7 Jenis Kacang-kacangan yang Cocok Dijadikan Cemilan Diet

11 June 2022
7 Jenis Kacang-kacangan yang Cocok Dijadikan Cemilan Diet
BY Awal Mula

Kacang dapat menjadi makanan sehat yang dapat membuat proses penurunan berat badan menjadi lebih menyenangkan. Selain itu, kacang juga dapat membantu seseorang merasa kenyang lebih lama. Di artikel ini akan dibahas mengenai jenis kacang-kacangan yang dapat membantu menurunkan berat badan dan bisa dinikmati selama menjalani diet sehat.

Jenis Kacang-Kacangan Untuk Diet

Kacang merupakan makanan yang kaya akan vitamin dan mineral. Selain itu, makanan satu ini juga ideal untuk membantu kamu dalam mempertahankan pola makan yang sehat, yang merupakan hal penting dari penurunan berat badan. Selain itu, kacang juga mengandung lemak sehat dan protein, yang dapat membantu tetap kenyang di antara jam makan. Berikut ini beberapa jenis kacang yang cocok untuk menggantikan camilan tidak sehat sekaligus membantu menurunkan berat badan:

1. Kacang Brazil

Brazil nuts atau kacang brazil mengandung berbagai nutrisi seperti selenium, magnesium, tiamin, dan L-arginin. Kandungan tersebut dapat meningkatkan metabolisme tubuh sekaligus membakar lemak lebih cepat sehingga bisa menurunkan berat badan dengan lebih mudah.

Baca Juga: 5 Kriteria Makanan Sehat yang Baik Untuk Tubuhmu!

Tidak hanya itu, kandungan selenium yang ada di kacang ini juga dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Seperti kacang-kacang lainnya, kacang brazil juga merupakan sumber protein dan serat yang bagus. Oleh karena itu, kacang ini dapat membuat seseorang merasa kenyang dan mencegah rasa lapar di antara jam makan. 

2. Kenari

Salah satu kacang terbaik untuk menurunkan berat badan adalah kenari. Selain mengandung lemak sehat, kacang satu ini juga kaya akan nutrisi untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mengendalikan nafsu makan seseorang. Dengan menambahkan kenari ke dalam menu diet, hal ini dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus risiko penyakit yang berhubungan dengan jantung. 

Baca Juga: Manfaat Air Rebusan Cengkeh, Bisa Ngobatin Sinus!

3. Kacang Pistachio

Pistachios atau kacang pistasi adalah makanan yang mengandung lemak sehat dan memiliki kadar protein yang tinggi. Karena hal itu juga, jenis kacang satu ini dapat dijadikan camilan sehat untuk mengurangi keinginan akan camilan tidak sehat (junk food) selama menjalani diet.

Baca juga: Jenis Madu Asli Indonesia

Selain itu, cemilan enak yang dapat dijadikan sebagai topping salad ini juga kaya akan antioksidan dengan konsentrasi zeaxanthin dan antioksidan lutein yang tinggi, di mana keduanya bagus untuk kesehatan mata.Tidak hanya itu, kandungan protein pada kacang ini juga dapat membantu membangun jaringan otot baru.

4. Kacang Almond

Kacang almond dinilai sebagai salah satu superfoods (makanan super) berkat kandungan protein dan antioksidan yang tinggi, serta lemak yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, lemak tak jenuh yang ditemukan pada almond juga dapat mencegah seseorang untuk makan secara berlebih karena kandungan seratnya bisa memberikan rasa kenyang walau makan dalam jumlah kecil. 

Baca Juga: Efek Samping Buah Blackberry

Mengkonsumsi almond sebanyak 3-5 biji setiap hari dinilai dapat menurunkan berat badan yang lebih besar dan memiliki metabolisme lemak yang lebih tinggi, Tidak hanya itu, kacang almond juga mengandung asam amino (L-arginine) yang dapat membantu membakar lemak. Kandungan protein dan serat dalam kacang ini juga dikatakan dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan.

5. Kacang Mete

Jenis kacang satu ini mengandung magnesium yang sangat penting untuk mengatur metabolisme karbohidrat dan lemak, yang kemudian dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan magnesium pada kacang mete juga dapat membantu berbagai kondisi seperti insomnia, sembelit, sakit kepala sampai mengatur sistem kekebalan tubuh.

Kacang mete merupakan makanan penurun berat badan yang mengandung sumber protein. Meski memiliki kalori yang tinggi, mengkonsumsi kacang mete dalam jumlah yang tepat dapat membantu menurunkan berat badan. 

Selain mengonsumsi kacang mete utuh, kamu juga bisa mencoba mentega mete yang sedikit lebih rendah kalsium namun tetap kaya nutrisi. Meski kacang mete dapat membantu proses penurunan berat badan, namun Kawan Mula tetap perlu mengimbanginyai dengan aktivitas fisik dan diet sehat supaya proses penurunan berat badan berjalan efektif.

6. Macadamia

Terdapat 21,6 gram lemak tak jenuh dan 204 kalori setiap 1 ons kacang Macadamia. Jumlah kalori dan lemak tersebut menjadikan kacang macadamia sebagai camilan yang dapat membantu seseorang untuk tetap kenyang dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, kacang ini juga memiliki kandungan karbohidrat dan gula yang rendah sehingga cocok bagi penderita diabetes. 

Tidak hanya itu, kacang ini juga mengandung serat yang cukup sehingga tidak meningkatkan kadar gula darah. Mengkonsumsi kacang macadamia mentah dapat menjadi pilihan yang paling sehat. Namun, kamu juga bisa menikmatinya dengan menambahkan ke dalam salad.

7. Kacang Tanah

Selain dijadikan sebagai camilan saat menonton pertandingan, kacang tanah juga dapat menjadi camilan sehat yang membantu menurunkan berat badan. Kacang ini mengandung banyak nutrisi seperti kalsium, folat, vitamin E, protein, fosfor, hingga potasium. Selain menjadikan tubuh merasa kenyang lebih lama, kacang tanah juga bagus untuk mengurangi risiko stroke sekaligus meningkatkan energi. 

Kacang tanah biasanya dapat juga dikonsumsi dalam bentuk selai kacang. Namun, ketika kamu mengonsumsinya pastikan untuk memeriksa label pada kemasan selai kacang. Hal ini dikarenakan banyak selai kacang diproses dengan minyak terhidrogenasi dan mengandung gula. Untuk menghindari hal itu, kamu bisa mencoba membuat selai sendiri dari kacang tanah supaya tetap sehat dan berat badan tetap terjaga.

Nah itulah rekomendasi kacang yang bisa dijadikan camilan sehat selama menjalani diet untuk turunkan berat badan. Meski baik, Kawan Mula tetap harus cermat dalam memilih kacang. Hindari kacang yang dilapisi garam, gula, madu, coklat, atau bumbu-bumbu lainnya. Jika tidak, maka kamu mengubah makanan sehat ini menjadi makanan tidak sehat (junk food). 

Apabila Kawan Mula tertarik menambahkan kacang-kacang di atas ke dalam camilan sehat selama diet, kamu bisa mendapatkannya di awalmula, sebuah e-commerce yang menyediakan berbagai makanan atau bahan untuk mendukung gaya hidup sehat. Yuk, pesan dan segera dapatkan sekarang juga!