6 Manfaat Air Rebusan Kulit Nanas yang Jarang Diketahui

12 May 2022
6 Manfaat Air Rebusan Kulit Nanas yang Jarang Diketahui
BY Awal Mula

Suka mengonsumsi buah nanas? Jika iya, jangan buang kulit nanasnya begitu saja. Selain dagingnya, kulit nanas juga dapat diolah menjadi minuman kaya manfaat, lho. Kali Awal Mula akan membagikan beberapa manfaat air rebusan kulit nanas untuk kesehatan.

Selain itu, air rebusan nanas juga baik dikonsumsi bagi yang sedang diet karena buah ini tidak banyak mengandung kalori.

Manfaat Air Rebusan Kulit Nanas

1. Melancarkan Pencernaan

Jika Kawan Mula memiliki masalah terkait sistem pencernaan, maka ini saatnya kamu mencoba minum air rebusan kulit nanas! Hal ini dikarenakan air rebusan kulit nanas mengandung enzim bromelain yang baik untuk sistem pencernaan.

Baca Juga: Simak Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan

Selain itu, menurut A Journal of Clinical Therapeutic, enzim tersebut juga berguna sebagai protau yang dapat memecah molekul protein menjadi peptida dan asam amino. 

2. Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Berdasarkan beberapa penelitian, telah membuktikan bahwa senyawa yang terdapat pada nanas dapat membantu mengurangi risiko kanker. Selain membantu melancarkan pencernaan, enzim bromelain juga mampu melawan kanker. 

Tidak hanya itu, penelitian lain telah menunjukkan bahwa enzim bromelain juga bisa menghasilkan molekul yang dapat membuat sel darah putih lebih efektif untuk menekan pertumbuhan dan menghilangkan sel kanker, serta merangsang sistem kekebalan tubuh.

3. Meningkatkan Kesehatan Mata

Selain wortel, buah nanas juga bagus untuk meningkatkan kesehatan mata. Buah satu ini mengandung vitamin A dan beta karoten yang bagus untuk mata.

Baca Juga: Ini Kriteria Makanan Sehat Yang Wajib Kamu Tahu!

Berdasarkan data dari hasil penelitian yang diterbitkan oleh Archives of Ophthalmology mengungkapkan bahwa dengan makan 3 porsi nanas atau bahkan lebih dapat membantu menurunkan risiko degenerasi makula. Hal tersebut berkaitan dengan usia, yang menjadi penyebab utama orang dewasa tua kehilangan penglihatannya.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kulit buah nanas mengandung kadar vitamin C yang tinggi, yang dapat mencegah dan melawan infeksi. Selain itu, bromelain dan vitamin C pada kulit nanas juga berperan untuk menangkal bakteri, meredakan batuk, menyembuhkan luka, dan menguatkan sistem daya tahan tubuh.

5. Membantu Menyaring Darah

Bromelain yang terdapat di kulit nanas dapat membantu menyaring darah. Hal tersebut dapat membantu mencegah pembentukan gumpalan darah. Selain itu, berguna untuk membentuk sel darah yang sehat.

Baca Juga: Turunkan Berat Badan Dengan Teh Hitam, Begini Caranya

Sedangkan kalium yang ditemukan pada kulit nanas juga dapat membantu menjaga keseimbangan osmotik darah. Dengan begitu, aliran pada pembuluh darah tetap stabil.

6. Meningkatkan Kesuburan

Berdasarkan penelitian, sekitar 20% pasangan mengalami ketidaksuburan. Untuk mengatasi hal itu, salah satu cara yang bisa Kawan Mula coba adalah mengonsumsi air rebusan nanas. 

Kandungan bromelain dan beta karoten pada kulit nanas dapat membantu mengurangi peradangan dan ideal untuk menanamkan zigot di dinding rahim.

Waktu Terbaik Minum Air Rebusan Kulit Nanas

Kamu bisa minum di pagi hari dalam keadaan perut kosong. Hal itu membantu dalam penyerapan nutrisi secara lebih baik, meski hal tersebut belum terbukti secara ilmiah.

Baca Juga: Manfaat Buat Bit Bagi Kesehatan

Selain pagi hari, kamu juga bisa minum air rebusan nanas pada malam hari sebelum tidur. Namun, apabila Kawan Mula punya permasalahan terkait pencernaan, kamu bisa minum air rebusan nanas ini secara rutin. 

Hal itu bisa membantu dalam mengatasi atau mencegah masalah sembelit. Kandungan antioksidan di dalam kulit nanas juga berperan dalam membersihkan tubuh dari logam berat.

Nah, itulah manfaat air rebusan kulit nanas dan waktu terbaik untuk meminumnya. Bagaimana Kawan Mula, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?