7 Minuman Segar Rendah Gula yang Perlu Dicoba untuk Buka Puasa

11 March 2022
7 Minuman Segar Rendah Gula yang Perlu Dicoba untuk Buka Puasa
BY Awal Mula

Orang yang berpuasa di bulan Ramadan sering merasa lapar dan haus, sehingga ingin makan atau minum yang segar untuk berbuka. Namun, saat berbuka puasa kamu jangan asal pilih makanan atau minuman. Apalagi jika Kawan Mula menderita dan berisiko diabetes. Di artikel ini Awal Mula merangkum beberapa minuman segar rendah gula yang layak dicoba untuk minuman berbuka puasa. Simak pembahasan lengkapnya di artikel ini, ya!

Minuman Segar Rendah Gula Untuk Buka Puasa

Berikut ini beberapa minuman rendah gula namun tetap segar untuk berbuka puasa:

1. Infused water

Minuman berbahan dasar air putih dan dibuat dengan potongan buah-buahan ini dapat menjadi pilihan minuman segar dan rendah gula. Minuman satu ini bisa berguna untuk pengganti elektrolit yang hilang selama berpuasa sekaligus melancarkan metabolisme tubuh dan detoksifikasi.

Untuk membuat infused water Kawan Mula cukup menyiapkan air putih dan buah-buahan seperti lemon, strawberry, kiwi, nanas, dan buah lainnya. Setelah itu, tutup botol dan simpan di kulkas selama 12 hingga 14 jam. Ketika buka puasa, kamu bisa langsung menikmatinya.

Selain mengandung mineral yang lebih dari air putih biasa, infused water juga mengandung nutrisi dan vitamin. Namun, tetap rendah gula dan menyegarkan ketika diminum saat berbuka puasa.

2. Air Madu dan Lemon

Campuran madu dan lemon dapat menjadi pilihan yang tepat untuk berbuka puasa. Minuman dari campuran lemon dan madu ini dapat mengeluarkan sisa racun dari tubuh hingga membersihkan sistem pencernaan. Tidak hanya itu, minuman ini juga bisa membantu proses detoksifikasi dan memelihara hati agar tetap sehat. 

Bagi Kawan Mula yang khawatir berat badan bertambah saat puasa, minuman ini juga bisa membantu menjaga berat badan tetap ideal sekaligus menjaga kesehatan kulit. Namun, bagi penderita gangguan lambung atau masalah pencernaan lain, sebaiknya berhati-hati saat mengonsumsi minuman ini dalam kondisi perut yang kosong.

3. Smoothies kurma

Smoothie kurma juga bisa menjadi ide yang bagus untuk berbuka puasa karena tidak memerlukan banyak waktu untuk menyiapkannya. Smoothies kurma juga bisa membantu memulihkan energi yang hilang setelah seharian berpuasa. 

Untuk membuat smoothies dari kurma, bahan-bahan yang dibutuhkan cukup mudah. Beberapa bahan yang bisa digunakan, yaitu tiga buah kurma, 2 sendok makan oat, dan satu cangkir susu. Setelah bahan-bahan terkumpul, kemudian masukan semua bahan ke blender. Lalu blender hingga halus. Setelah itu, smoothies kurma siap dinikmati saat buka puasa.

4. Susu kurma

Tidak hanya diolah menjadi smoothies, kurma juga bisa dibuat menjadi susu kurma. Untuk membuatnya, Kawan Mula cukup merebus susu bersamaan dengan daging kurma. Susu kurma bisa dinikmati saat panas atau dingin dengan menambahkan es batu. Selain menambah rasa segar, manfaat susu kurma juga bisa membantu mengembalikan kadar gula darah yang turun setelah berpuasa.

Baca Juga: Resep Susu Kurma Enak & Cara Membuatnya

5. Air kelapa

Minuman dari buah kelapa ini sering ditemukan ketika puasa, selain menyegarkan air kelapa juga menyehatkan. Tidak hanya itu, air kelapa bisa mengisi kembali elektrolit yang hilang ketika Kawan Mula berpuasa. 

Elektrolit ini adalah mineral yang memiliki peran penting untuk menjaga keseimbangan cairan di tubuh untuk mencegah dehidrasi. Untuk itu, air kelapa bagus untuk menghidrasi tubuh. Selain itu, air kelapa juga mengandung banyak nutrisi seperti natrium, magnesium, kalium, kalsium, vitamin C, dan serat. 

6. Teh hijau

Ketika buka puasa, umumnya orang minum air teh panas yang manis. Coba ganti teh manis yang biasa kamu buat dengan teh hijau. Teh hijau mengandung sumber antioksidan yang tinggi dan berguna sebagai antikanker serta antiradang alami. Mengonsumsi teh hijau bisa mencegah risiko diabetes, menurunkan berat badan dan menstabilkan tekanan darah.

Baca Juga: 11 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

7. Jus buah

Minuman segar dan menyehatkan lainnya yang bisa dicoba saat berbuka puasa adalah jus buah. Minuman satu ini bisa meredakan rasa haus ketika berbuka puasa. Selain itu, jus buah juga kaya akan nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan.

Meski baik untuk kesehatan, sebaiknya Kawan Mula tidak menambahkan gula pasir supaya kandungan kalorinya tetap rendah. Apabila ingin menambahkan rasa manis, kamu bisa mengganti gula dengan madu yang relatif lebih aman. 

Selain itu, pemilihan buah untuk jus buah juga harus tepat. Hindari buah yang tinggi kalori. Beberapa buah rendah gula yang cocok untuk dijadikan jus saat buka puasa adalah buah alpukat, kiwi, semangka, hingga stroberi.

Nah, itulah beberapa minuman untuk buka puasa yang rendah gula dan aman bagi penderita diabetes, namun tetap menyegarkan. Jika Kawan Mula tertarik mencobanya, kamu bisa membeli atau bahkan membuatnya sendiri di rumah.