6 Manfaat Daun Kelor untuk Wajah Beserta Cara Mengolahnya

22 July 2022
6 Manfaat Daun Kelor untuk Wajah Beserta Cara Mengolahnya
BY Awal Mula

Faktanya, daun kelor memiliki manfaat baik untuk kesehatan kulit wajah. Tanaman yang banyak dijumpai di Indonesia ini mempunyai nama latin Moringa oleifera. Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat daun kelor untuk wajah, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Kandungan Daun Kelor

Namun, sebelum membahas lebih lanjut mengenai manfaat daun kelor untuk wajah. Ada baiknya, Kamu mengetahui lebih dulu kandungan apa saja yang terdapat pada daun kelor, yang dipercaya baik untuk kesehatan tubuh dan kulit wajah.

1. Vitamin dan Mineral

Daun kelor memang terkenal akan kandungan vitamin dan mineralnya. Sebut saja vitamin A, B1 (thiamin), B2, (riboflavin), B3 (niacin), B6, C, E dan juga folat. Selain itu, juga ada kandungan zat besi, fosfor, kalsium, seng dan juga magnesium.

Baca Juga: Manfaat Tea Tree Oil Untuk Wajah

2. Asam Amino

Selain kaya akan vitamin dan mineral, daun kelor juga mengandung 18 jenis asam amino. Dimana semuanya mempunyai peranan penting untuk kesehatan tubuh. Misalnya saja untuk menjaga kesehatan hati dan lambung.

3. Antioksidan

Daun kelor ternyata juga mempunya sifat antioksidan, yang tentunya bisa melindungi tubuh dari efek radikal bebas yang ada di sekitar Kamu. Hal ini tidak lain karena kandungan vitamin C dan beta-karoten yang bertindak untuk melawan radikal bebas.

Baca Juga: Ciri-Ciri Wajah Rusak Akibat Cream

Selain itu, juga terdapat quercetin, salah satu antioksidan yang membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Antioksidan lain yang terdapat dalam daun kelor adalah asam klorogenik, yang berguna untuk menstabilkan kadar gula darah.

Manfaat Daun Kelor untuk Wajah

Selain dikonsumsi langsung, daun kelor kerap kali digunakan dalam bentuk masker wajah alami. Dimana penggunaan masker wajah daun kelor ini akan memberikan manfaat untuk kulit wajah secara langsung. Nah, berikut ini beberapa manfaat daun kelor untuk wajah yang bisa Kamu nikmati:

Baca Juga: Ciri-Ciri Muka Breakout

1. Mencerahkan Kulit Wajah

Kandungan vitamin C pada daun kelor berguna untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit. Vitamin C akan menekan pembentukan melanin yang berguna untuk memberikan warna pada kulit. Selain itu, vitamin C pada daun kelor juga mempunyai peranan penting untuk pembentukan kolagen, sebuah protein yang dibutuhkan untuk menjaga elastisitas kulit.

2. Mencegah dan Mengurangi Jerawat

Seperti yang diketahui, jerawat biasanya disebabkan oleh bakteri dan peradangan pada kulit wajah. Nah, ekstrak daun kelor ini ternyata mempunyai efek antibakteri dan anti radang. Dimana keduanya akan menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi peradangan di area kulit wajah.

3. Menghaluskan dan Melembutkan Kulit Wajah

Niacin atau vitamin B3 yang ditemukan pada daun kelor mempunyai kegunaan untuk memperbaiki tekstur epidermis atau lapisan kulit terluar. Dengan begitu, dapat membuat kulit menjadi lebih lembut dan lebih halus. Selain itu, niacin juga sangat dibutuhkan untuk menjaga kelembaban kulit.

4. Mencegah Kerusakan Kulit Akibat Paparan Sinar Ultraviolet

Salah satu faktor utama yang bisa merusak kesehatan kulit wajah adalah terkena paparan sinar ultraviolet terlalu lama. Namun, Kamu tidak perlu khawatir lagi, jika harus bekerja di luar ruangan. Sebab, kerusakan kulit tersebut bisa dicegah dengan menggunakan masker daun kelor, yang mempunyai kandungan vitamin A, C dan E, serta senyawa antioksidan dan anti radang.

5. Mencegah Penuaan

Daun kelor kaya akan senyawa antioksidan dan vitamin C yang bisa menghasilkan kolagen. Ya, kadar antioksidan dan kolagen yang cukup mempunyai peranan penting dalam mencegah dan memperlambat penuaan dini. Serta mengurangi flek atau bintik hitam dan juga kerutan di wajah.

6. Meregenerasi Sel Kulit

Selain berguna untuk menjaga kesehatan tulang, senyawa kalsium yang ada pada daun kelor juga berguna untuk kesehatan kulit juga. Hal ini tidak lain karena kalsium dibutuhkan untuk meregenerasi sel kulit wajah. Khususnya untuk pembentukan sel kulit baru yang tentunya lebih sehat.

Cara Mengolah Daun Kelor untuk Kecantikan

Untuk bisa mendapatkan manfaat daun kelor untuk wajah, tentunya Kamu harus mengolahnya sedemikian rupa, supaya manfaatnya bisa Kamu nikmati. Lantas bagaimana cara mengolah daun kelor untuk perawatan wajah yang benar? Nah berikut ini langkah-langkah cara mengolah daun kelor untuk dijadikan masker untuk perawatan wajah Kamu.

  • Masukkan satu sendok bubuk daun kelor ke dalam mangkuk. Kamu juga bisa menggunakan daun kelor yang sudah ditumbuk halus.
  • Tambahkan satu sendok air mawar, madu dan setengah sendok sari lemon.
  • Tuangkan air sulingan secukupnya hingga campuran tersebut menyerupai pasta kental.
  • Setelah masker selesai dibuat, oleskan ke kulit wajah secara merata. Diamkan kurang lebih selama 10 menit atau hingga masker mengering.
  • Setelah masker kering, bersihkan wajah dengan air hangat. Kemudian keringkan dengan handuk bersih. Serta jangan lupa oleskan moisturizer.

Manfaat daun kelor untuk wajah memanglah beragam, mulai dari mencerahkan wajah hingga mencegah penuaan dini. Meski demikian, Untuk mendapatkan hasil maksimal, Kamu juga perlu melakukan perawatan wajah lainnya, seperti mencuci wajah dua kali sehari secara rutin dan menggunakan produk perawatan kulit wajah lain yang sesuai dengan jenis kulit Kamu.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat daun kelor untuk wajah beserta dengan cara mengolahnya supaya mendapatkan hasil maksimal. Semoga bisa bermanfaat buat Kamu yang ingin melakukan perawatan wajah secara alami.