Kenali Diet Sirtfood, Cara Cepat Adele untuk Turunkan Berat Badan

27 June 2022
Kenali Diet Sirtfood, Cara Cepat Adele untuk Turunkan Berat Badan
BY Awal Mula

Menurunkan berat badan dengan diet merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan seseorang, contohnya adalah diet sirtfood atau terkanal juga dengan sebutan diet adele. Diet satu ini populer ketika Adele penyanyi asal Inggris sukses menurunkan berat badannya dengan menjalani diet ini. Tertarik untuk mencoba diet satu ini? Yuk, simak pembahasan lengkap mengenai diet sirtfood di artikel ini!

Apa itu Diet Sirtfood?

Sirtfood diet adalah pola makan yang menerapkan konsumsi makanan tinggi sirtuin dan membatasi kalori. Sirtuin dipercaya dapat melindungi sel-sel dalam tubuh agar tidak mati saat sedang stres dan dipercaya dapat mengatur peradangan, metabolisme, dan proses penuaan.

Selain itu, diperkirakan bahwa sirtuin dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk membakar lemak dan meningkatkan metabolisme, menghasilkan penurunan berat badan sambil mempertahankan otot.

Baca Juga: 5 Kriteria Makanan Sehat yang Baik Untuk Tubuhmu!

Tubuh manusia pada dasarnya memiliki sirtuin. Namun, senyawa tersebut juga dapat ditemukan pada tumbuhan atau makanan yang dapat meningkatkan senyawa sirtuin pada tubuh. Konsumsi makanan yang mengandung sirtuin ini yang kemudian disebut dengan sirtfood. Orang yang menjalani diet ini dianjur untuk mengonsumsi makanan yang mengandung senyawa sirtuin. 

Diet ini terbagi ke dalam dua fase yang totalnya berlangsung selama tiga minggu. Ketika menjalani diet ini, kamu perlu membatasi kalori yang masuk dan mengonsumsi menu makanan atau jus yang diolah dari makanan sirtuin.

Metode & Cara Melakukan Diet Sirtfood

Setelah mengetahui pengertian diet sirtfood. Berikut ini fase diet sirtfood dan panduan menjalani diet sirtfood yang tepat dan bisa kamu lakukan:

Fase pertama untuk diet sirtfood

Untuk fase pertama ini berlangsung selama tujuh hari dan dibagi menjadi dua waktu, yaitu tiga hari awal dan empat hari akhir. Untuk fase awal diet, asupan kalori harian yang bisa dikonsumsi maksimal 1.000 kalori. Jumlah tersebut dapat dipenuhi dengan cara konsumsi tiga gelas jus hijau dan makanan dari olahan sirtfood sehari sekali. 

Setelah itu, pada hari keempat sampai ketujuh asupan kalori harian bisa ditingkatkan menjadi 1.500 kalori yang diperoleh dengan cara minum dua gelas jus hijau dan makan olahan sirtfood sebanyak dua kali sehari. Dengan membatasi asupan kalori pada fase pertama dianggap mampu menurunkan berat badan dengan cepat. 

Fase kedua untuk diet sirtfood

Setelah menjalani fase pertama selama seminggu, kemudian masuk ke fase kedua di mana kamu akan menurunkan berat badan secara lebih konsisten. Pada fase ini, tidak ada batasan asupan kalori yang masuk secara spesifik. Namun, Kawan Mula perlu mengonsumsi beberapa menu diet yang diolah dari makanan sirtfood sebanyak tiga kali sekaligus minum segelas jus hijau setiap hari. 

Apakah Sirtfood Diet Aman?

Berdasarkan beberapa penelitian, diet sirtfood memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan karena melibatkan makanan yang kaya akan sirtuin dan jus hijau. Misalnya dengan mengonsumsi kunyit atau teh hijau yang dipercaya memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang bagus bagi tubuh.

Pada fase pertama diet sirtfood hanya mendapatkan asupan kalori yang rendah dan tidak memiliki nutrisi yang lengkap. Oleh karena itu, tidak ada masalah keamanan secara nyata untuk orang dewasa yang menjalani diet ini. Mengingat durasi waktu menjalaninya terhitung singkat. 

Tapi untuk orang penderita diabetes, adanya pembatasan kalori dan konsumsi jus selama beberapa hari dapat menyebabkan adanya perubahan yang berbahaya terkait kadar gula darah.  

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menjalani diet sirtfood

Beberapa orang dapat merasakan rasa lapar karena hanya mengonsumsi 1.000 sampai 1.500 kalori per hari. Pada fase itu, seseorang dapat mengalami beberapa efek samping seperti pusing, kelelahan, dan mudah marah karena membatasi kalori yang masuk. 

Selain itu, pilihan jenis makanan yang dikonsumsi selama diet ini terbilang terbatas, maka hal ini dapat menyebabkan seseorang mengalami kekurangan nutrisi misalnya jenis vitamin atau mineral yang dibutuhkan tubuh. 

Bagi penderita diabetes, diet ini tidak disarankan untuk dicoba. Karena diet ini dapat meningkatkan kenaikan kadar gula darah di tubuh akibat konsumsi jus setiap hari dan adanya pembatasan kalori. Demi keamanan dan kesehatan, sebaiknya kamu konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran yang tepat dengan kondisi kamu. Apalagi jika sedang atau pernah menderita penyakit tertentu.

Nah itulah pembahasan lengkap mengenai diet sirtfood untuk bantu turunkan berat badan secara cepat dalam waktu singkat yang bisa kamu coba. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?