9 Manfaat Jeruk Kimkit Untuk Kesehatan

7 November 2022
9 Manfaat Jeruk Kimkit Untuk Kesehatan
BY Awal Mula

Apa kamu pernah mencicipi Jeruk Kimkit? Bisa dikatakan, ini adalah salah satu jenis jeruk yang selalu ada saat perayaan imlek atau Hari Raya Tahun Baru China. Buah yang mirip dengan jeruk limau ini juga dikenal sebagai kimkiat, kingkit, atau limeberry.

Jeruk Kimkit ini tumbuh subur di tanah China sejak abad ke-12 M. Oleh sebab itu, jeruk ini terkadang disebut sebagai Jeruk China.

Mengenal Jeruk Kimkit

Jeruk Kimkit ini juga termasuk salah satu buah yang memiliki kandungan Vitamin C. Bahkan, kandungan Vitamin C pada Jeruk Kimkit ini bisa mencapai 14% dari kebutuhan harian Vitamin C di dalam tubuh.

Ada satu keunikan di dalam jeruk Kimkit ini, yaitu kita bisa memakannya secara langsung beserta dengan kulitnya. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan beberapa jenis jeruk pada umumnya. Kulit jeruk kimkit bisa dimakan karena rasanya tidak pahit seperti jeruk lainnya.

Pada kulit jeruk kimkit ini berwarna kuning atau orange yang kaya dengan flavonoid. Hal tersebut sudah banyak dimanfaatkan pada bidang farmasi.

Manfaat jeruk Kimkit

Untuk mengetahui apa saja manfaat dari jeruk Kimkit ini, maka simak ulasannya di bawah ini.

1. Membantu dalam Pengeluaran Dahak

Manfaat pertama saat makan jeruk Kimkit ini adalah dapat membantu dalam pengeluaran dahak. Tentunya kamu tahu bahwa batuk berdahak sangatlah mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Ketika batuk berdahak terjadi, maka tenggorokan tidak akan nyaman.

Hal itulah yang membuat jeruk kimkit dipercaya sangat ampuh dalam mengatasi batuk berdahak. Caranya dengan merendam segenggam jeruk kimkit yang matang ke dalam air panas. Setelah itu, diamkanlah kurang lebih selama 5 atau 10 menit. Setelah itu, campurkanlah dengan madu untuk diminum.

2. Dapat Menenangkan Pikiran

Ketika kamu mengalami stres atau banyak pikiran, maka ada baiknya untuk makan jeruk kimkit. Hal itu dikarenakan jeruk ini dipercaya memiliki khasiat untuk relaksasi pikiran.

Apalagi di dalam jeruk kimkit ini terdapat kandungan senyawa yang baik untuk mengatasi pikiran yang berat. Hal itu membuat tubuh menjadi rileks. Kamu bisa buat teh hangat dengan perasan jeruk kimkit agar khasiatnya lebih terasa.

3. Mengatasi Berbagai Penyakit Kulit

Untuk kamu yang memiliki masalah atau penyakit pada kulit, maka cobalah konsumsi jeruk kimkit. Hal itu dikarenakan jeruk Kimkit dipercaya dapat mengatasi berbagai jenis penyakit kulit.

Buah ini mempunyai kandungan senyawa linalool atau sejenis alkohol alami. Hal itu bisa mengatasi berbagai masalah dalam kulit.

4. Dapat Mengatasi Berbagai Infeksi

Khasiat dari jeruk kimkit lainnya adalah dapat mengatasi berbagai infeksi, khususnya luka pada kulit. Dengan kata lain, jeruk kimkit ini bisa dimanfaatkan sebagai antiseptik atau obat luka.

Kamu bisa konsumsi buah jeruk kimkit saat mengalami luka. Dengan begitu, infeksinya tidak akan bertambah buruk atau menyebar ke area lainnya.

5. Mengatasi Penyakit Diabetes Melitus

Dengan mengkonsumsi jeruk kimkit ini ternyata sangat baik untuk kesehatan tubuh lainnya seperti mengatasi penyakit diabetes melitus. Artinya, jeruk kimkit ini bisa menurunkan kadar gula di dalam tubuh kita.

Caranya cukup mudah, yakni siapkan 7 buah jeruk kimkit dan segenggam daun jeruknya. Lalu, rebus bahan tadi ke dalam air dan diamkan sampai tersisa setengahnya. Terakhir, minumlah rebusan air jeruk kimkit sebanyak 2 kali sehari.

6. Dapat mengatasi Sakit Perut

Jeruk Kimkit juga dapat dipakai sebagai obat untuk mengatasi sakit perut. Hal itu dikarenakan jeruk kimkit memiliki kandungan dalam mengobati nyeri seperti sakit perut.

Kamu hanya perlu memakannya satu atau dua buah jeruk kimkit saja. Namun, perlu kamu perhatikan bahwa jangan makan jeruk kimkit secara berlebihan.

7. Menurunkan Berat Badan

Keunggulan lainnya dari jeruk kimkit ini adalah dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Apalagi senyawa dalam buah tersebut dapat membantu melawan adanya penyakit obesitas dan juga penyakit terkait lainnya.

Bahkan berdasarkan laporan dalam jurnal PLOS One tahun 2014, Jeruk Kimkit ini dapat menjadi sebuah suplemen makanan yang baik. Khususnya dalam pencegahan obesitas maupun gangguan metabolisme lainnya.

8. Mengatasi Masalah Pencernaan

Pada buah jeruk kimkit juga bisa untuk mengatasi masalah pencernaan. Contohnya seperti diare atau sakit perut seperti mulas-mulas.

Cara penggunaannya adalah siapkan tujuh lembar daun jeruk yang segar. Setelah itu, rebuslah dengan setengah gelas air hingga mendidih. Selanjutnya, saring dan tiriskan daun jeruk kimkit. Terakhir, minum air saringan tadi minimal tiga kali dalam sehari.

9. Dapat Meningkatkan Imunitas

Terakhir adalah jeruk kimkit bisa untuk meningkatkan imunitas. Hal ini memang tidak mengherankan karena kandungan Vitamin C-nya cukup tinggi. Bahkan kandungan Vitamin C dalam jeruk Kimkit bisa memenuhi 14 persen dari kebutuhan harian pada Vitamin C.

Berdasarkan Healthline, Vitamin C pada jeruk kimkit bisa berpengaruh pada tingkat imunitas dan kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, berbagai pengobatan tradisional di negara Asia menggunakan jeruk kimkit untuk mengobati pilek, batuk, dan juga radang saluran pernapasan.

Demikian 9 manfaat jeruk kimkit untuk kesehatan. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca semua.

Artikel Terkait: