Daftar Makanan Penurun Gula Darah Yang Efektif

25 November 2022
Daftar Makanan Penurun Gula Darah Yang Efektif
BY Awal Mula
makanan penurun gula darah

Makanan penurun gula darah sangat cocok untuk kamu yang mengalami diabetes. Pada dasarnya, ada banyak faktor saat seseorang terkena penyakit diabetes. Contohnya seperti berat badan, aktivitas, stres, hingga genetika. Selain itu, faktor lainnya yang dapat memicu kenaikan gula darah adalah makanan.

Hal tersebut membuat kita harus hati-hati dalam memilih makanan jika tidak ingin terkena diabetes. Ternyata, cukup banyak jenis makanan yang dapat menurunkan gula darah. Untuk mengetahuinya, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Brokoli

Makanan penurun gula darah pertama yang bisa kamu coba adalah brokoli. Di dalam sayuran ini terkandung sulforaphane, yakni jenis isothiocyanate yang mempunyai sifat penurun gula darah. Zat Sulforaphane ini dihasilkan ketika brokoli dicincang atau dikunyah. Sebab, terdapat reaksi antara senyawa glukosinolat yang disebut glucoraphanin serta enzyme myrosinase. Kedua zat tersebut terkonsentrasi pada brokoli.

Sementara kecambah brokoli adalah sumber glukosinolat terkonsentrasi seperti glucoraphanin. Hal itu terbukti dapat membantu dalam meningkatkan sensitivitas insulin. Bahkan, dapat mengurangi kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2 saat diekstrak. Kamu bisa makan brokoli dengan cara dikukus untuk mendapatkan khasiatnya.

2. Labu

Labu juga termasuk ke dalam salah satu jenis makanan penurun gula darah yang efektif. Makanan ini mengandung serat dan antioksidan sehingga dapat mengatur gula darah. Bahkan, labu juga digunakan sebagai obat diabetes tradisional di berbagai banyak negara, Contohnya seperti Meksiko dan Iran.

Buah labu juga sangat kaya dengan karbohidrat yang disebut dengan polisakarida. Kandungan tersebut memiliki potensi dalam mengatur gula darah. Dengan perawatan yang lebih ekstrak dan bubuk labunya sudah terbukti menurunkan kadar gula darah. Untuk biji labu terdapat lemak dan juga protein sehat. Hal itu menjadikannya pilihan yang baik untuk mengontrol gula darah.

3. Apel

Di dalam buah apel terkandung serat larut dan senyawa tanaman seperti quercetin, asam klorogenat, dan asam galat. Semua zat tersebut dapat membantu dalam mengurangi gula darah dan juga diabetes.

Berdasarkan Journal of The BMJ, asupan buah-buahan tertentu yang lebih tinggi, terutama blueberry, anggur, dan apel, dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang jauh lebih rendah. Bahkan, dalam penelitian pun menunjukan bahwa makan apel 30 menit sebelum makan nasi bisa mengurangi gula darah setelah makan.

4. Berbagai Makanan Laut

Jenis-jenis makanan laut seperti ikan dan kerang menawarkan berbagai nutrisi seperti protein, lemak sehat, vitamin, mineral, hingga antioksidan. Tentunya semua nutrisi tersebut dapat membantu dalam mengatur kadar gula darah.

Kandungan protein sangat penting untuk mengontrol gula darah. Sebab, dapat membantu dalam memperlambat pencernaan dan mencegah lonjakan gula darah usai makan.  Bahkan, zat protein di dalam makanan laut juga bisa membantu dalam pencegahan makan berlebihan. Efek tersebut sangat penting untuk kadar gula darah yang sangat sehat.

5. Kacang-kacangan

Dari beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kacang-kacangan bisa menjadi cara efektif untuk membantu dalam penurunan gula darah. Dikutip dari Nutrients, ada penelitian yang melibatkan 25 orang dengan diabetes tipe 2. Saat mengonsumsi kacang dan almond sepanjang hari, terjadi pengurangan kadar gula darah puasa dan juga pasca makan.

Ada juga tinjauan dari Public Library of Science. Di dalamnya menemukan bahwa diet yang menekankan kacang pohon pada asupan harian rata-rata 2 ons atau 56 gram dapat mengurangi gula darah puasa dan hemoglobin A1c atau HbA1c.

6. Telur

Telur sudah lama dianggap sebagai salah satu makanan yang memiliki banyak nutrisi. Bahkan, mengonsumsi telur ternyata dapat menurunkan gula darah. Klaim tersebut juga didukung oleh penelitian dalam lama U.S National Library of Medicine.

Di dalam penelitian tersebut dikumpulkan orang dewasa sebanyak 42 orang. Kondisinya sudah mengalami obesitas dan prediabetes atau diabetes tipe 2. Mereka pun makan telur dan menunjukan adanya efek. Saat makan satu telur besar perhari, terjadi penurunan gula darah yang signifikan, yakni sebesar 4,4%.

Bahkan, ada juga peningkatan sensitivitas insulin dibandingkan dengan makanan lain pengganti telur. Dengan begitu, bisa dikatakan bahwa telur juga termasuk salah satu makanan penurun gula darah yang cukup efektif.

Demikian daftar makanan penurun gula darah yang sangat efektif. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat.

Artikel Terkait Lainnya: