Jadi Asupan Saat Diet, Ini Berbagai Manfaat Granola untuk Kesehatan

7 February 2022
Jadi Asupan Saat Diet, Ini Berbagai Manfaat Granola untuk Kesehatan
BY Awal Mula

 

Saat ini, granola menjadi jenis makan yang sangat populer dan dipilih sebagai menu makanan untuk sarapan maupun cemilan. Selain sehat, tahukah kamu manfaat granola ini banyak sekali loh. Tapi, kamu harus tahu dulu apa sih granola itu? Yuk, simak yuk penjelasannya.

 

Apa itu granola?

Granola merupakan jenis makanan yang terdiri dari rolled oats (biji gandung yang sudah digiling menjadi pipih), biji-bijian, madu, dan juga beras. Kemudian, bahan-bahan tersebut dipanggang sampai menjadi garing. Selain bahan-bahan di atas, ada juga granola yang dicampur dengan bahan lainnya seperti buah kering, kismis, kacang almond, kurma, dan lain-lainnya.

 

Umumnya, banyak orang yang memilih mengkonsumsi granola dalam kemasan yang bisa dibawa kemana-mana. Namun, ada juga yang memilih untuk menikmati granola dengan campuran yogurt, stroberi, pisang, madu, dan buah-buahan lainnya. Tak hanya itu, makanan ini juga bisa dikonsumsi dicampur dengan sereal untuk menambah nutrisinya.

 

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), dalam satu mangkuk granola mengandung 28 gram lemak, 600 kalori, 65 gram karbohidrat, 18 gram protein, 24,5 gram g, dan 11 gram serat. Tetapi, kandungan nutrisi ini bisa berbeda-beda, tergantung dari produk maupun penyajian granola itu sendiri.

 

Sederet Manfaat Granola untuk Kesehatan

Biasanya kebanyakan orang mengkonsumsi granola untuk membantu dalam menurunkan berat badan. Tetapi, banyak juga yang memilih granola untuk menurunkan kolesterol dan mencegah berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung hingga kanker. Kok bisa?

 

Ternyata, berbagai makanan yang mengandung gandum utuh seperti granola ini mempunyai kandungan mineral dan vitamin yang lebih banyak di tiap sajiannya, jika dibandingkan dengan sereal. Berikut beberapa manfaat granola yang bisa kamu rasakan.

  • Menangkal Radikal Bebas. Manfaat granola yang pertama adalah bisa menangkal radikal bebas. Granola mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin B1, vitamin E, hingga asam folat. Vitamin E ini bisa didapatkan dari biji-bijian, minyak, dan kacang dari granola. Kandungan ini berfungsi sebagai antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari radikal bebas, yang bisa menyebabkan kerusakan sel serta pertumbuhan sel kanker.
  • Manfaat granola untuk sistem saraf. Kandungan vitamin B1 dan folat yang dikandung dalam granola ini juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk melindungi fungsi saraf. Nutrisi ini sangat baik untuk metabolisme, pertumbuhan sel, dan juga mencegah cacat tabung saraf (neural tube defect) pada bayi yang baru lahir.
  • Menjaga kekuatan tulang. Granola ternyata juga mengandung mineral, seperti fosfor, magnesium, selenium, zat besi, hingga tembaga. Kandungan fosfor di dalam granola ini mampu menjaga keseimbangan tubuh. Untuk selenium, tembaga, dan zat besi yang ada pada granola ini ternyata sangat penting untuk menjaga kekuatan dan juga perkembangan tulang. Selain itu, mineral yang ada pada granola ini sangat diperlukan untuk produksi sel darah merah dan jaringan penyambung. Untuk itu, mineral-mineral ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan, kekebalan tubuh, fungsi jantung, hingga saraf.
  • Baik untuk usus. Manfaat granola lainnya adalah baik untuk kesehatan saluran pencernaan. Dengan mengkonsumsi yang kaya akan serat, ini akan membantu mengurangi peradangan di usus dengan meningkatkan kadar bakteri usus yang sehat.
  • Merawat kulit. Ternyata manfaat granola juga bisa untuk merawat kulit loh. Kandungan vitamin E yang ada pada granola ini mampu melindungi kulit dari penuaan dini, mengurangi risiko kulit terbakar, dan juga kerutan.
  • Mencegah migrain. Manfaat granola lainnya juga baik untuk membantu mencegah migrain dan mengurangi keparahannya. Kandungan magnesium yang ada dalam granola memiliki efek antiinflamasi, meningkatkan sirkulasi darah, memperkuat pembuluh darah, dan meningkatkan elastisitasnya. Ini sangat baik untuk mencegah kejang otot yang biasanya menyebabkan sakit kepala yang agak menyakitkan.
  • Meningkatkan energi. Meski granola banyak dikonsumsi untuk orang yang sedang diet, ternyata makanan ini bisa meningkatkan energi untuk tubuh. Manfaat granola satu ini akan mengaktifkan jaringan dan memastikan distribusi sumber daya yang tepat ke seluruh tubuh.

 

Bagaimana Cara Memilih Granola yang Tepat?

Meskipun manfaat granola sangat baik untuk kesehatan tubuh, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih granola. Granola juga termasuk jenis karbohidrat yang dimasak dalam lemak. Dengan teknik pengolahan tersebut, bisa menghasilkan beberapa molekul kimia di dalam tubuh yang tidak mudah dicerna. Selain itu, beras yang ada di dalam granola juga memiliki kandungan nutrisi yang tidak terlalu banyak. Oleh karena itu, sebaiknya kamu harus memperhatikan beberapa hal sebelum membeli dan mengkonsumsi granola. Beberapa hal tersebut yaitu:

  • Periksa dulu kandungan gula yang ada di dalam granola
  • Perhatikan jumlah kalori yang terdapat pada granola
  • Meski manfaat granola sangat banyak, dianjurkan untuk tidak mengkonsumsinya terlalu banyak
  • Agar tidak cepat bosan, kamu bisa pilih berbagai macam toping yang pastinya sehat, misalnya buah-buahan
  • Hindari penggunaan susu tinggi lemak ataupun sirup yang mengandung gula tinggi