Inilah 7 Manfaat Jujube Untuk Kesehatan

9 November 2022
Inilah 7 Manfaat Jujube Untuk Kesehatan
BY Awal Mula
manfaat jujube

Jujube atau juga disebut dengan angco merupakan buah asli dari Asia Selatan. Buah tersebut mempunyai bentuk yang mirip dengan kurma, namun lebih kemerah-merahan. Hal itulah yang membuat Jujube dikenal sebagai kurma merah atau kurma Cina.

Kandungan Jujube

Buah Jujube ini sudah lama digunakan dalam berbagai pengobatan alternatif di daerah Asia. Rasa buah Jujube sendiri manis dengan teksturnya yang lebih kenyal. Karena hal itu, Jujube sering dikeringkan dan dijadikan cemilan atau manisan buah.

Jujube rendah kalori yang mengandung serat dan berbagai vitamin hingga mineral lainnya. Kandungan antioksidan dalam buah Jujube juga dapat memberikan manfaat tersendiri. Selain itu, ada juga kandungan lainnya seperti protein, karbohidrat, hingga lemak.

Manfaat Buah Jujube

Untuk mengetahui apa saja manfaat buah jujube bagi kesehatan, simak ulasannya di bawah ini.

1. Dapat Memaksimalkan Fungsi Otak

Manfaat pertama dari Jujube adalah dapat memaksimalkan fungsi otak. Buah jujube sudah dikenal memiliki manfaat karena kandungan antioksidannya. Berbagai senyawa antioksidan seperti flavonoid dan saponin dalam buah jujube sangat bermanfaat untuk dapat meningkatkan fungsi otak.

Menurut studi dari Hong Kong University of science and Technology, kandungan flavonoid dan saponin pada Jujube mampu melindungi otak dari peradangan yang bisa merusak sel. Selain itu, khasiat antioksidan dalam buah Jujube ini juga berpotensi dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif lainnya.

2. Mampu meningkatkan Kualitas Tidur

Dengan adanya khasiat buah jujube dalam mengatasi peradangan otak juga dapat mempengaruhi kerja otak itu sendiri. Khususnya dalam mengatasi stres dan gangguan cemas yang menyebabkan terjadinya insomnia.

Zat Flavonoid dan saponin pada buah Jujube bisa menurunkan aktivitas otak yang menghasilkan rasa cemas. Bahkan, Jujube ini bisa meningkatkan hormon yang dapat menenangkan pikiran.

3. Dapat Menjaga Kesehatan Pencernaan

Di dalam buah Jujube mempunyai kandungan serat yang tidak kalah tinggi dengan jenis buah-buahan lainnya. Kandungan serat dalam buah Jujube ini mempunyai manfaat untuk membantu dalam melancarkan proses pencernaan.

Kandungan serat juga mampu melembutkan feses dan mempercepat gerakan usus dalam mencerna makanan. Maka dari itu, Jujube juga termasuk ke dalam makanan yang dapat meningkatkan bakteri baik di dalam usus. Selain itu, beberapa senyawa aktif di dalam buah Jujube mempunyai manfaat untuk melindungi dinding lambung dan juga usus besar.

4. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat lainnya dari Jujube ini adalah dapat mengurangi risiko kanker. Hal itu dikarenakan kandungan antioksidan dalam buah jujube dapat memperkuat fungsi sekaligus memperbaiki kerusakan sel, khususnya dari serangan radikal bebas.

Kandungan buah jujube tersebut berasal dari jenis gula polisakarida yang berperan sebagai komponen antioksidan. Senyawa tersebut bekerja dalam mengatasi kerusakan sel dengan meredakan peradangan. Secara tidak langsung buah jujube memiliki manfaat baik untuk menurunkan risiko terkena kanker.

5. Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan mengkonsumsi buah jujube, maka dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan Vitamin C di dalam jujube ini sangat bermanfaat pada tubuh dan salah satunya memperkuat imun. Bahkan, kandungan di dalam buah Jujube ini dapat menambah produksi sel untuk melawan infeksi kuman penyakit yang merusak sel-sel sehat.

Selain itu, Kandungan lignin pada ekstrak Jujube memiliki manfaat untuk peningkatan jumlah sel imun tubuh. Hal itu membuat zat di dalam jujube dapat menetralisir komponen penyebab penyakit di dalam tubuh.

6. Menjaga Kadar Gula Darah

Khasiat lainnya dari jujube ini adalah dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil. Manfaat tersebut didapatkan dari kandungan vitamin yang bisa meningkatkan kemampuan sel untuk menyerap gula darah.

Jika kamu konsumsi dalam porsi yang tepat, makan buah jujube dapat membantu dalam mengatur glukosa darah agar tetap normal. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari adanya penyakit diabetes.  Meskipun begitu, kamu tetap harus menjaga asupan jujube agar tidak berlebihan.

7. Melindungi Kesehatan Jantung

Di dalam jujube terdapat senyawa aktif yang diketahui memiliki potensi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Pada saat bersamaan, makan buah jujube pun bisa meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh.

Hal tersebut tentunya dapat mencegah terjadinya penyumbatan aliran darah yang disebabkan oleh penggumpalan kolesterol. Jika kamu biarkan tanpa perawatan, maka kondisi tersebut bisa memberikan risiko terkena penyakit stroke dan jantung koroner. Maka dari itu, buah jujube ini bisa mencegah penumpukan lemak atau aterosklerosis.

Demikian manfaat jujube untuk kesehatan tubuh kita. Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa buah jujube ini bisa dikonsumsi secara mentah atau bisa juga dibuat makanan kering. Contohnya seperti permen, teh, atau bahkan suplemen. Akan tetapi, buah jujube yang sudah dikeringkan umumnya memiliki kalori dan gula yang tinggi. Maka dari itu, alangkah baiknya kamu konsumsi jujube dari buahnya secara langsung.

Artikel Terkait Lainnya: