Daftar Makanan Sehat untuk Kamu yang Menghindari Gluten

7 February 2022
Daftar Makanan Sehat untuk Kamu yang Menghindari Gluten
BY Awal Mula

Kawan Mula pasti sudah tidak asing lagi kan dengan istilah “Gluten-Free”? Untuk kamu yang belum mengerti apa itu , yuk kita bahas dari paling dasarnya. Gluten itu sendiri adalah protein yang ditemukan pada tepung dan beberapa jenis gandum lain. Gluten ini berfungsi untuk membuat makanan mempertahankan bentuknya dengan memberikan tekstur kenyal dan elastis pada adonan. Walaupun cenderung aman untuk dikonsumsi bagi banyak orang, namun untuk mereka yang memiliki penyakit celiac atau alergi perlu untuk menghindari konsumsi makanan yang mengandung gluten.

Lalu, apa sih “Gluten-Free” itu?

Gluten-Free adalah pola makan yang mengonsumsi makanan tanpa gluten. Pola makan gluten-free ini biasa dilakukan oleh mereka yang memiliki penyakit celiac, yaitu kondisi dimana gluten dapat memicu aktivitas sistem imun yang merusak kerja usus kecil. Penyakit celiac juga disebut sebagai kelainan autoimun. Selain karena penyakit celiac atau alergi, gluten-free ini juga mulai terkenal di kalangan orang-orang yang ingin menurunkan berat badan dan juga untuk meningkatkan kesehatan.

Makanan apa yang boleh dikonsumsi?

Bila Kawan Mula ingin mencoba atau sedang menjalankan pola makan gluten-free, kalian perlu memperhatikan pilihan makanan kalian ya, mulai dari bahan hingga kandungan nutrisinya. Biji-bijian bebas gluten pun terkadang dapat terkontaminasi oleh gluten, terutama bila mereka diproses dalam pabrik yang sama dengan produk yang mengandung gluten, sehingga dapat menyebabkan kontaminasi silang atau cross-contamination. Jadi, pastikan bahwa produk yang kalian beli sudah tersertifikasi atau terlabel “Gluten-Free”. Nah, inilah daftar makanan yang aman untuk dikonsumsi dan bebas gluten.

  1. Biji-bijian

 Sejumlah biji-bijian  mengandung gluten, tetapi ada diantaranya yang secara alami gluten-free. Biji-bijian yang tidak mengandung gluten adalah quinoa, beras cokelat, buckwheat, sorghum, millet,  tapioka, dan umbi garut. Untuk kalian yang mengidap penyakit celiac atau alergi, hindarilah makanan yang mengandung gandum, gandum hitam, barley atau jelai.

Berhati-hatilah saat mengonsumsi roti, biskuit, pasta, hingga sereal karena produk-produk tersebut banyak seringkali menggunakan bahan yang mengandung gluten. Pastikan kalian membeli produk yang memang sudah terlabel “Gluten-Free” ya!

  1. Buah-buahan dan Sayuran

Semua buah dan sayur sebenarnya secara alami sudah gluten-free. Namun, ada beberapa buah dan sayur yang diproses (buah dan sayur kalengan, buah dan sayur beku, buah dan sayur yang dikeringkan) sehingga mungkin mengandung gluten. Bahan mengandung gluten yang kemungkinan ditambahkan pada buah dan sayur yang diproses adalah protein gandum yang dihidrolisis, tepung pati yang dimodifikasi, malt, dan matodextrin.

Inilah buah-buahan gluten-free yang aman untuk dikonsumsi: Jeruk, jeruk bali, pisang, apel, berry, persik, pir. Sayuran bebas gluten: Brokoli, kembang kol, bayam, kale. Sayuran bertepung seperti kentang, jagung, dan squash. Selain itu, Paprika, jamur, wortel, bawang bombay, kacang hijau juga aman untuk dikonsumsi.

  1. Protein

Makanan yang mengandung protein, termasuk protein hewani dan nabati kebanyakan gluten-free. Namun, bila kamu alergi dan ingin memasak, pastikan kamu tidak menggunakan kecap, tepung, dan cuka malt sebagai pelengkap ya, karena dapat memicu alergi.

Nah, berikut adalah daftar sumber protein yang gluten-free: Legume (kacang, lentil, ;kacang tanah); biji-bijian dan kacang-kacangan; daging merah (sapi, babi, domba), unggas (ayam, kalkun); seafood (ikan, kerang); makanan dari kacang kedelai (tahu, tempe). Eits, berhati-hati juga saat mengonsumsi daging olahan ya karena bisa jadi sudah tercampur bahan yang mengandung gluten.

  1. Produk Olahan Susu

Produk yang berbahan dasar susu biasanya bebas gluten, Kawan Mula. Namun, produk yang sudah diberi bahan tambahan harus dicek ulang ya apakah mereka benar-benar gluten-freen. Nah, ini dia produk olahan susu yang aman untuk dikonsumsi dan gluten-free: Susu, butter, keju, krim, sour cream, yogurt, keju cottage. Konsumsilah susu atau produk olahan susu lain yang alami tanpa tambahan perasa atau pengawet ya, supaya lebih  aman dikonsumsi.

Itu dia beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk kamu yang menjalani pola makan gluten-free. Pastikan produk yang kamu beli sudah aman bahan-bahannya dan terlabel “Gluten-Free” ya. Kamu bisa dapatkan berbagai produk gluten-free di awalmula.co.id loh!