12 Manfaat Air Rebusan Cengkeh untuk Obati Sinus hingga Demam

1 January 2022
12 Manfaat Air Rebusan Cengkeh untuk Obati Sinus hingga Demam
BY Awal Mula

Manfaat Air Rebusan Cengkeh Untuk Kesehatan

Dikenal memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, berikut ini manfaat air rebusan cengkeh yang bisa Kawan Mula rasakan.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat paling terkenal dari minuman cengkeh adalah membantu proses pencernaan. Cukup minum secangkir teh cengkeh sebelum makan siang atau makan malam karena hal tersebut dapat merangsang aliran darah dan meningkatkan produksi air liur untuk pencernaan makanan yang lebih baik. Selain itu, teh cengkeh juga dapat meningkatkan sekresi lambung dan memiliki sifat analgesik yang dapat memerangi keasaman dan sakit perut yang disebabkan karena gangguan pencernaan atau perut kembung. Selain itu, teh ini juga memberikan efek antiemetik (anti-mual) yang kuat.

Menurunkan Berat Badan

Bagi Kawan Mula yang sedang berusaha menurunkan berat badan atau menjalani diet, air rebusan cengkeh dapat berguna untuk mengurangi berat badan. Untuk bisa menurunkan berat badan, kuncinya adalah metabolisme yang cepat dan pencernaan yang sehat. Oleh karena itu, air cengkeh dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan kinerja pencernaan. Tidak hanya itu, air cengkeh dapat bekerja dengan cara menjaga perut dari keroncongan di antara waktu makan.

Menjaga Kadar Gula Darah

Untuk siapapun yang harus mengontrol kadar gula darah, mereka akan senang ketika tahu manfaat air cengkeh satu ini. Penelitian mengungkapkan bahwa senyawa tertentu dalam cengkeh dapat membantu meningkatkan produksi insulin, yang kemudian dapat menurunkan kadar gula darah seseorang. Oleh karena itu, air rebusan cengkeh cocok diminum bagi penderita diabetes.

Sebagai Anti - Bakteri

Manfaat air cengkeh juga cukup meluas hingga ke area mulut. Cengkeh telah diteliti dapat berperan sebagai agen anti-bakteri. Pada sebuah penelitian, obat kumur yang mengandung cengkeh ditemukan dapat membantu melawan bakteri dan plak di mulut. Apabila digabungkan dengan produk pembersih mulut yang tepat, sifat anti-bakteri pada air cengkeh dapat membantu memperkuat kesehatan gigi dan mulut Kawan Mula.

Membantu Mengurangi Efek Peradangan

Cengkeh terkenal akan efek anti-inflamasi. Tidak hanya itu, cengkeh juga kaya akan zat antioksidan yang dapat membantu mengurangi efek stres oksidatif dan peradangan. Oleh karena itu, air cengkeh dapat berguna bagi pasien dengan penyakit radang sendi.

Membantu Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Minum air cengkeh setiap pagi dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus melindungi kamu dari flu dan infeksi. Selain sebagai sumber mineral dan vitamin, air cengkeh juga sangat berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan. Air cengkeh juga mengandung beberapa zat penting untuk tubuh seperti vitamin C, mangan, vitamin K, magnesium, dan kalsium. 

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Mengonsumsi air cengkeh secara teratur dinilai dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang. Mengingat seiring bertambahnya usia, seseorang akan lebih berisiko terkena penyakit tulang yang tidak diinginkan misalnya osteoporosis. Oleh karena itu, konsumsi air cengkeh dapat bermanfaat bagi Kawan Mula yang sedang menghindari risiko tersebut. Senyawa dalam cengkeh juga dapat membantu menjaga massa tulang serta meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang. Hal ini berkaitan dengan kandungan mangan di dalam cengkeh yang sangat baik dan penting untuk kesehatan tulang secara keseluruhan.

Mengobati Infeksi Sinus

Apakah Kawan Mula menderita sesak dada atau sinus? Cobalah minum secangkir teh cengkeh hangat (terutama di pagi hari) untuk membersihkan infeksi dan menghilangkan sinus dengan cepat. Kehadiran eugenol membuat cengkeh menjadi agen ekspektoran yang ampuh membersihkan dahak yang tersumbat dan menyebarkan kehangatan di sekitar area tersebut.

Meredakan Sakit Gusi dan Gigi

Sakit gigi dan nyeri dapat menyebabkan masalah iritasi sepanjang hari, terutama saat seseorang makan atau minum. Cengkeh telah banyak digunakan sebagai obat alami untuk meredakan sakit gigi selama berabad-abad. Hal ini karena cengkeh mengandung eugenol, yaitu senyawa kimia yang dapat memberikan efek menenangkan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Drug Invention Today telah membandingkan manfaat penghilang rasa sakit dari bawang putih dan cengkeh, yang dilakukan pada dua kelompok peserta yang mengalami sakit gigi cukup parah.Dari hasil penelitian tersebut, sebanyak 33% dari kelompok yang mengonsumsi bawang putih mengalami kelegaan dibandingkan dengan 54% peserta yang menggunakan cengkeh.  Berdasarkan penelitian tersebut, para peneliti kemudian menyimpulkan bahwa cengkeh lebih efektif dibandingkan bawang putih untuk meredakan rasa tidak nyaman pada gigi dan gusi.

Mengobati Batuk dan Pilek

Selain mengonsumsi obat batuk atau pilek, cobalah untuk menyeduh secangkir teh cengkeh. Menurut Neil Schachter, MD., cengkeh dapat bekerja sebagai ekspektoran, yang mampu melonggarkan lendir di tenggorokan dan kerongkongan yang dapat menyebabkan batuk. Schachter juga menyarankan untuk menambahkan rempah-rempah utuh lainnya ke dalam teh cengkeh, misalnya kapulaga atau kayu manis. Kedua rempah tersebut memiliki manfaat untuk kesehatan seperti membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi stres, dan menurunkan berat badan. 

Menyembuhkan Infeksi Kulit

Dipenuhi dengan sifat antiseptik, teh cengkeh dapat berguna dalam membantu mengatasi berbagai masalah kulit. Selain itu, cengkeh juga mengandung minyak atsiri yang dapat membantu membersihkan racun dari tubuh. Ketika dioleskan, minyak tersebut dapat menyembuhkan luka luar. Tidak hanya itu, kamu juga dapat mengoleskan teh ke kulit untuk melindungi dari cedera atau goresan kulit dan infeksi jamur pada kulit seperti kutu air atau kurap.

Meredakan Demam

Teh cengkeh kaya akan magnesium, vitamin E dan vitamin sehingga menjadikan minuman cengkeh kaya akan nutrisi. Selain itu, sifat anti-inflamasi yang terdapat di cengkeh juga dapat membantu melawan infeksi bakteri. Teh cengkeh juga dapat bersifat antipiretik sehingga dapat membantu menurunkan suhu tubuh.

Bagiamana Cara Membuat Teh Cengkeh yang Tepat?

Minum air rebusan cengkeh merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan manfaat cengkeh secara maksimal. Untuk membuat minuman cengkeh sangatlah mudah. Cukup rendam dua siung cengkeh dalam segelas air, lalu biarkan semalaman. Kemudian minum air cengkeh saat perut kosong di pagi hari.

Selain cara tersebut, Kawan Mula juga dapat membuat minuman cengkeh atau teh cengkeh dengan cara menggiling kasar satu sendok cengkeh. Setelah halus dan menjadi bubuk, masukkan ke dalam secangkir air hangat. Lalu biarkan selama 5 - 10 menit. Setelah itu, tambahkan setengah sendok bubuk teh dan biarkan campuran tersebut meresap selama beberapa menit. Setelah selesai, saring cairan cengkeh dan biarkan sejenak untuk menurunkan suhu. Setelah itu, nikmati  teh cengkeh saat hangat.Nah, itulah 12 manfaat minuman cengkeh atau teh cengkeh yang dapat berguna untuk kesehatan dan cara membuatnya. Bagaimana Kawan Mula, tertarik untuk mencobanya? Kamu bisa buat minuman cengkeh sendiri di rumah untuk mendapatkan manfaatnya. Yuk, pesan cengkeh organik dari East Java & Co. Cengkeh organikEast Java & Co ini merupakan cengkeh yang berasal dan dibudidayakan di Sulawesi Utara, tepatnya di Pulau Sangihe.