7 Manfaat Daun Pegagan untuk Wajah yang Bikin Glowing Alami

25 July 2022
7 Manfaat Daun Pegagan untuk Wajah yang Bikin Glowing Alami
BY Awal Mula

Pernah dengar daun pegagan (centella asiatica) yang diklaim sebagai tanaman yang mampu memberikan umur panjang dan pemulihan? Ternyata manfaat daun pegagan untuk wajah sangatlah luar biasa. Daun ini memiliki kandungan aktif yang mampu bekerja ke dalam bagian sel kulit paling dalam.

Daun ini semakin populer karena digunakan ke dalam produk skincare yang mampu membuat wajah glowing secara alami. Bahan alaminya sangat baik digunakan tanpa adanya efek samping. Bahkan cocok digunakan untuk remaja hingga dewasa.

Nah, apa saja manfaat daun pegagan untuk wajah tersebut sehingga digunakan sebagai bahan utama produk skincare?

Memiliki Kandungan Antioksidan yang Mampu Mengatasi Penuaan dan Keriput

Kandungan antioksidan yang ada di dalam daun pegagan ini sangat baik untuk kulit. Terutama kulit wajah yang sangat rentan terhadap radikal bebas. Antioksidan ini berfungsi melindungi wajah dari berbagai serangan radikal bebas tersebut.

Banyaknya polusi udara, debu, dan kotoran membuat wajah sangat rentan terkena banyak zat asing yang berbahaya. Radikal bebas tersebut membuat wajah mudah mengalami penuaan, bernoda, kusam, jerawat, hingga bintik-bintik hitam. Dengan adanya antioksidan ini wajah akan lebih terlindungi, bahkan memberikan efek penyembuhan.

Baca Juga: Perbedaan Wajah Purging dan Breakout

Adanya antioksidan ini juga akan membuat kulit bisa memproduksi kolagen. Hal itu membuat kulit lebih elastis, dan menjadi tanda awet muda.

Berbagai nutrisi yang ada di dalam daun pegagan ini berupa asam amino, asam lemak, fitokimia, hingga beta karoten. Zat-zat inilah yang membuat kulit melawan tanda-tanda penuaan. Belum lagi saponin yang membuat kulit bisa lebih kencang.

Mengatasi Masalah Jerawat

Daun pegagan juga sangat baik dalam meningkatkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang baik ini akan membuat kulit mengalami proses penyembuhan yang lebih cepat. Seperti luka yang diakibatkan jerawat, akan dengan mudah dihilangkan.

Baca Juga: Manfaat Rebusan Kulit Nanas

Khasiat yang sangat baik terhadap kesehatan kulit wajah ini memberikan banyak manfaat lainnya. Seperti mampu mengobati varises, selulit pada kulit, hingga kapiler yang pecah. Tidak heran dengan tingginya khasiat pegagan terhadap kesehatan kulit wajah tersebut, daun pegagan sering digunakan dalam produk skincare modern.

Produk skincare tersebut berupa serum, minyak kecantikan, hingga krim mata. Daun pegagan ini digunakan sebagai bahan utama di dalam produk kecantikan tersebut. Itulah kenapa daun ini semakin populer di kalangan masyarakat, khususnya para wanita yang mendambakan kulit wajah yang mempesona.

Membuat Kulit Lembab Alami

Manfaat selanjutnya untuk daun pegagan ini mampu melembabkan kulit wajah secara alami. Kelembaban kulit ini dihasilkan dari adanya berbagai nutrisi yang sangat baik untuk kulit wajah. Yaitu asam amino, beta karoten, asam lemak, hingga fitokimia.

Baca Juga: Kandungan Skincare yang Cocok Untuk Kulit Wajah Kusam

Terutama untuk asam amino yang menjadi agen utama dalam melembabkan kulit wajah ini. asam amino berguna dalam menenangkan kulit hingga mengatasi iritasi kulit.

Menghilangkan Selulit atau Stretch Mark

Seperti disebutkan sebelumnya, bahwa daun pegagan ini mampu meningkatkan produksi kolagen terhadap kulit. Nah, produk kolagen ini sebenarnya dipicu oleh adanya terpenoid yang bisa ditemukan di dalam ekstrak daun pegagan. Kolagen yang terbentuk ini sangat baik untuk mengatasi selulit atau bekas luka pada kulit wajah.

Selain itu, terpenoid ini juga bisa mencegah timbulnya selulit pada kulit wajah. Hal inilah yang membuat kulit wajah akan semakin terlihat bersih berseri.

Meningkatkan Elastisitas Kulit

Daun pegagan yang mampu meningkatkan produksi kolagen ini juga sangat erat kaitannya dengan elastisitas kulit. Penggunaan centella asiatica ini akan membuat sirkulasi darah semakin lancar, dan juga mensintesis kolagen secara alami. Sehingga hal ini akan meremajakan kulit, dan membuat wajah selalu tampak awet muda.

Elastisitas kulit ini tidak hanya untuk kalangan usia muda saja, melainkan juga bisa berefek pada usia tua sekalipun. Karena penggunaan daun pegagan ini akan merangsang produksi dan sintesis kolagen semakin tinggi untuk semua jenis kulit, termasuk usia.

Mempercepat Penyembuhan Luka pada Kulit

Bekas luka yang paling banyak dihindari adalah timbulnya jaringan parut. Tentunya jika jaringan ini berada di area wajah akan sangat mengganggu penampilan. Nah, daun pegagan ini akan mempercepat penyembuhan luka pada kulit tersebut, hingga menghilangkan jaringan parut tersebut.

Efek daun pegagan ini mampu masuk ke jaringan paling dalam sel kulit. Sehingga adanya sel kulit yang rusak di bagian dalam jaringan sekalipun bisa diobati. Apalagi jika penggunaan produk dengan bahan utama daun pegagan ini dilakukan secara rutin, pastinya akan memberikan efek yang sangat positif.

Mampu Menenangkan Kulit

Nah, salah satu fungsi daun pegagan ini sangat berguna bagi kulit yang sensitif. Salah satu zat yang digunakan untuk fungsi tersebut adalah saponin, salah satu bahan aktif yang mampu membuat kulit lebih tenang.

Bahan yang terkandung di dalam daun pegagan ini akan membuat kulit yang sensitif bisa lebih stabil. Sehingga kulit yang mudah mengalami iritasi, radang, kemerahan, atau gejala lainnya akan bisa diatasi. Dengan bahan aktif ini pula tentunya berbagai gejala seperti gatal, perih pada kulit, dan lain sebagainya akan semakin berkurang.

Itulah manfaat daun pegagan untuk wajah yang mampu bekerja hingga ke jaringan sel kulit paling dalam. Bahkan banyak produk skincare seperti serum, minyak kecantikan, krim wajah,dan lainnya menggunakan daun ini sebagai bahan utama.