Manfaat Rebusan Ketumbar, Bisa Untuk Turunkan Berat Badan

15 July 2022
Manfaat Rebusan Ketumbar, Bisa Untuk Turunkan Berat Badan
BY Awal Mula

Manfaat minum air ketumbar di pagi hari dipercaya bisa membantu meningkatkan pencernaan dan meningkatkan metabolisme pada tubuh, sehingga dapat membantu proses penurunan berat badan. Untuk tahu lebih lengkap tentang manfaat air ketumbar, yuk baca penjelasannya di artikel ini!

Apakah Air Rebusan Ketumbar Bisa Menurunkan Berat Badan?

Minum air rebusan ketumbar salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena ketumbar dapat merangsang enzim dalam pencernaan yang dikenal bisa meningkatkan kinerja sistem pencernaan.

Memiliki sistem pencernaan yang sehat merupakan kunci dalam menurunkan berat badan. Hal ini karena tubuh dapat menyerap dan mengasimilasi nutrisi dengan benar. Jika sistem pencernaan buruk terjadi, hal ini bisa menyebabkan laju metabolisme tubuh melambat. Metabolisme yang lambat akan mengakibatkan tubuh kesulitan untuk membakar kalori dengan tepat. Air ketumbar dapat dijadikan pilihan untuk menurunkan berat badan dengan cara memperlancar pencernaan.

Baca Juga: 5 Kriteria Makanan Sehat Terbaik

Selain dapat dijadikan untuk menggantikan semua minuman berkalori tinggi. Air rebusan ketumbar juga dapat membantu proses detoksifikasi atau menghilangkan racun berlebih di tubuh. Dengan begitu, tubuh akan jauh terasa ringan dan berat badan berkurang.

Manfaat Air Rebusan Ketumbar

Tidak hanya berguna dalam membantu menurunkan berat badan, air rebusan ketumbar juga memiliki manfaat lainnya. Berikut ini manfaat air rebusan ketumbar untuk kesehatan:

Baca Juga: Rekomendasi Menu Diet DEBM Untuk Seminggu

Meningkatkan kekebalan tubuh

Rempah satu ini dikenal dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh seseorang, karena sumber antioksidan yang ada dalam ketumbar bisa mengurangi aktivitas radikal bebas dalam tubuh. Dengan menjaga garis pertahanan pertama tubuh, hal ini juga dapat membantu tubuh dalam melawan banyak penyakit, termasuk corona akibat virus Covid-19.

Baca Juga: Manfaat Teh Hitam Untuk Diet

Memperkuat Rambut

Ketumbar dikenal kaya akan vitamin seperti vitamin A, K, dan C. Kandungan tersebut sangatlah penting untuk menjaga kekuatan dan pertumbuhan rambut. Untuk merasakan manfaat yang satu ini, kamu bisa mulai rutin minum air ketumbar di pagi hari untuk mengurangi masalah rambut rontok dan kerusakan rambut. Selain minum air ketumbar, kamu juga bisa mengoleskan minyak ketumbar atau dijadikan masker rambut.

Membantu Mengurangi Jerawat, Bekas Luka, dan Pigmentasi

Rempah yang satu ini mengandung zat besi serta memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Manfaat minum air ketumbar setiap pagi adalah kamu bisa mencapai kulit yang bersih bercahaya dan halus.

Mengeluarkan Racun Dari Dalam Tubuh

Ketumbar dikenal sebagai diuretik yang bisa membantu menghilangkan racun dari tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi air ketumbar di pagi hari dapat menjadi ide yang tepat untuk mendetoksifikasi sistem tubuh sebelum memulai hari.

Cara Mendapatkan Manfaat Air Ketumbar

Untuk mendapatkan manfaat dari air ketumbar, berikut ini dua cara yang bisa kamu lakukan:

Metode 1:

  • Panaskan air sampai suam-suam kuku dan matikan api.
  • Tambahkan biji ketumbar ke dalam air dan biarkan terendam setidaknya selama 4 jam.
  • Setelah 4 jam, gunakan tangan yang bersih untuk menghancurkan bijinya sedikit, lalu biarkan biji yang sudah hancur terendam di dalam air selama 10 menit.
  • Gunakan saringan teh untuk menyaring biji dari air.
  • Minum airnya dalam waktu maksimal 2 jam.

Metode 2:

  • Didihkan air dan matikan api.
  • Segera tambahkan biji ketumbar ke dalam air panas dan biarkan selama 15 menit.
  • Saring airnya dan buang bijinya.
  • Minum airnya maksimal selama 2 jam berikutnya.

Efek Samping Ketumbar yang Perlu Diperhatikan

Meski air rebusan ketumbar memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan dapat membantu menurunkan berat badan, Kawan Mula harus tetap waspada karena ketumbar memiliki efek samping berbahaya jika dikonsumsi berlebihan. Berikut ini efek samping yang mungkin dirasakan akibat konsumsi air rebusan ketumbar:

Menurunkan Terlalu Banyak Gula Darah

Biji ketumbar dapat membantu menurunkan gula darah seseorang. Apabila kamu sedang menjalani pengobatan untuk gula darah tinggi, sebaiknya periksa atau konsultasi dengan dokter. Dengan begitu, dokter dapat menyesuaikan dosis obat yang tepat. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan saran yang tepat mengenai jumlah biji yang dapat dikonsumsi.

Dapat Menyebabkan Alergi

Biji ketumbar bisa menimbulkan alergi pada beberapa orang karena adanya reaktivitas silang oleh serbuk sari mugwort. Gejala alergi yang timbul di antaranya, yaitu gatal pada bibir, mulut, dan tenggorokan, mata gatal, dan demam. Ketika Kawan Mula mengalami salah satu atau beberapa gejala tersebut, sebaiknya segera hentikan asupan air rebusan ketumbar dan segera konsultasi ke dokter.

 Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, biji ketumbar dapat menurunkan tingkat tekanan darah. Namun, jika Kawan Mula sedang menjalani pengobatan untuk tekanan darah tinggi, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kamu sebelum mengonsumsi air biji ketumbar.

Meskipun biji ketumbar merupakan bumbu makanan yang umum, tetapi tidak banyak yang menyadari manfaatnya. Padahal ketumbar memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh, salah satunya adalah membantu menurunkan berat badan jika ditambahkan ke dalam diet Kawan Mula.