5 Macam-Macam Olahraga di Rumah ini Bisa Mengencangkan Kulit Tubuh

19 September 2022
5 Macam-Macam Olahraga di Rumah ini Bisa Mengencangkan Kulit Tubuh
BY Awal Mula

Olahraga menjadi hal yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Ada macam-macam olahraga di rumah yang bisa di lakukan tanpa perlu keluar rumah. Berikut 5 gerakan olahraga di rumah yang bisa Kamu lakukan!

Setiap gerakan olahraga yang dilakukan memberikan manfaat tersendiri untuk kesehatan tubuh termasuk kegiatan olahraga di rumah.

Di dalam rumah, Kamu bisa mencari gerakan yang sesuai dengan keinginan dan yang mudah dilakukan tanpa takut salah. Kamu bisa mencari gerakan yang mudah dilakukan dan tidak akan membebani tubuh.

Macam -Macam Olahraga di Rumah

1. Planks

Planks menjadi gerakan olahraga yang sangat bagus untuk otot perut Kamu karena hanya dilakukan dengan berlutut dan letakkan siku di bagian lantai. Selain itu manfaat plank bisa buat otot inti lebih kuat.

Bukalah siku selebar bahu dan rentangkan kaki di belakang tubuh dan angkat tubuh ke atas.

Selama mengangkat tubuh ke atas, fokuslah untuk menjaga tubuh tetap bagus dan lurus dan tahan posisi ini selama 3 sampai 5 menit. Untuk menyelesaikan gerakan olahraga ini, jatuhkan lutut ke lantai.

2. Push-Up

Push up menjadi gerakan olahraga yang umum dilakukan di mana saja termasuk di rumah. Push up bermanfaat untuk melatih tubuh bagian atas dengan gerakan turun dengan posisi merangkak dan letakkan telapak tangan Anda di lantai selebar bahu.

Baca Juga: Cara Cepat Mengecilkan Paha Besar

Jaga siku Anda dengan sedikit ditekuk lalu luruskan tubuh Anda pada saat Anda meletakkan kaki di belakang Anda. Perlahan tekuk siku dan bentuklah sudut 90 derajat. Gunakan otot perut untuk menopang tubuh dan angkat tubuh kembali untuk menyelesaikan satu repetisi.

Push up menjadi salah satu kegiatan olahraga sederhana yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Push up ini bekerja untuk menguatkan otot bisep dan trisep sertaa otot lengan dan dada.

Baca Juga: Olahraga Mengecilkan Perut Buncit di Rumah

Push up menjadi salah satu gerakan yang sangat mudah dilakukan hanya dengan berbaring menghadap ke lantai dan mendorong tubuh dengan lengan sambil mempertahankan kaki dan punggung agar tetap lurus.

3. Squats

Lakukan gerakan squats untuk memperkuat bagian pinggul dan paha Kamu. Untuk memulai, berdiri tegak dengan kaki terbuka selebar bahu.

Baca Juga: Cara Mengecilkan Lengan Tanpa ke Gym

Pastikan kaki rata dengan tanah dan genggam kedua tangan dan tekut lutut seolah-olah Kamu sedang duduk. Pinggul juga harus turun saat melakukan gerakan ini. Angkat bokong kembali untuk menyelesaikan satu repetisi.

Ada banyak variasi gerakan squats mulai dari:

  • Jump squat yakni gerakan yang dilakukan setelah kembali dari posisi setengah jongkok dan harus melompat terlebih dahulu sebelum menurunkan kembali pinggul sejajar dengan lutut. Teknik ini berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung yang ditandai dengan semakin cepatnya detak jantung dalam tubuh.
  • Overheat Squat yakni variasi gerakan yang dilakukan dengan mengangkat bola gym dan bertujuan untuk melatih kekuatan otot di bagian atas seperti lengan, bahu, dan punggung.
  • Black squat merupakan variasi gerakan yang dilakukan dengan menggunakan barbel yang dipegang dan diangkat dengan kedua tangan saat melakukan squat. Gerakan ini memiliki fungsi utama dalam memperkuat otot di sekitar bahu dan lengan.

4. Paru-paru

Kaki akan diuntungkan dengan gerakan olahraga paru-paru ini. Mulailah dengan berdiri dengan kaki selebar pinggul.

Baca Juga: Daftar Gerakan Olahraga Sebelum Tidur yang Mudah Dilakukan

Dengan kaki kanan. Ambil langkah besar ke depan dan tekuk sepenuhnya sehingga lutut kanan membentuk sudut 90 derajat. Sementara itu, lutut kiri harus dalam posisi melayang tepat di atas lantai dengan sudut 90 derajat.

Gunakan kaki kanan untuk mendorong tubuh ke atas untuk menyelesaikan repetisi. Setelah selesai dengan sisi kanan, ulangi kembali di sisi kiri.

5. Gerakan kayang

Gerakan kayang menjadi gerakan senam di rumah yang paling mudah dilakukan hanya dengan  mengangkat tubuh bagian belakang. Mulailah gerakan kayang dengan tidur terlentang di lantai dan posisikan kedua tangan dan kaki untuk menumpu bagian tubuh.

Angkat kedua tangan dan posisikan sejajar dengan telinga sementara lutut ditekuk sambil tetap berpijak. Lalu, angkat perlahan tubuh hingga mencapai posisi kayang.