bisa kamu buat sendiri di rumah. Untuk membuatnya, kamu bisa merendam brokolinya dalam air garam selama beberapa saat. Selama brokoli berada dalam rendaman air garam, kamu bisa membuat adonan tepung untuk keripik brokoli.

Adonan itu dibuat dengan cara mencampurkan tepung beras dan tepung bumbu. Setelah itu, bagi adonan itu menjadi dua, yaitu adonan tepung kering dan basah. Khusus untuk yang basah, kamu harus mencampurkan air ke dalamnya.

Keluarkan brokoli dari rendaman air garam. Setelah itu, masukkan brokoli ke dalam adonan tepung basah, kemudian baru masukkan ke dalam adonan tepung kering. Goreng brokoli sampai kuning keemasan, lalu tiriskan.

5. Keripik Wortel

Salah satu komponen pada sayur sop ini rupanya bisa dijadikan keripik. Kamu sendiri bisa membuatnya di rumah. Caranya, iris dulu wortelnya sampai tipis lalu jemur sampai kandungan airnya berkurang.

Selama wortel masih dijemur, kamu bisa buat dulu adonan keripiknya. Adapun caranya adalah dengan mencampur kocokan telur, lada, garam, bawang putih, tepung beras, tepung kanji, dan air. Aduk semua campuran bahan itu sampai teksturnya cair. Setelah wortel kering, kamu bisa membaluri wortelnya dengan adonan. Setelah itu, kamu bisa menggorengnya di dalam vacuum frying hingga matang.

Walau diolah menjadi keripik, kamu masih bisa mendapatkan manfaat dari wortel. Salah satunya tentu vitamin A yang baik bagi kesehatan mata

6. Keripik Kacang Panjang

Kacang panjang adalah salah satu jenis sayuran yang punya tekstur gurih. Maka dari itu, sayuran ini pun bisa dijadikan keripik. Walau sudah dijadikan keripik, kamu masih bisa mendapatkan manfaat dari sayuran ini.

Jika ingin membuatnya sendiri, kamu bisa memotong sayuran ini menjadi beberapa bagian. Habis itu, buatlah adonan tepung basah dan kering dengan cara mencampurkan tepung beras, tepung bumbu, dan air.

Sebelum dimasukkan ke dalam adonan tepung basah dan kering, kamu harus taburkan garam ke atas potongan kacang panjang. Barulah setelahnya masukkan ke dalam adonan tepung dan goreng di vacuum frying.

7. Keripik Tomat

Tomat adalah salah satu jenis sayuran serba guna. Tidak hanya bisa dijadikan olahan sayur dan jus, sayuran ini juga bisa dijadikan keripik sayuran sehat. Cara membuat keripik sayuran ini sendiri mirip dengan jenis keripik sayuran lainnya. Namun, jika ingin cita rasa keripiknya jadi makin enak, kamu bisa memasukkan keju parmesan dalam adonan keripiknya.

Akhir Kata

Keripik sayuran sehat bisa menjadi pilihan buatmu yang mau camilan enak dan sehat. Jenis keripik sayuran sendiri sudah banyak di pasaran, dimana beberapa diantaranya sudah kami sebutkan disini. Kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah jika malas membelinya.

Semoga artikel ini bisa menjadi referensi untukmu yang sedang mencari camilan sehat. Sampai ketemu di artikel kami berikutnya!