8 Ide Menu Makanan Vegetarian Untuk Sahur dan Buka Puasa

20 March 2022
8 Ide Menu Makanan Vegetarian Untuk Sahur dan Buka Puasa
BY Awal Mula

Ramadan merupakan bulan bagi umat Islam di seluruh dunia untuk menjalani puasa. Setiap umat Islam yang melaksanakan puasa tentu akan menyiapkan makanan untuk sahur dan buka puasa selama sebulan. Jika Kawan Mula suka kesulitan dalam menentukan menu buka puasa atau sahur, terutama makanan vegetarian, maka simak artikel mengenai ide menu makanan vegetarian sahur dan buka puasa di artikel ini!

Menu Makanan Vegeterian untuk Sahur & Buka Puasa

Berikut ide menu makanan vegetarian untuk berbuka puasa dan sahur yang wajib dicoba:

1. Oatmeal

Makanan vegetarian saat bulan puasa yang pertama adalah oatmeal. Menu ini sangat mudah dibuat dan disiapkan. Menu ini sangat cocok untuk sebagai makanan sahur. 

Bahan membuat oatmeal adalah gandum, susu nabati pilihan, topping favorit kamu seperti buah, kacang-kacangan, dan lainnya. Kamu juga bisa menyimpannya di lemari es semalaman. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan beberapa bahan kaya lemak seperti biji chia atau protein lainnya yang dapat membuat kamu merasa lebih kenyang.

Baca Juga: Resep Baked Oatmeal Untuk Makan Sahur

2. Smoothie Kurma dan Pisang

Jika Kawan Mula tertarik untuk menyiapkan makanan sahur vegetarian yang super cepat, maka bisa mencoba untuk membuat smoothie kurma dan pisang. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah kurma, pisang, susu nabati favoritmu, kayu manis, dan biji rami. Bahan tersebut dapat membantu meningkatkan protein, asam lemak Omega-3, dan serat sehingga kamu bisa kuat menjalani puasa.

3. Almond Milk Rice Pudding

Menu makanan satu ini bisa jadi menu berbuka puasa yang manis, lembut, dan mudah dibuat. Puding susu almond disajikan dalam keadaan dingin atau panas yang dapat disesuaikan dengan keinginan kamu. 

Untuk membuat menu ini, cukup masukan susu almond, santan, beras, kismis, sirup maple, vanila, kulit jeruk, kayu manis, dan pala ke dalam panci besar. Kemudian aduk secara bersamaan di atas api sedang hingga mendidih. 

Setelah itu, kecilkan api dan biarkan semua bahan matang sambil sesekali mengaduk. Kemudian biarkan puding dingin sesaat. Jika sudah selesai, puding bisa disajikan hangat atau didinginkan jika untuk dimakan nanti.

4. Kembang Kol Panggang & Buncis Rebus

Rebusan sayuran dari kembang kol, wortel, tomat, dan buncis yang dipadukan dengan campuran rempah-rempah sangat cocok untuk menu buka puasa. Selain itu, makanan ini juga cocok dipadukan dengan nasi merah atau bahkan roti.

5. Salad arugula

Menu ini dapat dibuat dengan cepat dan mudah. Untuk membuat salad arugula, bahan yang dibutuhkan adalah argula, timun, tomat, bawang merah, cranberry kering. Sedangkan untuk saus salad, bahan yang diperlukan adalah minyak zaitun, cuka putih, kemangi kering, lada hitam. Setelah semua bahan tersedia, kamu bisa mulai membuatnya. 

Pertama, campurkan semua bahan untuk membuat saus salad ke dalam mangkuk kecil. Setelah itu, masukan arugula ke dalam mangkuk yang lebih besar. Kemudian taburi dengan sayuran yang sudah diiris-iris dan cranberry kering. Sebelum disajikan, siram salad dengan saus salad yang sudah dibuat sebelumnya. 

6. Sup krim jamur

Jamur dapat menjadi bahan pengganti yang baik untuk daging, baik dari segi rasa, tekstur, dan nutrisi. Dalam membuat sup krim jamur, kamu bisa menggunakan santan sebagai pengganti susu sapi. Menu ini sangat mudah dibuat dan bisa dijadikan sebagai menu makanan vegetarian buka puasa atau sahur yang enak.

7. Rendang tahu

Tahu dapat dimasak menjadi makanan apa saja, termasuk rendang. Bahan nabati ini bisa menjadi pengganti daging sapi. Untuk membuat rendang tahu, kamu perlu menyiapkan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, cabai merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit yang dibakar, ketumbar, garam, dan gula. 

Setelah bumbu halus tersedia, maka didihkan santan, lalu tambahkan bumbu halus, daun jeruk, daun kunyit, asam kandis, dan serai. Bahan-bahan tersebut dimasak sampai bumbu menyatu dan wangi. Setelah itu, masukan tahu dan aduk sampai bumbu meresap ke tahu. Setelah matang, rendang tahu siap disajikan untuk menu sahur atau buka puasa.

8. Cookies kurma

Kurma dapat diolah menjadi makanan manis seperti cookies. Untuk membuat menu ini, kamu hanya membutuhkan tiga bahan, yaitu gandum, kurma, dan tahini. Setelah semua bahan terkumpul, yang perlu kamu lakukan adalah memblender, memanggang hingga kemasan, dan menikmatinya. Cukup mudah bukan?

Nah, itulah inspirasi menu makanan vegetarian untuk sahur dan buka puasa yang bisa dicoba selama Ramadan. Selain mudah dibuat, menu tersebut juga enak dan bernutrisi bagi tubuh Jika Kawan Mula tertarik mencobanya dan membutuhkan bahan-bahan untuk membuat menu di atas, kamu bisa pesan dan dapatkan di awalmula.com.  Yuk, pesan dan buat sekarang juga!