Kandungan Skincare untuk Kulit Kusam, Apa Saja Kira-Kira?

20 June 2022
Kandungan Skincare untuk Kulit Kusam, Apa Saja Kira-Kira?
BY Awal Mula

Salah satu permasalahan kulit yang sering terjadi adalah kulit kusam. Masalah kulit ini akan membuat kulit wajah jadi terlihat tidak segar dan mengubah warna kulit jadi keabu-abuan.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan kulit kusam. Beberapa diantaranya adalah pola hidup yang kurang sehat, penumpukan sel kulit mati, serta kerusakan yang ditimbulkan sinar matahari.

Salah satu solusi untuk mengatasi kulit kusam adalah dengan memakai skincare dengan kandungan khusus untuk masalah kulit tersebut. Lalu, apa saja kandungan skincare untuk kulit kusam itu?

1. Glycolic acid

Salah satu penyebab kulit kusam adalah penumpukan sel kulit mati, terutama di daerah permukaan kulit. Jika itu penyebabnya, Kawan Mula bisa mengatasinya dengan skincare berbahan glycolic acid.

Baca Juga: Kenali Perbedaan Toner dan Micellar Water Sebelum Mencobanya!

Kandungan skincare yang termasuk golongan Alpha Hydroxy Acid (AHA) ini bisa memecahkan sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit. Tak sampai disitu, glycolic acid pun juga menghilangkan lapisan yang menghalangi kulit, sehingga kulit bisa kembali bersih dan segar.

2. Hyaluronic acid

Selain penumpukan sel kulit mati, kulit kusam juga sering disebabkan oleh dehidrasi. Untuk mengatasinya, Kawan Mula bisa memakai skincare dengan kandungan hyaluronic acid.

Baca Juga: Cara Memilih Sunscreen wajah Berdasarkan Jenis Kulit

Kandungan skincare ini mampu menahan dan menarik kelembaban sampai 1000 kali lebih banyak, sehingga kulit pun bisa terhindar dari dehidrasi. Dari situ, kulit wajah pun akan jadi lebih kenyal, sehat, segar, dan clewy.

Skincare dengan kandungan hyaluronic acid bisa digunakan pada jenis kulit apa pun. Namun, sangat disarankan untuk menggunakannya pada pemilik kulit kering.

3. Glycerin

Selain hyaluronic acid, kandungan skincare ini juga bisa dipakai untuk menghidrasi kulit wajah yang kusam. Selain menghidrasi kulit wajah, kandungan skincare ini juga bisa melembutkan kulit, mengurangi perubahan warna pada kulit wajah, serta mempermudah proses eksfoliasi.

Baca Juga: Mengenal Purging di Wajah dan Ketahui Ciri-Cirinya!

Skincare dengan kandungan glycerin sangat cocok untuk kulit sensitif, kering, dan berminyak. Khusus untuk kulit berminyak, skincare berbahan glycerin bisa membuat kulit berminyak jadi lebih lembab.

4. Salicylic acid

Kandungan skincare yang dikenal dengan sebutan asam salisilat ini cocok dipakai untuk mengatasi penumpukan sel kulit mati. Pori-pori pada wajah pun akan dibersihkan dari kotoran dan minyak yang terperangkap dalam pori-pori saat Kawan Mula memakai skincare dengan kandungan zat ini.

Skincare berbahan salicylic acid biasanya tersedia dalam bentuk toner, serum, dan masker. Kandungan skincare ini sangat cocok dipakai untuk pemilik jenis kulit berminyak, serta tidak cocok untuk kulit sensitif dan kering.

5. Vitamin C

Kandungan skincare ini bisa membuat kulit yang sebelumnya kusam jadi lebih bercahaya. Manfaat lainnya juga bisa Kawan Mula rasakan saat memakai skincare dengan kandungan vitamin C. Salah satunya adalah mampu mengatasi radikal bebas yang menyebabkan perubahan warna pada kulit.

Skincare dengan kandungan vitamin C sebetulnya cocok dengan jenis kulit apa pun. Tentu dengan catatan kadarnya harus disesuaikan dengan jenis kulit wajah yang dimiliki Kawan Mula.

Jika Kawan Mula memiliki jenis kulit wajah normal, Kawan Mula bisa gunakan skincare vitamin C dengan konsentrasi mencapai 15 persen. Sementara itu, Kawan Mula pemilik kulit sensitif atau kering harus memakai skincare vitamin C dengan konsentrasi lebih kecil, yaitu 10 persen

6. Licorice Root Extract

Penyebab lain dari kulit kusam adalah paparan sinar matahari berlebih pada wajah. Untuk mengatasinya, Kawan Mula bisa gunakan skincare dengan kandungan licorice root extract. Kandungan zat tersebut bisa menghalau sinar UV pada cahaya matahari, sehingga kulit wajah pun tetap terjaga. Kandungan skincare ini juga bisa membuat tekstur kulit Kawan Mula jadi lebih lembut.

7. Kojic acid

Kandungan skincare ini biasanya bisa ditemukan pada skincare dengan label “pencerah wajah”. Menurut beberapa referensi, kandungan skincare ini dibuat jamu khusus yang sering dipakai untuk pembuatan sake.

Adapun khasiat kandungan skincare ini adalah menekan produksi enzim tirosinase pada kulit wajah. Enzim tersebut nantinya akan membuat wajah Kawan Mula jadi lebih cerah dan terhindar dari kusam. 

8. Centella Asiatica

Kandungan skincare satu ini sekarang cukup banyak dibicarakan di dunia kecantikan. Hal itu tak lepas dari khasiatnya yang diklaim mampu menyembuhkan berbagai masalah kulit, termasuk kulit kusam.

Sifat anti inflamasi pada kandungan skincare tersebutlah yang membuat centella asiatica dianggap berkhasiat. Khusus untuk kulit kusam, sifat tersebut membuat centella asiatica menghidrasi kulit, sehingga kulit tidak lagi kusam.

Cara Menggunakan Skincare untuk Mengatasi Kulit Kusam

Selain mengetahui berbagai kandungan skincare untuk kulit kusam, Kawan Mula juga harus tahu bagaimana cara memakai skincare untuk mengatasi kulit kusam. Adapun cara tersebut adalah:

  • Bersihkan wajah terlebih dulu dengan micellar water, lalu bersihkan lagi dengan sabun pencuci wajah.
  • Setelah bersih, Kawan Mula bisa langsung gunakan toner ke wajah, lalu tunggu sampai kering.
  • Jika sudah kering, silakan lanjutkan dengan pemakaian essence, serum, booster, dan ampul. Setelah itu, lanjutkan lagi dengan pemakaian krim mata, pelembab, dan tabir surya (sunscreen).

Itulah beberapa kandungan skincare untuk kulit kusam. Semoga bisa menjadi referensi untuk Kawan Mula sekalian. Sampai ketemu di artikel selanjutnya!