9 Tips Menjaga Kesehatan Jantung yang Penting Diketahui!

28 March 2022
9 Tips Menjaga Kesehatan Jantung yang Penting Diketahui!
BY Awal Mula

Jantung merupakan bagian organ tubuh yang sangat penting karena menjadi pusat sistem peredaran darah. Apabila jantung mengalami masalah, maka hal ini akan mengancam kelangsungan hidup seseorang. Untuk itu, Kawan Mula perlu menjaga kesehatan jantung. Selain mengonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan jantung, kamu juga perlu melakukan cara lainnya. Awal Mula akan membagikan tips untuk menjaga kesehatan jantung.

Kiat Menjaga Kesehatan Jantung

Berikut ini beberapa hal yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung:

1. Tidur Cukup

Tidur menjadi bagian penting untuk menjaga kesehatan jantung. Jika seseorang tidak memiliki tidur yang cukup, maka dapat meningkatkan risiko tinggi terkena penyakit jantung. Berdasarkan sebuah studi yang mengamati 3.000 orang dewasa di atas usia 45 tahun menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari enam jam per malam memiliki kemungkinan dua kali lebih besar terkena stroke atau serangan jantung dibandingkan orang yang tidur enam hingga delapan jam per malam. Untuk memiliki tidur yang cukup, maka jadikan tidur sebagai prioritas. Usahakan untuk tidur 7 sampai 8 jam setiap malam. 

2. Luangkan Waktu Untuk Sarapan

Makan sarapan yang bergizi dan sehat setiap hari dapat membantu menjaga pola makan dan berat badan yang sehat. Selain itu, bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Untuk menjaga kesehatan jantung, kamu bisa mencoba mengonsumsi beberapa makanan untuk jantung seperti biji-bijian utuh, sayur-sayuran, hingga sumber protein tanpa lemak. Setelah mengetahui pentingnya sarapan, maka sebaiknya luangkan waktu untuk sarapan setiap harinya.

Baca Juga: Makanan Tinggi Serat Untuk Kesehatan Pencernaan

3. Kurangi Makanan Berlemak

Tubuh membutuhkan asupan lemak sebagai sumber energi cadangan sekaligus membantu menyerap nutrisi. Namun, tidak semua jenis lemak itu bagus untuk kesehatan tubuh. Ada jenis lemak yang perlu Kawan Mula batas, yaitu lemak jenuh.

Baca Juga: Kriteria Makanan Sehat Untuk Tubuh Kamu

Lemak jenuh merupakan jenis lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dan membentuk plak pada pembuluh darah di jantung. Oleh karena itu, Kawan Mula perlu membatasi asupan makanan yang mengandung lemak jenuh, misalnya gorengan.

4. Berhenti Merokok

Menghindari tembakau atau berhenti merokok dapat membantu melindungi kesehatan tubuh dan pembuluh darah. Merokok merupakan faktor risiko penyakit jantung yang dapat dikontrol. 

Jika Kawan Mula merokok atau mencoba produk tembakau, maka sebaiknya segera berhenti merokok demi menjaga kesehatan jantung kamu. Selain baik untuk jantung, berhenti merokok juga dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

5. Jangan Duduk Terlalu Lama

Selain merasa pegal, duduk terlalu lama di depan komputer dapat menurunkan kesehatan jantung. Duduk terlalu lama bisa mengakibatkan penggumpalan darah, sehingga bisa memperburuk sirkulasi darah di tubuh. 

Apabila Kawan Mula menghabiskan waktu lama di depan komputer, maka kamu perlu melakukan peregangan. Selain itu, kamu juga bisa mencoba cara lainnya seperti memilih naik turun tangga atau berjalan kaki menyusuri halaman atau koridor kantor. Dengan aktif bergerak, hal tersebut dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

6. Banyak Makan Sayur dan Buah

Buah dan sayuran mengandung senyawa antioksidan yang dapat menjaga kesehatan jantung, mencegah peradangan, dan menjadi sumber vitamin atau mineral untuk tubuh. Melihat manfaat tersebut, kamu bisa menjadikan buah-buahan sebagai camilan sehat dan sayuran sebagai menu makanan. 

7. Mengelola Stres

Stres dapat menjadi penyebab seseorang terkena penyakit jantung. Ketika seseorang mengalami stres berat, maka tekanan darah dapat meningkat. Tidak hanya itu, stres juga bisa mengganggu kualitas tidur yang dapat memperburuk kesehatan jantung. 

Oleh karena itu, mengelola stres dengan baik sangat dibutuhkan. Untuk mengatasi stres, kamu bisa melakukan beberapa cara seperti melakukan meditasi, olahraga, hingga melakukan aktivitas yang disukai.

8. Olahraga Secara Rutin

Berolahraga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, termasuk jantung. Melakukan olahraga untuk jantung memiliki banyak manfaat mulai dari menurunkan tekanan darah, mengendalikan berat badan, hingga meningkatkan kadar kolesterol baik. Beberapa olahraga untuk jantung yang bisa Kawan Mula coba antara lain, yaitu renang, lari, bersepeda, hingga jogging. 

9. Membatasi Makanan Asin

Makanan gurih atau asin bila dikonsumsi secara berlebihan hal ini dapat menyebabkan hipertensi (tekanan darah tinggi) yang menjadi faktor risiko penyakit jantung. Ketika tekanan darah seseorang tinggi, maka kerja jantung dalam memompa darah akan berat dan mengganggu kesehatan jantung.

Oleh karena itu, mengurangi asupan makanan asin dapat menjadi cara untuk menjaga kesehatan jantung. Kawan Mula dapat membatasi makanan tinggi garam dalam kemasan seperti junk food, daging sapi asap, dan snack. Supaya makanan tetap enak, kamu bisa mengganti garam dengan rempah-rempahan seperti lada, bawang putih, dan lainnya.

Nah, itulah tips untuk menjaga kesehatan jantung yang bisa Kawan Mula coba.