Tentang Manfaat Collagen. Benarkah Kolagen Bisa Memutihkan Kulit?

1 September 2022
Tentang Manfaat Collagen. Benarkah Kolagen Bisa Memutihkan Kulit?
BY Awal Mula

Semua orang menginginkan kulit yang sehat setiap hari. Namun masih jarang yang mengetahui apa sebenarnya manfaat collagen dan apa fungsinya dalam tubuh? cari tahu manfaatnya pada pembahasan berikut ini!

Apa Itu Kolagen?

Kolagen merupakan jenis protein yang termasuk dalam structural paling melimpah pada hewan. Protein strukturan adalah protein yang membentuk struktur atau kerangka sel dan jaringan.

Ada 28 jenis kolagen yang diketahui dengan kolagen tipe 1 yang menyumbang sekitar 90% dari kolagen dalam tubuh manusia. Kolagen utama terdiri dari asam amino glisin, prolin, dan hidroksiprolin.

Baca Juga: Ciri-Ciri Wajah Rusak Akibat Cream

Tersedia produk kolagen oral dan topical seperti suplemen dan krim wajah yang sangat populer untuk mengobati tanda-tanda penuaan seperti keriput, hilangnya hidrasi kulit, dan nyeri sendi. Anda bisa membeli kolagen dalam bentuk bubuk, kapsul, dan cair.

Kolagan memiliki banyak fungsi penting termasuk dalam memberikan struktur pada kulit Anda dan memperkuat tulang Anda. Beberapa makanan secara alami dapat meningkatkan asupan kolagen termasuk kaldu tulang.

Manfaat Collagen

Kolagen memberikan banyak sekali manfaat untuk tubuh seperti:

Baca Juga: Manfaat Air Rebusan Kulit Nanas untuk Tubuh

1. Dapat Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kolagen merupakan komponen utama dalam kulit sehingga memainkan peran dalam memperkuat kulit serta berkaitan dengan elastisitas dan hidrasi. Seiring dengan bertambahnya usia, tubuh akan menghasilkan lebih sedikit kolagen yang menyebabkan kulit kering dan pembentukan kerutan.

Namun, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa peptide kolagen atau suplemen yang mengandung kolagen dapat membantu dalam memperlambat penuaan kulit Anda dengan mengurangi kerutan dan kekeringan.

Baca Juga: Olahan Makanan dari Sorgum, Pengganti Nasi yang Sehat

Bahkan, menurut sebuah studi mengkonsumsi 3-10 gram kolagen per hari selama rata-rata 96 hari dapat meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit yang lebih baik. Suplemen kolagan dapat meningkatkan produksi protein lain yang membantu struktur kulit termasuk elastin dan fibrilin.

2. Dapat Meredakan Nyeri

Kolagen membantu dalam menjaga integritas tulang rawan yakni jaringan seperti karet yang melindungi persendian Anda. Karena jumlah kolagen dalam tubuh akan menurun seiring dengan bertambahnya usia, resiko gangguan sendi degenerative seperti osteoarthritis meningkat.

Para peneliti menemukan bahwa kolagen tambahan dapat menumpuk di tulang rawan dan merangsang jaringan untuk membuat kolagen. Hal ini dapat menyebabkan peradangan lebih rendah dengan dukungan sendi yang lebih baik dan mengurangi rasa sakit.

3. Mencegah Keropos Tulang

Tulang sebagian besar terbuat dari kolagen yang memberikan mereka struktur dan kekuatan. Sama seperti kolagen dalam tubuh yang memburuk seiring dengan bertambahnya usia, begitu pula dengan maasa tulang.

Hal ini dapat menyebabkan kondisi seperti osteoporosis yang ditandai dengan kepadatan tulang yang rendah dan resiko patah tulang yang lebih tinggi. Suplemen kolagen dapat membantu dalam menghambat kerusakan tulang penyebab osteoporosis.

4. Meningkatkan Massa Otot

Sebagai protein paling melimpah dalam tubuh, kolagen merupakan komponen penting dari otot rangka. Studi menunjukkan bahwa suplemen kolagen membantu dalam meningkatkan massa otot pada orang dengan kondisi sarcopenia, yang mengalami kehilangan massa otot yang terjadi seiring dengan bertambahnya usia.

 Para peneliti juga menyaraknkan kolagen tambahan yang dapat meningkatkan sintesis protein otot seperti creatine yang merangsang pertumbuhan otot setelah berolahraga.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Para peneliti menemukan bahwa suplemen kolagen dapat mengurangi resiko kondisi jantung. Kolagen menyediakan struktur untuk arteri, yakni pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh.

Tanpa kolagen yang cukup, arteri mungkin menjadi kurang fleksibel dan elastis. Hal ini dapat menyebabkan penyakit yang ditandai dengan penyempitan di bagian arteri yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

6. Mengurangi Jerawat

Kolagen dapat menyeimbangkan hormone yang memiliki fungsi berbeda dalam tubuh Anda. Salah satu cara untuk mengetahui apakah Anda memiliki ketidakseimbangan hormon adalah dengan jerawat.

Konsumsi kolagen dalam nutrisi bermanfaat untuk menyeimbangkan hormone dalam tubuh dan mengurangi jerawat yang muncul di kulit wajah.

7. Menyamarkan Bekas Luka

Kolagen dipenuhi dengan asam amino yang dapat mempercapat penyembuhan kulit. Hal ini juga mempercepat proses penyembuhan dan pembentukan kulit baru di sekitar kulit yang terdapat bekas luka.

Seiring dengan bertambahnya usia, bekas luka ini jauh lebih sulit untuk dikurangi karena kolagen perlahan mulai berhenti memproduksi sebanyak itu dalam tubuh kita.

Benarkah Kolagen dapat Memutihkan Kulit?

Kolagen ternyata juga bekerja untuk memutihkan kulit dan membantu dalam mencegah keriput yang muncul di kulit. Kulit merupakan organ yang kompleks dengan banyak sekali lapisan yang berbeda terdiri dari keratin, yakni protein yang membentuk kulit.

Keratin menjadi komponen utama dari kulit kita dan bertangggung jawab untuk melindungi tubuh dari sinar matahari, kotoran, bakteri, virus, jamur, dan allergen, radikal bebas, polusi udara, polusi lalu lintas.

Kolagen merupakan protein yang terdiri dari dua asam amino yakni leusin dan valin. Kolagen juga termasuk dalam protein yang larut dalam lemak. Ketika tubuh memecah kolagen menjadi komponen asam amino penyusunnya, ia menciptakan lapisan baru yang disebut dengan elastin.

Elastin ini merupakan komponen yang paling melimpah di kulit dan ditemukan paling melimpah di dermis yang membantu dalam menyatukan jaringan ikat. Sel kulit juga bertanggung jawab untuk produksi melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit.

Sel-sel kulit yang memproduksi kolagen dan elastik, namun ini bukanlah hal yang sama. Menin ini diproduksi oleh melanosit folikel rambut sedangkan kolagen ini dibentuk oleh keratinosit. Kedua komponen ini sangat penting untuk kesehatan kulit.