6 Produk Ramah Lingkungan (Eco-Friendly) Yang Wajib Dicoba

22 February 2022
6 Produk Ramah Lingkungan (Eco-Friendly) Yang Wajib Dicoba
BY Awal Mula

Produk ramah lingkungan (eco-friendly) adalah sebuah produk yang memanfaatkan bahan-bahan yang bisa didaur ulang dan tidak mengandung bahan kimiawi berbahaya. 

Untuk memudahkan masyarakat umum, maka biasanya di setiap negara digunakanlah pelabelan yang diberi nama ecolabelling. Ecolabelling berupa pemberian logo yang tercetak pada produk yang bersangkutan. Lantas, apa saja sih produk ramah lingkungan yang tanpa sadar ada disekitar Kawan Mula? Simak artikel ini ya!

Produk Ramah Lingkungan (Eco Friendly)

1. Alat Makan dari Kayu

Menggunakan alat makan dan masak dari bahan kayu tentunya akan lebih baik untuk lingkungan karena termasuk produk ramah lingkungan atau eco – friendly. Alat makan dari bahan kayu akan lebih mudah diurai setelah tidak terpakai. Selain itu, proses pembuatan pun tidak menimbulkan banyak polusi.

2. Sedotan Stainless Steel

Proses penguraian plastik memakan waktu yang sangat lama, sehingga akan menumpuk dalam beberapa tahun setelah dibuang. Tak hanya itu, pembuatan plastik juga akan menghasilkan zat-zat karsinogenik, yang dapat merusak lingkungan dan neurotoksik ke atmosfer.

Nah, sedotan stainless steel dapat digunakan kembali dan juga tahan lama jika dirawat dengan baik. Selain itu, stainless steel juga tidak melepaskan bahan kimia dan tidak berinteraksi dengan produk makanan atau minuman yang dikonsumsi.

3. Mengurangi Penggunaan Plastik

Setiap belanja sebisa mungkin mengurangi penggunaan plastik kresek karena berbahaya bagi kesehatan. Jangan lupa membawa tas belanja yang terbuat dari kain atau beralih menggunakan plastik ramah lingkungan.

4. Wadah Makanan Non – Plastik

Wadah makanan non - plastik yang terbuat dari kaca memiliki masa pakai 3,5 kali lipat lebih lama dibandingkan plastik dan dapat didaur ulang saat dibuang sehingga mengurangi dampak negatif lingkungan dari sampah plastik.

5. Loofah untuk mencuci piring

Loofah adalah produk ramah lingkungan yang dibuat dari sayur oyong. Setelah dikeringkan, teksturnya menjadi kuat dan sedikit kasar. Dengan teksturnya yang demikian, masyarakat pun mulai menggunakannya sebagai pengganti spons cuci piring biasa yang sulit terurai.

Produk ramah lingkungan ini mudah terurai karena berasal dari bahan alami. Bentuk dari produk ramah lingkungan ini cukup panjang sehingga kamu perlu memotongnya dalam beberapa bagian supaya pemakaiannya lebih efisien. Jangan lupa untuk menjemurnya usai penggunaan supaya bakteri tidak berkembang biak.

6. Tumbler atau Botol Minum

Daripada Kawan Mula membeli air minum dalam kemasan, lebih baik Kawan Mula membawa air minum sendiri dari rumah menggunakan produk ramah lingkungan berupa tumbler atau botol. Akan tetapi, pastikan menggunakan botol minum khusus dan bukan botol plastik air mineral ya!