8 Jenis Makanan untuk Menjaga Kesehatan Jantung yang Bisa Dicoba!

23 March 2022
8 Jenis Makanan untuk Menjaga Kesehatan Jantung yang Bisa Dicoba!
BY Awal Mula

Penyakit jantung dapat menyumbang hampir sepertiga dari semua kematian di seluruh dunia seperti dikutip dari Healthline. Untuk menjaga dan mencegah risiko penyakit jantung, salah satu cara yang bisa Kawan Mula lakukan adalah mengonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan jantung.

Daftar Makanan yang Sehat untuk Jantung

Berikut ini beberapa makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung:

Cokelat hitam 

Makanan satu ini kaya akan sumber antioksidan seperti flavonoid, yang bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung. Berdasarkan beberapa penelitian, makan cokelat telah dikaitkan dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Tidak hanya itu, dengan mengonsumsi cokelat kurang dari 6 porsi seminggu bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung koroner, diabetes, hingga stroke. 

Meski cokelat baik untuk kesehatan jantung, namun pastikan untuk memilih cokelat hitam yang berkualitas tinggi, yang mengandung kakao minimal 70%. Kemudian batasi asupan mengonsumsi cokelat untuk menjaga kesehatan jantung.

Kacang Almond

Almond merupakan kacang yang sangat padat nutrisi, mengandung mineral dan vitamin yang penting untuk kesehatan jantung. Tidak hanya itu, almond juga mengandung sumber lemak dan serat tak jenuh yang sehat untuk jantung, sehingga dapat melindungi diri dari penyakit jantung. 

Baca Juga: Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan Jantung

Berdasarkan penelitian, kacang almond memiliki efek yang kuat untuk kadar kolesterol. Dari salah satu studi yang melibatkan 48 orang dengan kolesterol tinggi menunjukkan bahwa makan almond sebanyak 43 gram setiap hari selama 6 minggu dapat mengurangi lemak perut dan kadar kolesterol LDL (jahat). Meski almond sangat tinggi nutrisi, namun kacang ini juga tinggi kalori. Untuk itu, batasi asupan kamu ketika mengonsumsi kacang almond.

Minyak Zaitun

Jenis minyak ini mengandung sumber antioksidan, yang bisa membantu mengurangi risiko penyakit kronis dan meredakan peradangan. Tidak hanya itu, minyak zaitun yang kaya akan asam lemak tak jenuh ini juga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Tips Membuat Gorengan Sehat

Berdasarkan hasil penelitian pada 7.216 orang dewasa yang berisiko tinggi terkena penyakit jantung menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi minyak zaitun paling banyak memiliki risiko 35% lebih rendah terkena penyakit jantung. Tidak hanya itu, mengonsumsi minyak zaitun lebih tinggi juga berkaitan dengan risiko kematian 48% lebih rendah akibat penyakit jantung

Kenari

Kacang kenari mengandung sumber serat dan mikronutrien seperti magnesium, tembaga, dan mangan. Berdasarkan hasil penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi beberapa porsi kenari dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung. Tidak hanya itu, berdasarkan studi tahun 2009 pada 365 peserta menunjukkan bahwa diet yang dilengkapi dengan kenari dapat menurunkan kadar LDL (jahat) dan kolesterol total lebih besar.

Chia Seeds

Biji chia merupakan sumber nutrisi yang baik untuk jantung, karena mengandung serat dan asam lemak omega-3. Berdasarkan hasil penelitian, dengan menambahkan jenis biji ini ke makanan dapat menurunkan risiko penyakit jantung, tekanan darah, trigliserida, dan kolesterol. Tidak hanya itu, biji chia juga bisa menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol tetap terkendali.

Teh Hijau

Teh hijau salah satu minuman yang dapat menjaga kesehatan jantung. Berdasarkan sebuah studi mengungkapkan bahwa ekstrak teh hijau dapat meningkatkan leptin dan mengurangi kolesterol LDL (jahat) pada wanita dengan kelebihan berat badan dan obesitas. Kandungan teh hijau mengandung sumber antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel, melindungi kesehatan jantung, dan mengurangi peradangan.

Baca Juga: 11 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Buah Beri

Stroberi, blueberry, blackberry, atau raspberry merupakan buah dengan kandungan nutrisi penting yang berperan dalam kesehatan jantung. Buah beri juga kaya akan antioksidan seperti anthocyanin, yang dapat melindungi diri terhadap stres oksidatif dan peradangan yang berkontribusi pada perkembangan penyakit jantung.

Berdasarkan studi mengungkapkan bahwa makan buah beri dapat mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung. Misalnya, satu penelitian pada 33 orang dewasa dengan obesitas menunjukkan bahwa mengonsumsi stroberi selama 4 minggu dapat meningkatkan resistensi insulin. 

Tidak hanya itu, studi lain juga mengungkapkan bahwa makan blueberry setiap hari dapat meningkatkan fungsi sel yang melapisi pembuluh darah, sehingga membantu mengontrol tekanan darah dan pembekuan darah. Buah beri dapat dijadikan sebagai camilan yang mengenyangkan atau pencuci mulut rendah kalori yang lezat. Untuk itu, Kawan Mula bisa menambahkan beberapa jenis buah beri ke dalam makanan untuk merasakan manfaatnya.

Sayuran Hijau

Bayam, kangkung, sawi, dan sayuran hijau lainnya terkenal kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidannya. Sayuran hijau tersebut mengandung sumber vitamin K yang dapat melindungi arteri dan meningkatkan pembekuan darah. Tidak hanya itu, sayuran hijau juga tinggi nitrat yang telah terbukti mengurangi tekanan darah, meningkatkan fungsi sel-sel yang melapisi pembuluh darah, dan mengurangi kekakuan arteri. 

Beberapa penelitian juga menemukan hubungan antara sayuran berdaun hijau dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Selain itu, berdasarkan satu analisis dari delapan penelitian menemukan bahwa asupan sayuran berdaun hijau dikaitkan dengan insiden penyakit jantung hingga 16% lebih rendah.

Nah, itulah delapan jenis makanan untuk menjaga kesehatan jantung yang bisa Kawan Mula coba. Jika Kawan Mula mencari beberapa makanan sehat untuk jantung, kamu bisa temukan dan pesan di awalmula.co.id.