5 Contoh Kartu Ucapan Lebaran yang Kreatif dan Mudah Dibuat

27 April 2022
5 Contoh Kartu Ucapan Lebaran yang Kreatif dan Mudah Dibuat
BY Awal Mula

Hari Raya Idul Fitri merupakan momen penting bagi umat Islam di setiap tahunnya. Untuk itu, memberi selamat atau ucapan dapat menunjukkan rasa persatuan atau dukungan pada hari istimewa tersebut. Jika Kawan Mula hendak mengucapkan selamat Idul Fitri, kamu bisa menyampaikannya secara langsung atau menuliskannya dalam kartu ucapan. Di artikel ini, Awal Mula akan membagikan 5 contoh kartu ucapan lebaran yang bisa kamu ikuti.

Ide Kartu Ucapan Lebaran Kreatif yang Bisa Dicoba

Apabila Kawan Mula ingin membuat kartu ucapan Idul Fitri DIY atau menggunakan template, kamu bisa menggunakan ide kartu lebaran berikut ini:

1. Kartu Idul Fitri Sederhana

ide kartu ucapan lebaran

Kamu bisa membuat kartu ucapan lebaran dan desain sederhana dengan tulisan "Idul Fitri" di bagian mana saja pada kartu. Kamu dapat menemukan banyak template untuk kartu semacam itu di situs online. Jika kamu ingin mendesainnya sendiri, kamu bisa mendapatkan inspirasi dari situs seperti Pinterest atau Etsy. 

Baca Juga: Ide Kue Kering Bebas Gluten Buat Hampers

Biasanya, orang akan membuat desain Arab atau bulan sabit dalam bentuk yang berbeda-beda. Dari situ, kamu bisa menambahkan sedikit kreativitas dengan menggunakan berbagai gaya seni. Kamu bisa melihat situs-situs seperti Behance untuk mempelajari tentang gaya seni yang bisa digunakan. Kemudian gunakan pembuat grafis sederhana seperti Pixelied untuk membuat desain sendiri.

2. Kartu Idul Fitri Bentuk Pop Up

kartu ucapan lebaran

Jika kamu ingin membuat kartu DIY yang akan di berikan secara langsung, kamu bisa memilih kartu pop-up. Singkatnya, kartu pop up adalah bentuk kartu yang ketika di buka akan memunculkan objek timbul (bentuk tiga dimensi). Salah satu ide unik kartu lebaran pop yang bisa dibuat, yaitu membuat pop up bulan sabit dengan ucapan Idul Fitri. 

3. Kartu Lebaran dengan Font Minimalis

contoh kartu ucapan lebaran minimalis

Jika kamu ingin kartu tetap terlihat sederhana, profesional, dan lugas, kamu bisa mendesain latar belakang kartu ucapan lebaran dengan menggunakan font minimalis.

Baca Juga: Ide Hampers Lebaran Untuk Mertua yang Menarik

Ketika kamu menggunakan font minimalis, selain terlihat bagus, hal itu juga dapat membantu kamu ketika kesulitan untuk mendesain kartu yang rumit. Menggunakan font minimalis pada kartu Idul Fitri merupakan cara yang tepat untuk membuat kartu lebaran dengan cepat.

4. Kartu Lebaran dengan GIF atau Meme

Apabila kamu ingin membuat kartu ucapan selamat Idul Fitri yang berbeda dan unik, kamu bisa menggunakan GIF. Untuk menemukan GIF, kamu bisa mengunjungi situs GIF.

Kemudian menggunakannya di kartu yang akan dibuat untuk membuat tampilannya menjadi unik. Situs GIF yang bisa kamu kunjungi salah satunya adalah Giphy. Di sana ada banyak koleksi GIF yang bisa digunakan.

Baca Juga: Contoh Kalimat Ucapan Buat Hampers

Selain GIF, kamu juga bisa menggunakan gambar meme untuk mencairkan suasana. Kawan Mula bisa mendesain meme sendiri atau memilih salah satu meme dari internet. Kemudian memasukkannya ke dalam kartu lebaran kamu.

5. Kartu Ucapan dengan Animasi 2D

Ingin mengirimkan kartu ucapan secara online dan kamu punya waktu untuk membuatnya? Kamu bisa mencoba untuk membuat kartu ucapan lebaran dengan animasi 2D. 

Ada beberapa layanan e-card online gratis seperti SmileBox yang bisa kamu coba untuk mendesain e-card animasi. Ketika membuat e-card animasi, kamu bisa memasukkan animasi 2D seperti bulan sabit, lentera sekolah tua yang menyala, dan lainnya. 

Nah, itulah lima contoh kartu ucapan lebaran yang unik, kreatif, dan mudah untuk dibuat sendiri.