Dijuluki ‘Superfood’, ini 7 Manfaat Blueberry untuk Kesehatan

7 February 2022
Dijuluki ‘Superfood’, ini 7 Manfaat Blueberry untuk Kesehatan
BY Awal Mula

 

Blueberry adalah salah satu jenis tanaman semak yang jarang dikonsumsi sehari-hari di Indonesia. Tak heran, hal ini dikarenakan Blueberry bukanlah buah yang tubuh di Indonesia, sehingga menyebabkan terbatasnya distribusi dan harga yang relatif mahal. Namun, sesungguhnya buah yang berukuran mungil ini memiliki berbagai manfaat bagi tubuh manusia. Simak artikel ini untuk tahu apa saja manfaat blueberry untuk kesehatan serta beberapa cara mengolah blueberry yang dapat Kawan Mula coba di rumah.

 

Manfaat Buah Blueberry

Buah blueberry disebut sebagai salah satu makanan ‘superfood’ lantaran kandungan nutrisinya yang berlimpah. Karena kandungan nutrisi yang banyak tersebut buah ini dapat memberikan berbagai manfaat tubuh manusia. Berikut ini 7 manfaat buah blueberry:

 

Sumber antioksidan

Blueberry mengandung zat flavonoid bernama anthocyanin yang berfungsi sebagai antioksidan. Zat anthocyanin ini pula yang memberi warna biru pada buah blueberry. Dilansir dari situs Health, sejumlah penelitian menyatakan bahwa blueberry adalah salah satu buah dengan kandungan antioksidan tertinggi di antara buah-buahan dan sayuran lain yang sering dikonsumsi di Amerika Serikat. Dibandingkan jenis lainnya, blueberry lowbush liar adalah jenis yang mengandung antioksidan paling besar.

 

Menjaga kesehatan kulit dan sebagai anti-aging

Salah satu kerusakan tubuh yang tidak dapat dicegah adalah kerusakan DNA akibat radikal bebas. Hal ini yang menyebabkan seorang manusia menua dan kulitnya menjadi keriput. Namun, penuaan akibat kerusakan DNA dapat diperlambat prosesnya dengan menyingkirkan sebanyak mungkin radikal bebas dalam tubuh. Akibat kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya, blueberry mampu melakukan tugas berat tersebut. Healthline merujuk sebuah penelitian yang menyatakan bahwa terjadi penurunan kerusakan DNA akibat radikal bebas pada 168 orang yang mengonsumsi 1 liter jus campuran blueberry dan apel setiap hari selama 4 minggu.

 

Meminimalisir kerusakan otot

Melakukan olahraga dan latihan berat dapat menyebabkan kelelahan dan rasa sakit pada otot. Hal ini disebabkan oleh peradangan lokal dan stres oksidatif, yaitu keadaan di mana proses oksidasi sel tubuh lebih cepat dibandingkan kemampuan tubuh menetralkannya. Kandungan antioksidan dalam blueberry mampu membantu menetralkan radikal bebas yang disebabkan oleh proses oksidasi tersebut. Dikutip dari Healthline, 10 orang atlit perempuan yang mengonsumsi blueberry smoothie sebelum dan setelah melakukan latihan berat mengalami percepatan pemulihan otot setelah latihan tersebut.

Baca juga: Resep Oatmeal Buat Diet yang Sehat, Tinggi Protein, dan Rendah Kalori

 

Menjaga fungsi otak

Tidak hanya memberi kerusakan pada sel otot, stres oksidatif juga dapat memberi kerusakan pada otak. Proses oksidasi sel yang tidak segera dinetralisir akan mempercepat penuaan otak, sehingga dapat menurunkan kinerja otak. Blueberry juga dapat memperbaiki melemahnya ingatan dan gangguan fungsi psikomotorik. Sebuah studi yang dilakukan pada 9 orang dewasa dengan gangguan kognitif ringan menyatakan bahwa setelah mengonsumsi setiap hari selama 12 minggu, terjadi perbaikan pada beberapa penanda fungsi otak mereka.

 

Mencegah penyakit jantung

Selain antioksidan, buah blueberry juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti serat, potasium, vitamin C, vitamin B6, asam folat, dan fitonutrien. Semua nutrisi tersebut memiliki kaitan yang erat dengan kesehatan jantung. Kandungan serat dalam blueberry mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga mengurangi resiko penyakit jantung.

Asam folat dan vitamin B6 dapat mencegah terjadinya penumpukan senyawa homosistein yang jika dibiarkan menumpuk berlebih akan merusak pembuluh darah dan menyebabkan masalah pada jantung. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health dan University of East Anglia menemukan bahwa mengonsumsi anthocyanin secara rutin dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung sebesar 32% pada perempuan muda dan paruh baya.

 

Menjaga kesehatan kulit

Manfaat blueberry yang berikutnya dapat diperoleh dari kandungan vitamin C dalam buah tersebut yang dapat menjaga kulit agar tetap sehat. Kesehatan kulit bergantung pada protein bernama kolagen yang pembentukannya sangat dipengaruhi oleh vitamin C yang diserap oleh tubuh. Kolagen bertugas untuk mencegah terjadinya kerusakan kulit akibat paparan matahari, polusi, dan asap. Kolagen juga berfungsi untuk menghaluskan kerutan dan menghilangkan garis halus pada kulit. Selain itu, kandungan vitamin C dalam blueberry juga dapat mempercepat penyembuhan luka dari dalam.

Dikutip dari situs Health, 1 cup atau sekitar 190 gram blueberry segar dapat memenuhi hampir seperempat kebutuhan vitamin C dalam tubuh yang bermanfaat untuk kesehatan kulit dan juga sistem imun tubuh.

 

Mencegah konstipasi dan menurunkan berat badan

Dikarenakan kandungan serat yang terdapat dalam blueberry, buah ini dapat membantu kesehatan dan keteraturan kinerja saluran pencernaan. Oleh karena itu, mengonsumsi blueberry dapat mencegah terjadinya konstipasi. Serat pangan dikenali secara umum sebagai pemadat feses dalam sistem pencernaan, sehingga melancarkan buang air besar dan membantu menurunkan berat badan.

Mengonsumsi makanan berserat tinggi juga akan membuat perut kenyang dalam waktu lebih lama dan menunda datangnya nafsu makan sehingga dapat mengurangi total asupan kalori.

Membekukan Blueberry agar Awet

Setelah membaca berbagai manfaat blueberry, Kawan Mula mungkin ingin mencoba merutinkan konsumsi blueberry. Jika Kawan Mula ingin membeli blueberry, langsung saja beli dalam jumlah besar dan bekukan di freezer agar dapat dimakan kapanpun kamu mau.

 

Cuci bersih blueberry yang baru dibeli lalu sebarkan di wadah datar agar masing-masing buah tidak saling bersentuhan dan menumpuk. Simpan wadah berisi blueberry tersebut di dalam freezer selama 30 menit. Setelah 30 menit, keluarkan blueberry dan pindahkan ke dalam wadah tertutup atau freezer bag, tutup secara erat dan letakkan kembali di freezer.

 

Jika menggunakan kantong plastik atau freezer bag, usahakan untuk mengurangi udara di dalamnya sebanyak mungkin. Blueberry yang dibekukan dapat bertahan sekitar 6 bulan sejak dibekukan. Dengan begitu, Kawan Mula tetap dapat mendapatkan manfaat buah blueberry kapanpun dibutuhkan tanpa harus memikirkan musim dan persediaan di swalayan.

Baca juga: Pola Hidup Sehat yang Murah dan Bisa Dilakukan Sekarang Juga

 

Cara Konsumsi Buah Blueberry

Untuk memperoleh manfaat buah blueberry, banyak cara untuk menikmatinya selain dengan mengonsumsinya begitu saja. Berikut ini beberapa variasi cara mengolah blueberry yang dapat dilakukan di rumah:

  • Gunakan blueberry segar sebagai toping bubur oatmeal, waffle, pancake, atau yoghurt untuk menambah sensasi rasa asam dan ekstra nutrisi pada sarapanmu.
  • Haluskan blueberry beku bersama susu dan yoghurt di blender untuk membuat smoothie. Kamu juga bisa menambahkan buah lainnya seperti stroberi atau pisang yang sudah dibekukan.
  • Campurkan blueberry ke dalam adonan bolu, muffin, atau cupcake.
  • Haluskan blueberry bersama sedikit air untuk kemudian dijadikan saus salad buah atau dituang di atas makanan penutup.

 

Kawan Mula juga dapat merasakan manfaat blueberry dari Assorted Berry Yogurt Chocolate 300 gr, camilan cokelat yang dilengkapi dengan buah blueberry, strawberry, cranberry, raspberry yang bisa didapatkan di Awalmula.co.id. Awal Mula adalah platform e-commerce yang menjual produk kesehatan untuk menunjang kebutuhan masyarakat Indonesia dalam menjalani pola hidup sehat.