Mengenali Garam Ikan dan Manfaatnya

25 March 2022
Mengenali Garam Ikan dan Manfaatnya
BY Awal Mula

Garam memiliki berbagai jenis, mulai dari garam laut, himalaya, garam meja, serta garam ikan. Jenis garam yang terakhir mungkin masih awan bagi sebagian besar orang. Namun, di kalangan pegiat dan budidaya ikan garam ini telah menjadi benda yang wajib dimiliki. Untuk mengenal lebih jauh mengenai garam ikan, simak pembahasan lengkapnya di artikel ini, ya!

Apa Itu Garam Ikan?

Garam ikan adalah garam yang mengandung senyawa NaCl dan tidak mengandung yodium, sering disebut sebagai garam non-yodium.

Apabila terdapat senyawa lain justru dapat memberikan pengaruh buruk pada perkembangan atau pertumbuhan ikan. Garam ikan sering digunakan untuk membunuh bakteri atau jamur yang menjadi penyebab penyakit pada ikan.

Garam Ikan Digunakan untuk Apa Saja?

Garam ikan dapat digunakan untuk mengendalikan parasit di dalam air. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara menambahkan garam ikan ke dalam kolam atau aquarium selama 30 menit.

Apa Saja Fungsi Garam Ikan?

Berikut ini beberapa manfaat garam ikan yang perlu Kawan Mula ketahui, yaitu:

1. Menormalkan pH (keasaman) Air Kolam

PH air atau kadar asam pada air kolam merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Kadar asam pada air dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ikan jika air terlalu asam. Air kolam dapat berubah lebih asam ketika terkena air hujan. 

Baca Juga: Ini Perbedaan Virgin Coconut Oil Dengan Minyak Kelapa Biasa

Jika Kawan Mula telah memberikan garam ikan dan setelah tiga hari, kadar air tidak kembali normal, maka Anda perlu menambahkan hydrated time (larutan buffer) yang dapat membantu menurunkan tingkat pH air kolam ikan.

2. Membersihkan Kotoran Insang Ikan

Memiliki kolam ikan yang berada di luar rumah dapat lebih mudah keruh, apalagi ketika musim hujan. Air kolam yang keruh dapat mengganggu sirkulasi air pada insang ikan saat bernapas. Untuk mengatasi hal itu, Kawan Mula dapat menggunakan garam ikan untuk membantu melepaskan partikel kotor yang biasanya menempel di dinding insang. Dengan cara itu, insang ikan bisa kembali bersih.

3. Mengatasi Ikan yang Stres

Air dapat keluar masuk melalui tubuh ikan lewat insang atau yang dikenal dengan sebutan osmosis. Sedangkan pengaturan osmosis yang terjadi pada tubuh ikan dinamakan dengan osmoregulasi. 

Baca Juga: Mengenal Diet Paleo, Efektif Turunkan Berat Badan!

Pengaturan osmosis bertujuan untuk mengontrol keseimbangan larutan yang ada pada tubuh ikan. Jika osmosis ini terganggu maka bisa mengakibatkan ikan mati. Hal tersebut dapat terjadi apabila terjadi ketidakseimbangan larutan di tubuh ikan. 

Beberapa hal yang dapat menyebabkan gangguan pada osmosis, yaitu saat ikan mengalami sakit atau stres. Ketika proses pemindahan, hal ini dapat memicu stres pada ikan. Apalagi jika proses pemindahan yang Kawan Mula lakukan menggunakan jaring. 

4. Mencegah Pertumbuhan Bakteri

Salah satu manfaat garam ikan yang paling umum adalah mencegah pertumbuhan atau timbulnya bakteri di kolam. Bakteri yang sering menyerang biasanya adalah flexibacter columnaris. Bakteri tersebut biasa menyerang ikan hias. Untuk mencegah pertumbuhan bakteri, Kawan Mula dapat menaburkan garam ikan minimal sebulan sekali. 

Hal tersebut penting dilakukan agar ikan lebih sehat dan bebas dari bakteri penyebab penyakit. Namun, ketika memasuki musim panas atau saat suhu rata-rata di atas 30 derajat Celcius, maka Kawan Mula perlu meningkatkan frekuensinya menjadi seminggu sekali.

5. Mencegah Parasit

Beberapa jenis parasit yang dapat menyerang ikan diantaranya yaitu, dactylogyrus. Jenis parasit ini dapat menyebabkan gangguan pada fungsi insang. Kemudian kutu ikan atau yang dikenal dengan Argulus. Lalu Placobdella yang dapat menyebabkan bintik kuning pada ikan.

Manfaat garam ikan yakni mencegah atau mengatasi berbagai jenis parasit tersebut, Kawan Mula dapat memberikan garam ikan pada ikan yang terinfeksi. Namun, sebelum melakukan hal tersebut sebaiknya Kawan Mula memisahkan ikan yang sehat dan terinfeksi. Setelah dipisahkan, kamu dapat mencampur garam ikan pada air di kolam khusus ikan yang terinfeksi.

Nah itulah pembahasan mengenai garam ikan dan kegunaanya. Apabila Kawan Mula memiliki kolam ikan dan memiliki berbagai masalah yang mempengaruhi perkembangan ikan, kamu dapat mencoba memanfaatkan garam ikan untuk mengatasinya.