7 Jenis Olahraga Sebelum Tidur yang Mudah Dilakukan dan Caranya

8 June 2022
7 Jenis Olahraga Sebelum Tidur yang Mudah Dilakukan dan Caranya
BY Awal Mula

Olahraga dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, termasuk malam hari sebelum Kawan Mula pergi tidur. Dikutip Healthline, penelitian terbaru mengungkapkan bahwa olahraga dapat dilakukan menjelang tidur tanpa perlu mengorbankan tidur.

Kawan Mula cukup memperhatikan waktu yang tepat dan fokus dengan jenis olahraga yang dapat membantu tidur lelap. Dengan kata lain, pilih olahraga yang tidak begitu meningkatkan adrenalin. Lalu, jenis olahraga seperti apa yang sebaiknya dilakukan saat malam sebelum tidur? Yuk, cari tahu selengkapnya di artikel ini!

Jenis-jenis Olahraga Malam Sebelum Tidur

Berikut ini beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan saat malam sebelum pergi tidur:

1. Glute Bridge

Gerakan ini adalah pose yang dapat mengaktifkan otot inti, punggung, dan gluteal Kawan Mula. Gerakan ini telah terbukti dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan suasana hati. Bagi penderita insomnia, glute bridge juga dapat mengurangi insomnia, stres, kecemasan, dan tekanan darah.

2. Plank

Plank dapat membantu meningkatkan postur dan keselarasan tulang belakang dengan memperkuat inti dan seluruh tubuh. Selain itu, manfaat plank sebelum tidur dapat membantu kamu bersantai dan pikiran tetap fokus.

3. Legs Up the Wall Pose

Peregangan sebelum tidur ini dapat mengaktifkan inti tubuh dan membantu mengalirkan darah dari kaki. Latihan ini dirancang untuk menghilangkan rasa sakit dan ketegangan dari gaya hidup yang tidak banyak bergerak.

Baca Juga: 6 Cara Mengecilkan Lengan Tanpa ke Gym

4. Spine Twist

Peregangan ini dapat membantu mengurangi tekanan di leher, punggung bawah, dan bahkan pinggul kamu. Selain itu, gerakan ini juga dapat menyetel kembali tulang belakang dan menenangkan pikiran Kawan Mula.

5. Figure-Four Stretch

Gerakan ini merupakan gerakan peregangan punggung bawah, pinggul, dan bokong untuk melepaskan ketegangan yang menumpuk akibat duduk sepanjang hari.

Nah, itulah beberapa 5 gerakan atau olahraga yang bisa Kawan Mula lakukan di rumah sebelum pergi tidur. Gerakan-gerakan di atas dapat membantumu untuk mengatasi berbagai masalah tidur seperti insomnia, kecemasan, stres, dan lainnya. Yuk, coba dan lakukan gerakan-gerakan di atas saat tidur nanti.