5 Kriteria Makanan Sehat yang Baik Untuk Tubuhmu!

30 December 2021
5 Kriteria Makanan Sehat yang Baik Untuk Tubuhmu!
BY Awal Mula

Salah satu cara menjalankan pola hidup sehat bisa dimulai dari hal sederhana, yaitu mengonsumsi makanan sehat. Tentu kita harus mengetahui terlebih dahulu, bagaimana sebuah makanan bisa termasuk dalam kriteria makanan sehat atau tidak. Lalu, seperti apa sih kriteria? Berikut penjelasannya.

Kriteria Makanan Sehat

1. Makanan Sehat Harus Memiliki Gizi Seimbang

Kriteria makanan yang sehat haruslah mengandung karbohidrat, lemak, serat, mineral, atau vitamin. Di sini, Kawan Mula harus menggaris bawahi bahwa setiap usia dan kondisi tubuh akan membutuhkan asupan gizi yang berbeda. Dilansir dari situs Who.int, pola pemenuhan kebutuhan gizi seimbang sangat tergantung dari faktor usia, jenis kelamin, pola hidup, dan berbagai aktivitas fisik yang dilakukan setiap harinya.

Menurut survey dari National Health Service, pria dewasa memerlukan 2500 kalori per hari. Sedangkan, untuk wanita dewasa membutuhkan 2000 kalori per harinya. Contoh berbagai buah dan sayur yang memenuhi kriteria makanan sehat adalah pisang, apel, alpukat, oatmeal, brokoli, tomat, ikan salmon, telur, tuna, dll.

2. Menu Makanan Harus Bervariasi

Makan nasi saja tidak cukup, karena hanya memberikan karbohidrat. Karenanya, dibutuhkan makanan 4 sehat 5 sempurna lainnya yang mencakup nasi, sayur, lauk pauk, buah, dan susu. Kriteria makanan sehat ini sendiri masih berkaitan erat dengan pemilihan jenis asupan yang tepat.

Baca Juga: Waspada! Bahaya Gluten Jika Dikonsumsi Berlebihan

Semakin besar variasi asupan, juga dianggap mampu meningkatkan kondisi kesehatan seseorang. Jadi, jangan hanya terpaku pada 1 atau 2 menu saja. Tapi, sebisa mungkin penuhi dengan menu 4 sehat 5 sempurna setiap hari agar kebutuhan nutrisi tubuh tercukupi dengan baik. Bila masih bingung harus memasak apa, Kawan Mula bisa cek daftar resep makanan sehat di Awalmula

3. Tidak Mengandung Bahan Pengawet, Pemanis, & Pewarna Kimia

Salah satu kriteria makanan sehat adalah makanan yang bebas dari bahan pengawet dan pewarna kimia. Oleh karena itu, pentingnya membaca tabel komposisi makanan untuk mengetahui apa saja bahan yang digunakan dan bagaimana cara pengolahannya.

Sebagai gantinya Kawan Mula dapat menggunakan pewarna makanan alami dan gula semut sebagai alternatif yang lebih sehat.

4. Rendah Gula, Lemak, & Garam

Dilansir dari fact sheet WHO tentang healthy diet, setidaknya total lemak yang dikonsumsi tidak boleh melebihi angka 30% dari total energi. Begitu juga dengan asupan gula dan garam. Bahkan kadar gula harus kurang dari 10% atau 5%. Sedangkan, konsumsi garam setidaknya harus kurang dari 5 g per hari sebagai upaya mengurangi risiko terkena hipertensi. Kawan Mula bisa mencoba mengonsumsi kacang-kacangan, sayuran hijau, dan juga buah-buahan untuk bisa memenuhi kriteria makanan sehat harian.

5. Makanan Harus Terjaga Kebersihannya

Saat kita membeli makanan, terkadang kita tidak memperhatikan bagaimana orang lain membuatnya. Bahkan, terkadang kita sendiri mungkin juga sering lupa untuk mencuci tangan sebelum mulai memasak. Kebersihan makanan menjadi hal penting mendasar untuk mencegah masuknya kuman dan bakteri penyakit.

Baca Juga: Engga Banyak Yang Tahu Ini Manfaat Minyak Bawang Merah

Bila Kawan Mula ingin menghidangkan makanan bernutrisi di rumah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memilih bahan makanan yang masih segar, sehingga kandungan nutrisinya tidak banyak terbuang. Kedua, cuci bahan masakan dan alat-alat memasak agar kualitas makanan tetap terjaga. Setelah itu, gunakan minyak yang mengandung lemak tidak jenuh seperti minyak zaitun murni, minyak kenari, ataupun minyak bunga matahari agar tidak meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Itulah beberapa kriteria makanan sehat yang sebaiknya diketahui. Dengan begitu, Kawan Mula bisa menyiapkan menu masakan sehat setiap hari untuk keluarga tercinta di rumah. BIla ingin mencari bumbu dapur yang terbuat dari bahan alami, Kawan Mula bisa mencarinya di sini.