Manfaat Minuman Kolagen untuk Kecantikan Kulit

2 August 2022
Manfaat Minuman Kolagen untuk Kecantikan Kulit
BY Awal Mula

Pernahkah Kamu mendengar tentang minuman kolagen? Saat ini minuman kolagen sedang booming terutama di kalangan wanita. Sebab dipercaya mampu membuat kulit semakin glowing dan sehat. Maka tak heran banyak masyarakat yang mulai mengonsumsi minuman kolagen untuk menunjang kesehatan dan kecantikan kulit. Lalu sebenarnya apa saja manfaat minuman kolagen untuk tubuh ya?

Apa itu Collagen Drink?

Kolagen merupakan salah satu protein penting yang diproduksi tubuh manusia secara alami. Protein kolagen tersebar di jaringan kulit, gigi, ligamen, tendon dan jaringan tubuh lainnya. Kolagen bekerja untuk menjaga stabilitas, struktur serta kekencangan kulit dengan membentuk jaring-jaring penyangga. Sehingga dapat mencegah munculnya kerutan lebih dini pada kulit sebab elastisitas dan kelembaban kulit terjaga.

Sedangkan collagen drink adalah minuman serbuk yang memiliki kandungan protein kolagen yang tersuspensi dalam bentuk cairan. Namun yang perlu diketahui adalah, minuman kolagen tidak akan menambahkan asupan kolagen secara langsung melainkan mampu menstimulasi tubuh agar bisa memproduksi kolagen menjadi lebih banyak lagi.

Baca Juga: Perbedaan Breakout dan Purging Pada Wajah

Manfaat Minuman Kolagen Untuk Tubuh

Tubuh memang mempunyai caranya sendiri untuk dapat memproduksi kolagen secara alami, namun penting juga untuk memberi asupan bergizi untuk menunjang proses pembentukan kolagen tersebut. Misalnya saja dengan mengonsumsi kacang-kacangan dan sayuran.

Selain itu, Kamu juga bisa mendapat asupan kolagen tambahan dengan mengonsumsi minuman kolagen. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari minuman kolagen yaitu sebagai berikut :

1. Mencegah penuaan

Salah satu manfaat yang banyak dicari oleh para wanita dari minuman kolagen yaitu dapat mencegah penuaan dini. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, minuman kolagen mampu menstimulasi produksi kolagen dalam tubuh.

Baca Juga: Cara Memilih Sunscreen Sesuai Jenis Kulit

Sehingga jumlah kolagen bisa bertambah. Tak dipungkiri, semakin bertambahnya usia seseorang maka jumlah kolagennya akan semakin berkurang. Sehingga cepat terjadi keriput ataupun garis-garis halus di kulit.

2. Warna kulit lebih merata

Protein kolagen mengandung asam amino. Rupanya kandungan ini mampu menjaga lapisan epidermis kulit menjadi lebih halus serta cerah. Sehingga warna kulit tubuh menjadi lebih merata saat minum minuman kolagen.

3. Mampu menjaga kekuatan rambut

Tidak hanya baik untuk kulit, mengonsumsi kolagen rupanya juga bisa menjaga kekuatan rambut. Sebab beberapa jenis asam amino pada kolagen membentuk keratin, dimana keratin adalah protein alami yang berguna dalam membentuk jaringan rambut.

Baca Juga: Cara Memakai Masker Rambut

4. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat baik lainnya dari kolagen yaitu bisa mempercepat penyembuhan luka maupun cedera. Sebab kolagen bisa membangun kembali jaringan ikat pada kulit, persendian serta otot. Selain itu, kolagen juga mampu memperkuat strktur dari urat dan tulang. Maka tak heran jika dengan meminum kolagen, luka atau cedera lebih cepat pulih.

5. Dapat mengurangi selulit

Jika Kamu memiliki keluhan selulit, Kamu tentu akan merasa jika tekstur kulit tidak merata. Hal ini disebabkan karena jaringan lemak mendesak ke bagian atas kulit sehingga menembus hingga lapisan kulit teratas. Dengan mengonsumsi kolagen, dapat berperan untuk mempercepat regenerasi sel-sel kulit yang rusak sehingga cepat membaik. Maka dari itu, kolagen juga memiliki manfaat yang baik untuk mengurangi selulit.

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Pegagan Untuk Wajah

Cara Memilih Minuman Kolagen Yang Baik

Saat ini ada begitu banyak minuman kolagen yang ada di pasaran. Maka dari itu, Kamu perlu jeli dalam memilih minuman kolagen yang baik untuk tubuh. Berikut ini cara memilih minuman kolagen yang tepat agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal.

Minuman kolagen dengan berat molekul yang rendah

Kolagen pada dasarnya sulit diserap tubuh. Maka dari itu Kamu disarankan untuk memilih minuman kolagen dengan berat molekul yang rendah. Sebab, kolagen dengan berat molekul rendah mudah dipecah jadi molekul yang lebih kecil, sehingga tubuh lebih mudah menyerap kolagen.

Ada banyak produk minuman kolagen yang diproduksi dari hewan dengan berat molekul yang rendah. Maka dari itu, penting untuk memeriksa keterangan bahan pada kemasan untuk tahu jenis kolagennya.

Memeriksa jenis bahan bakunya

Penyerapan kolagen juga tergantung dari jenis bahan bakunya. Ada dua jenis bahan baku yaitu grass fed collagen dan marine collagen. Grass fed collagen berasal dari hewan dan umumnya memiliki harga yang terjangkau. Untuk Kamu yang masih pemula, jenis grass fed collagen bisa menjadi pilihan.

Sedangkan marine collagen atau dikenal sebagai fish collagen merupakan kolagen yang berasal dari bahan ikan. Molekulnya berukuran jauh lebih kecil sehingga sangat mudah diserap tubuh. Maka dari itu, marine collagen mampu memberikan efek lebih maksimal. Lebih baik lagi apabila Kamu mengonsumsi kolagen dari tulang rawan atau kulit ikan.

Pertimbangkan harga minuman kolagen

Minuman kolagen biasanya dijual dalam berbagai varian rasa. Tentunya pilih varian rasa yang Kamu sukai agar minuman kolagen bisa lebih dinikmati. Selain itu, perhatikan juga takaran saji minuman kolagen tersebut. Terdapat minuman kolagen dalam kemasan botol kecil atau sachet. Sehingga mudah dibawa kemana saja saat Kamu bepergian.

Harga dari minuman kolagen juga variatif di pasaran. Ada yang sangat mahal dan ada yang terjangkau. Meski begitu, harga yang mahal belum tentu memiliki kandungan kolagen yang tinggi. Bisa jadi karena ada kandungan seperti royal jelly dan sodium hyaluronate menjadikan harga produk lebih tinggi.

Menjaga kadar kolagen dalam tubuh memang cukup penting agar kesehatan kulit lebih terjaga. Minum minuman kolagen bisa menjadi salah satu cara tepat untuk mneingkatkan kadar kolagen dalam tubuh. Namun, jangan lupa juga untuk selalu mengonsumsi makanan yang bergizi serta rajin berolahraga untuk menunjang kesehatan tubuh Kamu.