Daftar Minuman Tinggi Serat Dengan Bahan Alami

21 November 2022
Daftar Minuman Tinggi Serat Dengan Bahan Alami
BY Awal Mula
daftar minuman tinggi serat

Mengonsumsi makanan dan minuman tinggi serat dengan teratur bisa memberikan banyak manfaat pada tubuh. Kandungan serat mampu melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan usus, menurunkan kadar kolesterol dan gula darah, dan serta membantu dalam menjaga berat badan agar tetap ideal.

Jika kamu kesulitan dalam mengonsumsi makanan yang tinggi serat, maka bisa menggantinya dengan membuat minuman tinggi serat. Tentunya bisa bermacam-macam dari sayuran hijau maupun buah-buahan.

Untuk mengetahui apa saja daftar minuman tinggi serat dengan bahan alami, simak ulasannya di bawah ini.

1. Jus Plum Kering

Minuman tinggi serat pertama yang bisa kamu coba adalah Jus Plum Kering. Buah plum baik sebelum atau sudah dikeringkan sangat dikenal mengandung serat yang tinggi. Plum juga mengandung sorbitol, magnesium, dan juga kalium yang dapat membantu dalam peningkatan kinerja usus besar sehingga buang air besar bisa selalu lancar.

Untuk  cara membuat minuman dari buah plum ini cukup mudah. Pertama-tama siapkan 300 gram plum kering dan dua liter air. Lalu panaskan air yang sudah dimasukan plum kering dengan api sedang. Setelah mendidih, kecilkan api, tutup, dan biarkan mendidih selama dua menit.

Plum yang sudah direbus beserta airnya dimasukan ke dalam blender dan haluskan. Kamu bisa menambahkan gula atau madu sesuai selera. Tuang jus plum kering ke dalam botol dan simpan pada lemari es agar lebih lezat. Jika ingin menambahkan ekstra serat, kamu bisa gunakan bayam dan secangkir timun ke dalam campuran plum dan blender hingga halus.

2. Jus Lemon

Berikutnya ada Jus lemon yang juga termasuk ke dalam jenis minuman tinggi serat. Selain kaya dengan Vitamin C dan antioksidan, lemon juga sangat tinggi dengan serat. Minum air lemon sangat ampuh untuk mengatasi sembelit. Bahkan, jus lemon ini bisa mencegah tubuh dehidrasi.

Untuk dapat membuat air lemon, campurkan perasan buah lemon ke dalam segelas air hangat. Kamu bisa tambahkan sedikit madu jika ingin menetralisir rasa asamnya. Jus Lemon sangat baik diminum di malam hari atau di pagi hari usai bangun tidur.

Jika kamu lebih suka minuman jus, masukan air perasan lemon bersama dengan madu dan es batu ke dalam blender. Jus lemon segar dan menyehatkan siap jadi minuman tinggi serat.

3. Jus Apel

Jus Apel juga termasuk ke dalam minuman tinggi serat yang bisa kamu coba. Pada dasarnya, buah apel memang dikenal sebagai salah satu buah tinggi serat yang dapat menyehatkan dan mampu melancarkan pencernaan. Satu buah apel berukuran sedang terdapat 2,6 gram serat. Buah apel juga menyediakan Vitamin C, Kalsium, dan Vitamin A.

Pada buah apel ini terdapat kandungan pektin, yakni serat larut dalam apel. Kandungan tersebut juga sangat berguna dalam meningkatkan pergerakan usus besar. Namun, pada orang yang memiliki usus sensitif, mengkonsumsi jus apel terlalu banyak malah dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut.

Tidak jauh berbeda dengan pembuatan jus buah lainnya, kamu bisa memblender apel dengan tambahan air dan madu atau es batu sesuai selera. Untuk dapat memaksimalkan kandungan serat, haluskan apel bersama dengan kulitnya dan pastikan sudah dicuci bersih.

4. Smoothie Pisang

Berikutnya ada minuman tinggi serat yang bernama Smoothie Pisang. Untuk satu buah pisang ini rata-rata mengandung 1.9 gram serat. Buah yang berwarna kuning dengan rasa manis ini sangat lezat dimakan langsung. Selain itu, pisang juga bisa dijadikan sebuah minuman seperti smoothie ini.

Untuk pembuatannya juga cukup mudah. Masukan dua buah pisang ke dalam blender. Lalu, tambahkan irisan almond dan gandum utuh untuk menambah kandungan serat. Selanjutnya adalah haluskan dengan 1 setengah cangkir susu dan es. Smoothie Pisang siap disajikan.

5. Smoothie Buah Beri

Terakhir ada Smoothie Buah beri yang juga termasuk minuman tinggi serat. Kelompok buah beri seperti Raspberry, Blueberry, dan Strawberry mengandung serat yang sangat tinggi. secangkir Raspberry segar mengandung 8 gram serat pada tubuh. Rasanya yang enak membuat buah-buahan ini nikmat untuk dimakan langsung atau dibuat smoothie.

Cara pembuatannya adalah sebagai berikut. Campurkan satu seperempat cangkir strawberry dengan apel dan pir untuk menambah cita rasa. Kemudian, blender dengan susu dan es batu. Lalu Taburkan Raspberry dan Chia seed untuk menambah kandungan serat.

Demikian daftar minuman tinggi serat dengan bahan alami. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Artikel Terkait Lainnya: