Buah Kering, Apakah Punya Manfaat untuk Kesehatan?

4 March 2022
Buah Kering, Apakah Punya Manfaat untuk Kesehatan?
BY Awal Mula

Ketika orang mulai menjalankan pola makan sehat, buah kering menjadi salah satu tren makanan sehat yang banyak dicari. Pasalnya, makanan satu ini sering dijadikan sebagai camilan sehat atau taburan oatmeal untuk sarapan. Meski begitu, apakah buah kering memiliki manfaat serupa dengan buah segar? Yuk, simak pembahasan mengenai buah kering selengkapnya di artikel ini!

Apa Itu Buah Kering?

Buah kering merupakan buah yang telah melalui proses pengeringan sehingga hampir semua kandungan airnya hilang. Setelah melalui metode pengeringan, buah menjadi menyusut, kering, dan padat energi. Buah kering dapat bertahan lebih lama dari buah segar. Selain itu, buah jenis ini juga sering dijadikan sebagai makanan ringan yang praktis dan bisa dibawa selama perjalanan jauh, yang tidak memiliki lemari pendingin.

6 Manfaat Buah Kering Bagi Kesehatan

Walau buah kering telah melalui proses pengeringan, Kawan Mula tak perlu khawatir karena buah ini masih memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi buah kering, yaitu:

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah-buahan kering mengandung protein, minyak esensial, kalsium, dan kalium yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, kehadiran antioksidan di dalamnya bisa membantu melawan berbagai jenis penyakit dan infeksi.

Baca Juga: 6 Makanan Tinggi Serat Yang Sehat Untuk Pencernaan

Salah satu contoh buah kering yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cepat adalah buah goji berry kering. Makanan satu ini dianggap sebagai superfoods yang diperkaya dengan kandungan zat besi, vitamin C, dan vitamin A. 

Tidak hanya itu, goji berry kering juga mengandung karbohidrat dan kalori yang lebih rendah. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C yang terdapat dalam buah kering juga bisa membantu melawan infeksi dan meningkatkan kualitas kulit.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah kering seperti plum, kismis, kurma, dan aprikot memiliki khasiat yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan meningkatnya metabolisme tubuh maka dapat meningkatkan energi sekaligus penurunan berat badan. Dengan mengkonsumsi buah kering hal ini dapat mencegah timbulnya keinginan makan. Hal ini karena buah kering dapat mengisi perut selama beberapa jam. 

Baca Juga: Manfaat Virgin Coconut Oil Untuk Kesehatan

Selain itu, buah kering juga dapat menjadi alternatif camilan sehat. Daripada Kawan Mula mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan tinggi gula, lebih baik kamu mengonsumsi buah kering. Tidak hanya itu, buah kering juga bisa membantu saluran pencernaan menjadi lebih baik karena dapat mencegah timbulnya kembung.

Meningkatkan Kesehatan Usus Besar dan Pencernaan

Buah kering memiliki serat prebiotik yang dapat membantu bakteri sehat dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan agar tetap berjalan baik. Salah satu buah pencahar alami yang terkenal adalah plum kering. 

Buah satu ini kaya akan vitamin A, potasium, vitamin K, dan serat. Oleh karena itu, plum kering dapat membantu memperbaiki masalah sembelit. Tidak hanya itu, buah ini juga dapat meningkatkan konsistensi dan frekuensi tinja.

Mencegah dan Mengontrol Diabetes

Buah kering dapat mengurangi risiko seseorang mengalami diabetes. Hal ini dikarenakan buah kering umumnya memiliki kandungan antioksidan, misalnya kismis. Sumber antioksidan yang terdapat di buah kering bisa membantu meningkatkan respons insulin. Tidak hanya itu, bisa membantu mencegah peradangan di pankreas dan stres oksidatif.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jika dibandingkan dengan buah segar, buah kering mengandung sumber antioksidan dan serat yang lebih banyak. Oleh karena itu, buah kering bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung. Contohnya buah cranberry kering, buah ini dapat membantu menjaga aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh tetap konsisten dan mencegah pembekuan darah.

Membantu Kehamilan yang Sehat

Apabila Kawan Mula sedang hamil, mengkonsumsi buah kering seperti kurma kering dapat membantu melancarkan proses melahirkan. Selain itu, kurma juga dapat membantu serviks melebar beberapa bulan terakhir pada masa kehamilan. Dengan adanya kalium, serat, zat besi, dan sumber antioksidan yang terkandung di buah kering juga dapat menciptakan kondisi kehamilan yang lebih sehat.

Nah itulah beberapa manfaat mengkonsumsi buah kering yang bisa Kawan Mula rasakan. Jika kamu tertarik menjadikan buah kering sebagai alternatif camilan yang sehat, kamu bisa mencoba dan pesan buah kering di awalmula.co.id. Beberapa buah kering yang bisa Kawan Mula temukan diantaranya, yaitu Freeze Dried Fruit Strawberry, buah naga kering, hingga durian kering.